Mudah! Cara Pasang Sendiri Parabola Mini Venus

Mudah! Cara Pasang Sendiri Parabola Mini Venus

Cara Pasang Sendiri Parabola Mini Venus – Banyak yang beranggapan kalau memasang parabola mini itu susah. Tetapi, kita tidak akan tahu jika belum mencoba nya bukan? Karena itulah, pada artikel kali ini Teknowarta akan membagikan cara mudah untuk memasang parabola mini, lebih tepat nya parabola mini Venus.

Bagi yang masih pemula mungkin akan merasa ragu, apakah cara ini benar bisa dilakukan? Jawabannya sudah pasti bisa, dan bisa dibilang cara nya ini mudah dan bagi pemula sekalipun pasti bisa memahaminya.

Jadi, daripada kita menggunakan jasa teknisi, ada baiknya jika kalian memasangnya sendiri bukan dengan mengikuti cara yang akan Teknowarta jelaskan dibawah ini. Dengan begini, tentunya kalian bisa menghemat pengeluaran kalian dan bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting lagi.

Bagaimana, penasaran bagaimana cara memasang parabola mini nya? Jika penasaran, langsung saja kalian simak baik-baik ulasan selengkapnya dibawah ini.

 

Mengetahui Spesifikasi dan Kelebihan Parabola Mini Venus

Sebelum kita membahas cara memasang parabola mini Venus, alangkah baiknya jika kalian mengenal terlebih dahulu apa saja kelebihan dan spesifikasi dari parabola mini Venus ini.

Parabola Venus ini memiliki diameter 45 cm. Receiver ini telah menggunakan Bahasa Indonesia dan juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk memutar film melalui USB. Tak hanya itu, parabola Venus juga memungkinkan kalian untuk merekam siaran.

Parabola Venus mempunyai bobot yang ringan serta ukuran kecil, sehingga tidak akan terlalu memakan tempat dirumah kalian.

Meski demikian, sinyal yang bisa dihasilkan oleh parabola ini cukup kuat, baik itu untuk C Band, maupun untuk Ku Band. Harga parabola mini Venus kurang dari Rp 352.000, perlu kalian ingat bahwa disetiap toko bisa saja harga nya berbeda beda.

 

Peralatan Untuk Memasang Parabola Mini Venus

Setelah mengetahui spesifikasi dan kelebihan dari parabola mini Venus. Maka sekarang kalian tinggal mengetahui peralatan yang digunakan untuk memasang parabol mini Venus. Apa saja alat yang dibutuhkan? Berikut alat-alatnya:

  1. Antena parabola mini Venus.
  2. Receiver: Parabola mini Venus ini kompatibel untuk berbagai jenis receiver. Mulai dari Venus HD, Matrix GarudaKu, Ninmedia Freesat, MMP SMV, ataupun TV Desa. Sebaiknya kalian memilih jenis receiver yang sudah dilengkapi dengan fitur blind scan.
  3. Kunci ring: berfungsi untuk memasang antena. Silahkan kalian gunakan yang berukuran 10, 17, ataupun 19.
  4. LNB (Low Noise Block): ini merupakan alat untuk menangkap satelit. LNB diletakkan di bagian atas antena. Dipasaran sudah banyak merek yang beredar. Silahkan kalian pilih saja yang terbaik versi kalian.
  5. Kompas: ini untuk menentukan arah mata angin. Karena, nantinya kalian akan menentukan parabola akan menghadap ke mana. Untuk LNB Ku Band, kalian harus mengarahkan konektornya ke utara, sedangkan untuk LNBF C Band ke arah barat.
  6. Obeng: digunakan untuk memasang baut penyetel LNB.

 

Menentukan Lokasi Penyangga Parabola

Jika kalian sudah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memasang parabola mini Venus. Maka sekarang kalian tentukan tempat untuk menyangga parabola mini nya. Lokasi yang ideal untuk meletakan parabola adalah yang tidak terlalu tinggi atau rendah.

Tiang penyangga harus kalian tempatkan pada area yang tidak terhalang oleh dinding, pohon, maupun atap rumah. Lokasi yang terbaik untuk memasang parabola mini adalah didepan atau dibelakang rumah yang di semen atau di cor.

Jangan sampai dish parabola kalian letakan terlalu dekat dengan sumber listrik ataupun dekat kabel karena bisa menyebabkan konsleting listrik.

 

Cara Mencari Sinyal Parabola Venus

Sebenarnya cara untuk mencari sinyal parabola Venus itu mudah, caranya sama seperti cara mencari sinyal parabola pada umumnya. Tapi sebelumnya kalian harus mempersiapkan dulu peralatannya seperti Recever Venus, Parabola Venus baik yang jaring maupun parabola mini, kabel tracking, monitor tv atau satfinder juga bisa, baru kemudian kita mencari sinyal parabola venus. Untuk mencari sinyal parabola venus, ada dua langkah yang harus kalian lakukan yaitu cara setting receiver dan cara setting parabola Venus.

Secara garis besar, cara setting parabola Venus ada dua jenis settingan receiver yang bisa kalian terapkan, yang pertama settingan mencari sinyal parabola venus dengan menggunakan parabola mini di frekuensi KU Band, lalu cara yang kedua settingan cara mencari sinyal parabola venus dengan parabola jaring di frekuensi C Band. Sebenarnya cara setting parabola Venus cukup mudah, kalian cukup mengarahkan saja ke satelit yang di inginkan.

 

Cara Mencari dan Melacak Posisi Satelit Parabola Venus-Digital-Mini

Untuk menangkap siaran suatu stasiun TV yang dipancarkan lewat satelit, maka kita harus mengarahkan parabola kea rah posisi satelit berada. Mengatur AS atau poros pada posisi Utara-Selatan. Pada bagian bawah parabola terdapat bagian

  1. AS yang harus mengarah ke Utara-Selatan
  2. Baut pengatur kemiringan ke arah katulistiwa
  3. Baut panjang pengatur kemiringan ke arah satelit. Mengatur LNB Sebelum mencari posisi satelit, sudut LNB harus kalian atur untuk mementukan polaritas LNB.

Jika letak kota saya 115 dan satelit Telkom 108, artinya parabola saya miringkan ke arah barat (115-108) = 7 derajat. Pada sekitar 7 derajat, parabola digerakan secara perlahan-lahan sembari melihat kekuatan sinyal terbesar.

 

Langkah Cara Memasang Parabola Mini Venus

Dan inilah yang ditunggu-tunggu yaitu cara memasang parabola mini Venus. Cara memasang parabola mini Venus yang bisa kalian lakukan yakni sebagai berikut:

  • Kalian tanamkan dudukan dish secara tegak lurus. Hal ini untuk memastikan bahwa tiang sudah tegak, lalu cobalah kalian lihat dari sudut yang berbeda. Letakkan dish (antena) di dudukan yang telah dipancang. Pastikan bahwa posisinya menghadap tegak lurus.
  • Pasangkan baut penahan tetapi jangan terlalu kencang terlebih dahulu. Agar nantinya kalian bisa menggerakkan antena untuk mencari arah barat dan utara nya. Miringkan antena pada garis khatulistiwa.
  • Cara memasang parabola mini Venus dilanjutkan dengan memasang LNB pada antena. Caranya yaitu memasang konektor penghubung antena ke receiver. Setelah itu hubungkan kabel receiver ke monitor TV.
  • Atur parameter satelit, kemudian kalian cari channel serta jadikan acuan untuk memperoleh channel yang akan ditampilkan. Silahkan kalian cari channel dengan melihat monitor. Gerakkan antena ke arah kiri, kanan, bawah dan atas untuk mendapatkan arah utara yang dimana orbit satelit Ku-Band bisa menangkap sinyal.
  • Kalian carilah posisi sampai kalian mendapatkan sinyal yang paling kuat. Jika sudah dapat, maka kalian kencangkan bautnya.
  • Jika sudah, sekarang kalian sudah bisa mulai mengatur channel dengan menggunakan menu pada receiver.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi yang sudah Teknowarta bagikan tentang Cara Pasang Sendiri Parabola Mini Venus. Semoga informasi yang sudah Teknowarta bagikan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …