Penyebab TV Polytron Tidak Ada Suara dan Cara Memperbaikinya

Penyebab TV Polytron Tidak Ada Suara dan Cara Memperbaikinya

Penyebab TV Polytron Tidak Ada Suara dan Cara Memperbaikinya – Pada artikel kali ini Teknowarta akan membahas tentang penyebab TV Polytron yang tidak ada suaranya. Sehingga suara TV Polytron yang hilang bisa normal kembali. Dikarenakan Televisi atau TV merupakan salah satu alat elektronik yang hampir dimiliki di setiap rumah, maka jika alat ini rusak, orang-orang akan langsung mencari cara untuk memperbaikinya atau bahkan menggantinya dengan membeli TV baru.

Seiring berkembangnya teknologi, kini TV mempunyai banyak tipe seperti tabung, LED, LCD dan bahkan Smart TV. Selain itu, sudah banyak juga merk TV dari berbagai belahan dunia seperti Samsung, LG, Sharp, Polytron dan masih banyak lagi. Tetapi, yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah TV merk Polytron saja.

TV Polytron sendiri termasuk TV sejuta umat, karena di Indonesia banyak sekali peminat dari merk TV yang satu ini. Dikarenakan harganya yang terbilang terjangkau, maka tak heran jika TV Polytron ini banyak diminati. Selain harganya yang terjangkau, Polytron juga menawarkan kualitas yang sangat baik, terlebih lagi pada teknologi audionya. Seperti yang kita tahu bahwa kualitas suara yang dihasilkan oleh TV merk Polytron ini cukup bagus ditambah dengan suara bass nya yang empuk.

Bagi kalian para pengguna TV Polytron pastinya pernah mengalami masalah atau kendala saat menggunakannya. Masalah yang sering terjadi biasanya seperti saluran hilang, gambar tidak jelas, mati total dan suara tidak ada atau hilang. Kendala-kendala seperti inilah yang biasanya akan sangat mengganggu disaat sedang asyik menonton TV.

Seperti yang sudah dikatakan diatas, pada artikel kali ini Teknowarta akan membahas tentang penyebab dan cara memperbaiki salah satu kendala TV Polytron, yaitu masalah suara TV tidak ada atau hilang. Agar suara TV kalian bisa normal kembali, maka silahkan kalian simak ulasan selengkapnya mengenai penyebab dan cara memperbaiki TV Polytron tidak ada suara berikut ini.

 

TV Polytron Tidak Ada Suara

Jika kalian pengguna TV Polytron dan TV kalian mengalami masalah tidak ada suara atau suaranya hilang setelah dinyalakan. Kalian tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini Teknowarta akan menyampaikan informasi tentang penyebab dan juga cara memperbaiki TV yang tidak ada suaranya tersebut. Yuk, langsung simak saja ulasan selengkapnya dibawah ini.

 

Penyebab Mengapa TV Polytron Tidak Ada Suara

TV yang tidak ada suara atau hilang suaranya itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Tetapi secara umum, permasalahan ini sama saja seperti permasalahan pada TV Aquos yang tidak ada suaranya, dimana masalah tersebut disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

 

  1. Fitur Mute Aktif

Penyebab pertama mengapa TV Polytron tidak ada suara setelah dinyalakan bisa saja karena fitur mute aktif. Terjadinya hal ini biasanya karena kalian sengaja mengaktifkan fitur ini, atau bisa saja orang lain tidak sengaja menekannya.

 

  1. IC Audio Rusak

Penyebab kedua TV Polytron tidak ada suaranya bisa saja karena kerusakan IC audio. IC Audio ini bisa saja sudah retak sehingga sudah tidak merekat lagi dengan sempurna. Dengan begitu, maka suara yang ada pada TV Polytron kalian tidak akan keluar setelah dinyalakan.

 

  1. Speaker Rusak

Penyebab ketiga mengapa TV Polytron tidak ada suaranya yaitu karena speaker TV nya mengalami kerusakan. Kerusakan pada komponen speaker umumnya terjadi pada bagian kabel konektor dan kabel lilitan yang mengalami putus.

 

  1. Tegangan Audio Rusak

Penyebab keempat dan terakhir mengapa TV Polytron tidak keluar suara yaitu karena tegangan audio yang putus. Masalah ini biasanya terjadi dikarenakan penggunaan TV yang sudah terlalu lama atau TV sudah berumur.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapa TV Polytron tidak ada suara atau suaranya hilang setelah dinyalakan. Untuk mengatasinya, silahkan kalian simak cara untuk memperbaikinya dibawah ini.

 

Cara Untuk Memperbaiki TV Polytron Tidak Ada Suara

Setelah kalian tahu apa saja yang bisa menyebabkan TV Polytron tidak ada suara, maka sekarang kalian harus tahu juga cara untuk memperbaikinya. Untuk cara memperbaikinya ini menyesuaikan dengan penyebabnya yang ada diatas tadi ya, jadi tinggal kalian cocok an saja. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita menuju ke caranya.

 

  1. Nonaktifkan Fitur Mute

Untuk memperbaiki masalah yang dikarenakan fitur mute aktif, maka cara untuk mengatasinya sangatlah mudah, yaitu kalian hanya tinggal menonaktifkan fitur tersebut saja. Untuk mematikan fitur mute tersebut, kalian harus menekan tombol “Mute” sekali saja pada remote TV Polytran. Sehingga yang tadinya fitur tersebut aktif, sekarang akan jadi non aktif setelah kalian menekannya.

 

  1. Cek IC Audio

Jika masalah TV tidak ada suara dikarenakan IC Audio, maka yang harus kalian lakukan adalah mengecek IC tersebut. Jika memang ternyata benar kaki-kaki rusak dan terlepas maka kalian hanya perlu untuk menyorder ulang kaki-kaki IC tersebut seperti semula. Tetapi jika kalian ingin mendapatkan hasil solder yang bagus dan sempurna, maka kalian bisa menghilangkan timah yang retak. Jika sudah bersih, maka kalian bisa langsung melakukan penyolderan ulang dengan menggunakan timah.

 

  1. Cek Speaker

Selain IC Audio, kalian juga harus mengecek kondisi speaker TV apakah mengalami kerusakan atau tidak. Untuk cara mengeceknya bisa dengan merubah atau mengganti gelombang elektronik menjadi getaran yang bisa menghasilkan suara.

Kalian pemilik TV bisa juga melakukan pengukuran pada setiap speaker menggunakan alat ukur multitester. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari speaker secara jelas apakah speaker masih bagus ataukah sudah rusak total.

 

  1. Cek Tegangan Audio

Untuk memperbaiki TV Polytron yang tidak ada suara selanjutnya dengan cara mengecek tegangan pada jalur audio. Kalian bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa bagian amplifier dengan cara menyalakan TV lalu coba kalian sentuh input kaki IC power amplifier.

Jika saat kalian sentuh tidak ada respon, maka artinya speaker mengalami kerusakan. Tetapi akan sebaliknya jika kondisi normal, maka akan terdengar suara dengung kecil pada speaker TV.

Catatan: Saat kalian melakukannya, pastikan bahwa letak posisi blok audio nya tepat, karena jika salah sentuh akan berbahaya.

 

  1. Hubungi Teknisi

Cara yang terakhir ini bisa kalian lakukan jika kalian sudah mencoba cara-cara diatas tetapi masih saja gagal. Cara yang terakhir yakni meminta bantuan pada orang yang sudah ahli, atau kalian juga bisa langsung memanggil teknisi ataupun tukang service terdekat.

Jadi jika kalian mengatasi masalah nya dengan memanggil  teknisi, maka kalian harus menyiapkan uang cash untuk membayar ongkos perbaikannya. Untuk biayanaya sendiri tergantung dari parah atau tidak nya permasalahan pada TV dan setiap teknisi juga biasanya mempunyai tarif yang berbeda-beda.

 

Penutup

Dan itulah tadi penyebab TV Polytron tidak ada suara dan cara memperbaikinya. Semoga informasi yang sudah Teknowarta sampaikan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.