Kode Remot TV Advance Beserta Cara Memasukkannya

Kode Remot TV Advance Beserta Cara Memasukkannya

Kode Remot TV Advance – Meskipun tidak se terkenal merk-merk lainnya seperti Panasonic, Samsung, atau Polytron, tapi mungkin merk Advance ini sudah tidak lagi di telinga orang Indonesia.

Salah satu produk Advance yang terbilang cukup banyak digunakan adalah TV nya, entah itu TV advance tabung, LCD ataupun LED. Karena TV Advance dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, mungkin itulah salah satu alasan mengapa TV yang satu ini cukup diminati.

Tetapi yang akan dibahas oleh Teknowarta pada postingan kali ini bukanlha tentang harga dari unit TV merk Advance. Melainkan akan membahas kode-kode remot TV Advance baik itu yang berjenis tabung, LCD, atau LED.

Seperti yang kita tahu, kalau mengetahui kode remot TV itu sangatlah penting bagi para pemilik TV yang sudah mengganti remot TV bawaan dengan remot baru yakni remot Universal. Karena dengan mengganti remot bawaan dengan remot universal ini maka bisa untuk semua tipe jenis dan merk TV.

Tetapi, saat kita mengganti remot bawaan dengan remot universal, maka kita tidak bisa langsung menggunakannya. Karena itulah dibutuhkan sebuah kode remot TV. Dan jika kalian mempunyai TV ber merek Advance, maka kalian membutuhkan kode remot TV Advance.

Lalu, berapak kode dari remot TV Advance itu? Kalian tidak usah khawatir karena pada postingan ini Teknowarta akan membahas mengenai kode remot TV Advance beserta cara memasukannya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kalian simak baik-baik ulasan tentagn kode-kode remot TV berikut ini.

 

Fungsi Kode Remot TV

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan mengenai kode remote dari TV Advance, ada baiknya jika kalian mengetahui fungsi atau manfaat dari menggunakan kode remote TV terlebih dahulu. Di mana, fungsi dari kode remot TV sendiri yakni untuk mengkoneksikan remote TV yang baru.

Trending :  Cara Mudah Memprogram TV Digital Dengan Benar

Pada umumnya, kode remot TV terdiri dari perpaduan tiga digit angka. Akan tetapi, setiap merk TV mempunyai kode remot yang berbeda-beda. Misalnya kode remot TV Panasonic, Polytron dan Advance itu akan berbeda.

Selain setiap merk TV berbeda-beda satu sama lain. Ternyata meskipun merk TV nya masih sama tapi jenis TV nya berbeda seperti TV Tabung dan LED/LCD, maka akan berbeda pula kode remot nya.

Jika kalian sudah penasaran dengan kode remot nya, maka dibawah ini akan dibahas kode remot TV Advance beserta cara memasukannya. Silahkan kalian simak.

 

Daftar Kode Remot TV Advance

Jika kalian mempunyai masalah dengan remot TV Advance bawaan kalian lalu menggantinya dengan remote yang baru, maka kalian bisa memasukan kode remot TV Advance. Untuk kode remote TV Advance sendiri baik itu yang tabung dan LED/LCD yaitu seperti berikut ini.

073, 102, 103, 104, 106, 120, 181, 187 & 224

Catatan: Sebenarnya kalian sudah bisa mendapatkan kode remot dari lembaran kertas yang biasanya ada pada bungkus remote barunya. Tetapi kadang kalian nya saja yang malas untuk membacanya sehingga tidak tahu jika ada kode remote TV disana.

 

Cara Memasukkan Kode Remot TV Advance

Setelah kalian sudah tahu fungsi dan juga kode remote TV Advance nya. Maka yang harus kalian lakukan sekarang adalah mengetahui cara bagaimana untuk memasukan atau meng-setting kode remot TV tadi supaya bisa kalian gunakan untuk menonton TV. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian ikuti:

 

  1. Menyiapkan Remot

Pertama-tama, silahkan kalian siapkan terlebih dahulu remot baru yang akan kalian setting. Kemudian kalian nyalakan unit TV Advance.

Trending :  Cara Praktis Setting TV Digital Polytron

 

  1. Tekan dan Tahan Tombol Set

Setelah itu, silahkan kalian tekan dan tahan tombol SET yang ada pada remot TV. Kalian tekan dan tahan tombol tersebut hingga beberapa saat.

 

  1. Tekan Tombol Power

Lalu, kalian lanjutkan dengan menekan tombol power hingga lampu indikator nya menyala (biasanya menyala berwarna merah).

 

  1. Masukkan Kode Remot

Jika kalian sudah melihat lampu indikator remot menyala, maka langsung kalian masukan saja kode yang terdiri dari 3 digit angka diatas tadi dengan cara menekan tombol angka pada remot TV.

 

  1. Kode Remot Berhasil Dimasukkan

Jika setelah kalian memasukan kode dan lampu indikatornya secara otomatis padam, itu artinya kalian telah berhasil memasukan kode remot TV. Akan tetapi, jika lampu indikator nya masih tetap menyala maka artinya proses memasukan kode remot kalian tidak berhasil.

Penyebab memasukan kode remot TV tidak berhasil ada berbagai macam, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan dibawah ini mengenai penyebab remot TV tidak berfungsi.

 

Mengapa Remot TV Tetap Tidak Berfungsi?

Saat melakukan sesuatu tentunya ada saja kendala atau masalah yang terjadi. Sama halnya dengan proses memasukan atau setting kode remot TV ini. Terkadang ada kalanya saat meng-setting remot TV tetap saja tidak berfungsi meskipun kita sudah memasukan kode remot nya. Lalu, apa sebenarnya penyebab dari tidak berfungsinya remot TV ini saat sedang memasukan kode remot? Berikut adalah beberapa penyebab mengapa remot TV tidak berfungsi:

 

  1. Salah Dalam Memasukkan Kode

Penyebab yang biasa terjadi adalah salah memasukan kode remot. Terkadang memang orang seringkali kurang teliti saat memasukan kode sehingga kode yang dimasukan salah. Jika begini, maka yang harus kalian lakukan adalah mengulangi langkah-langkah cara memasukan kode diatas, tetapi kali ini kalian harus memastikan bahwa kode yang kalian masukan sudah benar. Jika ternyata masih saja tidak berhasil, maka kalian bisa mencoba kode yang lainnya.

Trending :  Kode Remot TV Samsung Tabung dan LCD Beserta Cara Settingnya

 

  1. Terjadinya Kerusakan pada Remot

Penyebab selanjutnya bisa disebabkan karena komponen pada remote mengalami kerusakan. Biasanya remot tidak berfungsi karena remot kotor, jadi cobalah kalian bersihkan bagian yang kotor. Biasanya besi penghubung antara remot dan baterai mudah berkarat, jadi sebaiknya kalian periksa bagian tersebut dan jika kotor silahkan kalian bersihkan hingga bersih. Akan tetapi, jika kerusakan pada remot TV kalian sudah cukup parah dan kalian tidak bisa memperbaikinya sendiri, maka kalian bisa membawanya ke tukang service elektronik atau bisa juga membeli remote TV yang baru.

 

  1. Kendala Teknis

Penyebab terakhir ini biasanya jarang disadari oleh para pengguna TV Advance, yakni jarak remot dengan TV ketika sedang memasukan kode terlalu jauh sehingga menyebabkan proses setting kode remot gagal. Jadi kalian memperhatikan jarak nya saat sedang memasukan kode remot TV, pastikan jaraknya tidak terlalu jauh dengan TV sehingga proses memasukan atau setting kode remot bisa berhalan dengan normal.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi kode remot TV Advance beserta cara memasukannya yang sudah Teknowarta sampaikan. Adapun fungsi kode remot dan juga penyebab mengapa remot TV tidak dapat berfungsi. Semoga dengan informasi yang sudah Teknowarta sampaikan bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian pengguna TV Advance.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.