Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala

Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala

Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala – TV sekarang sudah menjadi barang yang bisa kita temui disetiap rumah, karena TV sudah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat. Seperti yang kita tahu TV bisa memberikan tayangan tayangan yang menghibur kita dikala waktu beristirahat. Itu juga yang membuat TV tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1920-an TV sudah menjadi barang yang biasa ditemukan di rumah, kantor, dan institusi pemerintahan.

Setiap barang pasti bisa mengalami kerusakan mau secanggih apa pau barang itu, TV juga sama. Sebagai barang yang bisa menemani kita dikala beristirahat, jika TV rusak pasti kita akan kecewa bukan.

Kerusakan pada TV memang tidak bisa prediksi. Bagaimana juga TV merupakan barang buatan manusia yang pasti akan mengalami kerusakan seiring lamanya TV dipakai.

TV dari merk apapun itu baik Polytron, SHARP, LG, atau merk TV yang lain pasti akan mengalami kerusakan seperti TV yang tidak bisa nyala tetapi lampu power hidup. Kerusakan ini sering kali terjadi dan banyak orang orang yang mengalaminya.

Semua kerusakan yang terjadi pada TV, pasti ada penyebabnya di balik kerusakan tersebut. Jadi, jika TV kamu mengalami kerusakan berupa tidak hidup tetapi lampu powernya nyala. Untuk memperbaikinya kamu harus mencari tahu lebih dahulu penyebab dari kerusakan pada TV.

Pada artikel kali ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala. Supaya kamu bisa memperbaikinya dengan mudah dan tidak bingung. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala

Kerusakan seperti ini bisa di kenal dengan kerusakan TV mati standby, yang mana lampu power TV bisa menyala, tetapi layar TV masih belum menyala. Kerusakan ini diakibatkan oleh beberapa hal.

Yang pasti kerusakan ini disebabkan karena adanya salah 1 atau beberapa komponen TV yang tidak bisa berjalan secara normal. Terdapat beberapa penyebab yang menyebabkan TV mengalami kerusakan Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala, penyebabnya seperti berikut ini.

1) Komponen Elco Mengalami Masalah

Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala bisa terjadi karena komponen elco pada TV mengalami masalah. Kondisi ini juga biasanya disebut sebagai mati Standby yang mengakibatkan TV tidak bisa menyala. Tetapi lampu indikator power bisa menyala setelah TV di nyalakan.

2) Flyback Horizontal Tidak Bisa Berfungsi

Selanjutnya penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala yaitu karena Flyback horizontal TV tidak bisa bekerja. Sirkuit horizontal yang tidak bisa bekerja karena transistor horizontal yang mengalami short atau bisa juga transistor horizontal yang tidak menerima sinyal dari driver sehingga tidak bisa aktif.

Sedangkan, penyebab dari driver horizontal yang tidak bisa bekerja, disebabkan karena adanya tegangan di driver atau juga karena transistor driver sudah mati.

3) Tegangan Regulator Mengalami Drop

Tegangan yang kurang bukan hanya bisa menyebabkan TV tidak bisa memunculkan gambar atau suara bisa tidak keluar, tetapi bisa juga mengakibatkan TV tidak nyala walapun lampu power sudah menyala. Kondisi ini lebih tepatnya disebabkan karena dropnya tegangan di komponen regulator TV.

Dropnya tegangan regulator juga bisa mengakibatkan TV tidak nyala dan biasanya terjadi di beberapa level tegangan tinggi saja. Jadi tidak ada tegangan 5 Volt yang berfungsi untuk mensuplai IC program, yang membuat TV tidak bisa menyala tapi lampu power menyala.

4) Kabel Listrik Yang Sudah Longgar

Kabel listrik yang longgar juga bisa menjadi salah 1 penyebab TV tidak bisa menyala walapun lampu indikator power sudah menyala. Hal ini bisa terjadi ketika TV di pindahkan, yang membuat kabel yang ada do belakang TV menjadi longgar atau bisa juga terlepas.

Cara Memperbaiki TV Tidak Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Setelah mengetahui penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala, maka kamu bisa melakukan perbaikkan dengan mudah sesuai dengan penyebab kerusakan TV kamu.

Terdapat beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk melakukan perbaikkan pada TV yang tidak nyala walaupun lampu power menyala. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini.

Langkah 1 perbaikan

Hal pertama yang kamu lakukan jika TV tidak bisa nyala tapi lampu indikator power sudah menyala yaitu dengan membuka rangka dari TV dan pastikan TV tidak terhubung dengan tegangan listrik. Kemudian lakukan pengukuran tegangan pada komponen B+ 115v TV mengunakan multi tester.

Terdapat 2 kondisi, jika hasil pengukuran menunjukan B+ norma yaitu 115v, lanjutkan dengan melakukan pemeriksaan pada komponen transisitor horizontal. Tetapi jika B+ mengalami drop maka lepas transistor horizontal dan ukur lagi apakah masih mengalami drop.

Jika tidak mengalami drop, berarti masalah utama ada di komponen transistor. Tetapi jika masih mengalami drop, kemungkinan komponen power supply yang mengalami masalah. Nah, untuk kamu yang tidak mengetahui tentang komponen TV, sebaiknya panggil saja jasa teknisi TV atau bawa ketempat servis.

Langkah 2 perbaikan

Coba tekan tombol switch channel atau volume. Jika sudah menekan tombol switch atau volume dan tidak terjadi perubahan apapun. Berarti terdapat salah 1 komponen pada TV bermasalah atau sudah mengalami kerusakkan.

Jika layar TV tidak ada perubahan atau tetap mati, berarti penyebab utamanya adalah komponen elco yang mengalami masalah. Kondisi ini mengakibatkan TV mati standby.

Biasanya ini karena elco memang harus diganti. Kamu bisa mengganti komponen elco dengan yang baru, tetapi elco harus sesuai spesifikasi dan karakteristik elco dari juga harus sama jangan sampai berbeda dengan elco yang sebelumnya.

Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Dengan Soft Reset

Cara ini bisa menjadi alternatif lain yang bisa di lakukan, yaitu dengan mengunakan cara soft reset. Untuk langkah langkahnya silahkan lihat dibawah berikut ini:

  • Matikan TV dan cabut kabel dari stopkontak.
  • Kemudian tunggu selama 30 detik sebelum memasangkan kembali ke stopkotak.
  • Selanjutnya, coba masukkan kembali jek ke stopkontak dan nyalakan TVnya.
  • Selesai, dengan cara ini akan bisa membantu proses kalibrasi TV.

Kata Penutup

Demikian sedikit informasi dari teknowarta tentang Penyebab TV Tidak Mau Menyala Tapi Lampu Power Menyala. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …