Penyebab Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Beserta Solusinya

Penyebab Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Beserta Solusinya – Kondisi Nex Parabola tidak ada sinyal kerapkali terjadi. Dimana kondisi ini merupakan kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh satelit tidak masuk atau tidak bisa sampai ke perangkat penerima atau TV, sehingga akan menyebabkan gambar serta suara pada layar TV tidak bisa ditampilkan atau tidak bisa muncul.

Untuk kasus parabola tidak ada sinyal seperti ini biasanya tidak butuh penanganan. Jadi kalian hanya perlu membiarkan saja hingga sinyal nya kembali muncul. Tetapi sebaliknya, adapun juga yang butuh penanganan lebih lanjut yakni dengan cara mengidentifikasi terlebih dahulu penyebab masalahnya agar nantinya bisa kalian perbaiki secara menyeluruh.

Nex Parabola sendiri merupakan salah satu TV berlangganan dan sekaligus pengelola Matrix serta bekerja sama dengan layanan multiplatform bernama Mola, ini bisa dilihat dari receiver Matrix sekarang yang sudah ada perubahan. Sebagai contoh Nex Parabola hijau khusus untuk jalur Ku Band dan Mola yang menjadi Mola Nex parabola (dengan dus yang berwarna hitam).

Terlepas dari semua itu, banyak orang yang masih kebingungan tentang penyebab hilangnya sinyal dari Nex Parabola. Untuk mengatasi masalah tidak ada sinyal pada Nex Parabola, kalian perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena, hilangnya sinyal pada Nex Parabola bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Karena itulah, pada postingan kali ini Teknowarta akan membagikan informasi tentang masalah sinyal Nex Parabola yang hilang. Untuk langkah-langkah mengecek Nex Parabola yang tidak ada sinyal akan dijelaskan dibawah ini. Silahkan simak baik-baik!

 

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal

Seperti yang telah dikatakan diatas tadi bahwa untuk mengatasi Nex Parabola yang tidak ada sinyal itu dibutuhkan pengecekan terlebih dahulu supaya nantinya bisa mengetahui apa penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal. Dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk melakukan pengecekan penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal:

 

  1. Upgrade OTA Nex Parabola

Meng-update OTA Nex Parabola merupakan salah satu penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal. Untuk pengguna lama Nex Parabola mungkin hal ini sudah tidak asing lagi. Tapi tentunya akan menjadi hal yang baru untuk para pengguna yang baru saja menggunakan Nex Parabola. Sebagian orang menganggap bahwa dengan meng-upgrade OTA ini dapat menyebabkan berbagai masalah seperti sinyal menjadi hilang, mode boot dan juga lain-lainnya.

 

  1. Cek Kualitas Sinyal

Selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu melakukan pengecekan intensitas dan kualitas sinyal transponder (kalian bisa mengeceknya lewat menu setting). Disitu kalian bisa melihat berapa persen kualitas sinyal yang ditangkap, jika kalian melihat kurang dari 50% itu artinya ada kesalahan pada antena (bergeser). Untuk mengatasinya kalian bisa melakukan repointing ulang hingga sinyal tertangkap maksimal, tapi jika tidak ada sama sekali kualitas sinyalnya, maka kalian harus melakukan pengecekan selanjutnya.

 

  1. Konektor Antena Nex Parabola

Selanjutnya silahkan kalian periksa konektor antena yang letaknya ada di belakang receiver, kalian pastikan bahwa konektor antena tidak longgar dan telah terpasang dengan baik.

 

  1. Mengecek Kabel

Selanjutnya silahkan kalian periksa secara teliti seluruh kabel yang ada, kalian periksa apakah ada kabel yang putus dan juga periksa sambungan kabel, kemudian silahkan kalian sambung ulang. Karena hal ini bisa saja menjadi penyebab hilangnya sinyal pada Nex Parabola.

 

  1. Periksa Konektor LNB

Selanjutnya silahkan kalian cek semua konektor yang terhubung ke LNB, kalian cek apakah kondisinya masih baik-baik saja ataukah sudah longgar.

 

  1. LNB

Selanjutnya silahkan kalian periksa LNB, apakah LNB masih dalam keadaan bagus ataukah sudah mati, matinya LNB bisa disebabkan karena adanya penurunan fungsi dari salah satu komponen mesin. Untuk melihat apakah LNB sudah mati atau belum, kalian bisa melihat dari kualitas sinyal dibawah 50/40% pada kondisi arah antena yang sudah benar.

 

  1. Pointing

Selanjutnya jika kalian sudah melakukan pengecekan seperti langkah-langkah diatas tetapi masih saja sinyal belum muncul, maka silahkan kalian coba lakukan pointing ulang yakni dengan menggeser antena parabola kearah utara selatan ataupun bawah keatas.

 

  1. Receiver Rusak

Jika kalian sudah melakukan pointing tapi masih saja belum ada perubahan, maka kalian bisa mencoba untuk mengganti receiver dengan yang berbeda, jika setelah kalian ganti dan sinyalnya muncul berarti dapat dipastikan bahwa penyebab tidak ada sinyal pada Nex Parabola adalah karena receiver nya rusak.

 

Penyebab Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Karena Upgrade OTA

Nex Parabola telah melakukan berbagai usaha untuk memutakhirkan sistemnya agar bisa melindungi berbagai kontennya dari pembajakan. Dengan adanya pemutakhiran Sistem yang dilakukan Nex Parabola Maka akan berimbas juga pada receiver penerimaan siaran Nex Parabola, yang dimana receiver nya juga harus di upgrade software nya juga agar nantinya bisa mengikuti system terbaru yang dipakai.

 

Upgrade OTA

Pihak Nex Parabola menggunakan system OTA untuk meng-upgrade software ke receiver pengguna atau konsumen. Dengan system OTA ini, maka secara otomatis software akan ter upgrade dikarenakan software dikirim melalui satelit. Bagi kalian yang sudah ketinggalan upgrade OTA, maka kalian bisa mengunduh software terbaru yang telah dirilis Nex Parabola di situs resmi Nex Parabola.

Ini berbeda dengan upgrade OTA yang dulu, yang dimana bisa menyebabkan mode on jika terjadi gagal upgrade. Semenatara untuk OTA yang baru dibuat ini lebih ramah lingkungan dan juga tidak akan mengakibatkan mode on.

 

Resiko OTA Model Terbaru

Akan tetapi, meskipun model OTA yang terbaru tidak akan menyebabkan mode on ketika gagal OTA, tetapi tetap saja mempunyai resiko atau kelemahannya. Beberapa resiko atapun kelemahannya antara lain Nex Parabola tidak ada sinyal dan urutan channel jadi berubah atau jadi tidak sesuai seperti semula. Penyebab dari hal ini karena list channel default urutan angka 1 dan seterusnya masuk ke list channel Telkom 4, maka hal ini akan mengakibatkan parabola mini jadi tidak ada sinyal. Untuk parabola yang besar juga tidak ada sinyal, tetapi hal itu dikarenakan settingan port switch nya yang tidak sesuai.

 

Bantuan Perbaikan Nex Parabola

Jika kalian sudah berusaha untuk memperbaiki parabola tetapi masih saja belum berhasil. Maka kalian bisa meminta bantuan perbaikan Nex Parabola. Meminta bantuan perbaikan Nex Parabola yakni dengan cara menghubungi beberapa call center Nex Parabola berikut, seperti yang dikutip dari laman Nex Parabola:

  • Email: cs@nexparabola.co.id
  • Telepon: (021) 8063 7388
  • WhatsApp: 0812-9514-9920
  • Facebook: @nexparabolatv
  • Twitter: @nexparabola_tv
  • Instagram: nexparabola_tv

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi tentang penyebab Nex Parabola tidak ada sinyal beserta solusinya yang sudah Teknowarta bagikan. Semoga dengan informasi yang sudah disampaikan tadi bisa bermanfaat dan bisa membantu untuk memecahkan masalah kalian tentang Nex Parabola yang tidak ada sinyalnya.

 

Leave a Comment