8 Aplikasi Untuk Mencari Sinyal Parabola

8 Aplikasi Untuk Mencari Sinyal Parabola

8 Aplikasi Untuk Mencari Sinyal Parabola – Saat ini, media hiburan TV masih saja bertahan meskipun di era gempuran konten digital. Masih banyak orang yang memilih untuk menggunakan parabola untuk menonton channel TV favorit mereka meski saat ini sudah banyak yang berbayar.

Dikarenakan sekarang sudah semakin susah untuk mendapatkan kanal satelit, maka orang-orang memutuskan untuk menggunakan bantuan dari aplikasi pencari sinyal parabola. Aplikasi pencari sinyal parabola ini menggunakan GPS untuk bisa melacak lokasi kalian sehingga nantinya pilihan satelit yang muncul lebih akurat.

Tetapi sebelum membahas aplikasi untuk mencari sinyal parabola, alangkah baiknya kalian ketahui dulu apa itu antena parabola. Simak selengkapnya

 

Apa itu Antena Parabola?

Antena parabola merupakan sebuah antena yang menggunakan reflector parabola. Antena ini mempunyai permukaan melengkung dengan bentuk penampang parabola untuk mengarahkan gelombang radio. Umumnya, antena ini berbentuk seperti piring dan biasanya lebih populer dengan sebutan antena parabola atau parabola. Adapun fungsi, kelebihan dan kekurangan dari parabola yakni

Fungsi Parabola TV

  • Untuk menangkap siaran TV di tempat tinggal yang lokasinya tidak mempunyai akses.
  • Sebagai Internet Service Provider dalam mengirim sinyal koneksi internet tanpa menggunakan kabel.
  • Untuk menangkap sinyal telefon dan radio.

 

Kelebihan Parabola TV

  • Mempunyai kemampuan untuk menangkap sinyal yang lebih baik sehingga tampilan siaran TV menjadi lebih baik dan jernih serta bebas dari gangguan.
  • Jika menggunakan parabola TV maka kalian bisa menerima lebih banyak channel atau siaran TV tanpa perlu memakai kabel.
  • Beberapa provider atau merk mempunyai paket bundling yang bisa untuk menayangkan channel atau siaran TV internasional.

 

Kekurangan Parabola TV

  • Untuk pemasangannya cukup rumit, tidak seperti antena TV biasanya yang bisa langsung dipasang. Terdapat banyak komponen yang dibutuhkan untuk memasang alat yang satu ini.
  • Harga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan antena biasa.
  • Agar bisa mendapatkan siaran TV internasional harus berlangganan top box. Jika tidak, maka hanya akan menerima siaran lokal.

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang parabola. Untuk mengetahui aplikasi pencari sinyal parabola, silahkan kalian simak lebih lanjut.

 

8 Aplikasi Untuk Mencari Sinyal Parabola

Untuk saat ini, harga alat pencari sinyal parabola memang cukup terjangkau, tetapi jika kita bisa mencari sinyal parabola tanpa harus mengeluarkan uang mengapa tidak? Untuk menentukan arah parabola ke satelit kalian hanya cukup menggunakan bantuan dari aplikasi secara gratis.

Apalagi beberapa aplikasi nya sudah support fitur-fitur seperti kamera, satelit GPS, sensor akseleromoter, kompas dan pelacakan parabola sehingga nantinya akan mudah mendapatkan hasil yang akurat. Beberapa aplikasinya juga termasuk ke dalam aplikasi pencari sinyal TV digital maupun UHF karena kemampuannya mencari saluran lokal.

Cara mencari sinyal parabola yang hilang atau satelit yng terhapus ini sangatlah tepat. Kalian pastinya  akan mendapatkan kembali koordinat dan lokasi satelit terupdate yang langsung bisa diterapkan pada settingan receiver parabola. Dan tanpa berlama-lama lagi inilah aplikasi-aplikasi untuk mencari sinyal parabola.

 

  1. DVBFinder

Yang pertama adalah DVBFinder. Aplikasi ini mampu untuk mengatur parabola menggunakan dongle sehingga mampu untuk menunjukan koordinat yang paling akurat. Secara langsung, aplikasi ini mampu menampilkan azimuth, kekuatan sinyal maupun kualitas saluran realtime.

Untuk menggunakan apliksi ini, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Tapi sayangnya, kalian membutuhkan dongle DVBFinder dan kalian harus membelinya. Untuk penggunaannya memang sangat mudah sehingga semua satelit bisa disesuaikan dengan lokasi rumah kalian tinggal maupun parabola kalian.

 

  1. SatFinder

Selanjutnya adalah SatFinder. Aplikasi SatFinder atau Satelite Finder akan membantu mendapatkan sinyal parabola secara optimal. Dengan aplikasi ini, kalian bisa memperoleh informasi azimuth, elevasi maupun LNB tilt berdasarkan GPS sehingga nantinya sinyal terbaik akan bisa didapatkan dengan maksimal.

Nantinya semua hasil akan ditunjukan melalui data numerik sehingga bisa langsung dengan mudah dimasukan ke receiver. Adapun augmented reality menggunakan tampilan kamera untuk mendeteksi sinyal dan telah didukung juga oleh sensor magenetometer.

 

  1. Satellite Pointer

Selanjutnya adalah Satellite Pointer. Aplikasi ini mempunyai mode augmend realty sehingga dapat menampilkan satelit secara lebih intutif. Kalian bisa melihat secara langsung tata letak di layar dan bisa disimpan agar nantinya digunakan untuk mengatur posisi dari parabola maupun antena.

Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi kemiringan parabola karena mempunyai fitur elevasi, azimuth serta polarisasi sudut hitung yang berdasarkan posisi kalian. Menariknya lagi, aplikasi ini mendukung lebih dari 200 satelit sehingga bisa menemukannya dengan cepat ditambah update mingguan.

 

  1. Satellite AR

Selanjutnya adalah Satellite AR. Satellite AR mampu untuk menampilkan sinyal dari berbagai jenis satelit di dunia. Dengan menggunakan augmented reality, maka kalian akan bisa lebih mudah mendapatkan sinyal terbaik, tak hanya itu, adapun juga fitur tracking yakni sebagai pelacakan posisi parabola.

 

  1. Satellite Director

Selanjutnya ada Satellite Director. Aplikasi ini bisa juga kalian gunakan untuk antena dengan fitur augmented reality didalamnya. Selain kekuatan sinyalnya, kalian juga akan mendapat informasi azimut, arah kompas maupun pelacakan lokasi menggunakn GPS.

Dengan mendukung lebih dari 280 satelit, tentu akan memudahkan para penggunanya untuk menemukan kanal yang terbaik untuk parabola. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mempunyai pencarian terus menerus dan tanpa adanya iklan sehingga akan sangat menguntungkan saat digunakan.

 

  1. Look4Sat

Selanjutnya adalah Look4Sat. Aplikasi ini mempunyai kelebihan yakni memiliki database besar dengan akses ke lebih dari 3000 satelit yang ada didunia sekarang. Selain itu, mampu memprediksi lokasi satelit maupun lintasannya secara langsung hingga batas waktu 4 hari dan menampilkannya ke dalam bentuk animasi.

Hebatnya, aplikasi ini juga bisa memberikan rekomendasi posisi serta arah pemasangan sehingga nantinya bisa lebih optimal. Selain itu data juga bisa disimpan kedalam bentuk txt atau tle sehingga akan lebih mudah dimanfaatkan untuk mengganti saluran parabola.

 

  1. Satellite Dish Pointer

Selanjutnya adalah Satellite Dish Pointer. Aplikasi telah mendukung tampilan sampai dengan 230 satelit. Untuk tampilannya sendiri cukup sederhana, jadi mudah untuk digunakan. Selain itu, ada juga mode kamera yang bisa kalian manfaatkan untuk mengatur posisi parabola supaya bisa mendapat sinyal yang terbaik.

Kalian bisa juga mengatur posisinya secara manual agar mendapatkan opsi pilihan orbit satelit. Kalian bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis dan bisa juga digunakan pada berbagai jenis smartphone termasuk yang smartphone yang spesifikasinya rendah sekalipun.

 

  1. DMSatFinder

Yang terakhir ada DMSatFinder. Aplikasi ini berbasis Enigma2, yang dimana aplikasi ini mampu menampilkan sinyal secara akurat. Kalian dapat mencari berbagai jenis satelit dengan mudah menampilkan kekuatan sinyal berdasarkan lokasi GPS parabola.

Untuk penggunaan nya juga mudah sekali karena kalian hanya tinggal scan saja makan nanti akan muncul rekomendasi satelit. Jika kalian sudah memilih satelitnya, maka kalian bisa mendapatkan kekuatan sinyal secara akurat, sangat tepat settingnya diterapkan ke parabola.

 

Penutup

Dan demikianlah aplikasi untuk mencari sinyal parabola yang sudah Teknowarta sampaikan. Semoga informasi yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat.

 

Check Also

Dynamic Spot Pro Mod Apk

Dynamic Spot Pro Mod Apk Terbaru Tanpa Iklan

Dynamic Spot Pro Mod Apk – Diluncurkanya iphone 14 terbaru belum lama ini yang memiliki …