Anatomi Perineum

Anatomi Perineum

Perineum adalah daerah antara paha kalah dengan diafragma panggul. Batas-batas wilayah ini adalah sama dengan yang untuk outlet panggul, yaitu simfisis pubis, rami ischiopubic, ligamen sacrotuberous, dan tulang ekor.

Perineum memiliki atap yang dibentuk oleh diafragma panggul dan lantai fasia dan kulit. Hal ini juga berisi otot dan neurovasculature terkait dengan struktur urogenital dan anus.

Ketika kaki diculik, perineum membentuk bentuk berlian yang dapat dibagi menjadi dua segitiga dengan menggambar garis yang menghubungkan tuberositas iskia: segitiga urogenital dan segitiga anal.

Segitiga urogenital: Segitiga urogenital membentuk bagian anterior perineum. Segitiga urogenital wanita adalah rumah bagi pembukaan vagina, uretra, dan klitoris.

Fasia perineum segitiga urogenital termasuk lapisan dangkal dan dalam. Fasia perineum dangkal memiliki lapisan lemak dan lapisan membran yang lebih dalam (Colles fascia). Lapisan lemak membentuk daerah menebal dari labia majora dan mons pubis. Pada laki-laki, lapisan lemak jauh lebih tipis dan tidak ada di penis dan skrotum.

Segitiga anal: Segitiga anal berisi anus dan fossae ischioanal, yang merupakan dua ruang berbentuk baji antara kulit di sekitar anus dan diafragma panggul. Mereka mengandung jaringan ikat lemak dan longgar, yang membantu mendukung lubang anus tetapi cukup lentur untuk memungkinkan ekspansi saat buang air besar.

Wasir yang menyakitkan, vena bengkak di saluran dubur atau anus. Wasir internal terjadi pada anus, tetapi mereka mungkin tidak menyakitkan karena rektum tidak memiliki banyak saraf yang merasakan nyeri. Wasir eksternal mempengaruhi anus dan mudah untuk melihat dan meraba dengan memeriksa anus.

Saraf sensorik lebih terletak di sekitar anus, sehingga wasir eksternal mungkin sangat menyakitkan. Mereka juga dapat mengakibatkan gatal dan perdarahan. Obat topikal dapat membantu mengecilkan wasir, dan perubahan pola makan dapat mencegah terjadinya mereka; Namun, operasi dapat diindikasikan ketika reoccurrences sering.

Daerah anus dipersarafi oleh pleksus hipogastrik rendah dan saraf dubur rendah. Suplai darah ke daerah anal disediakan oleh arteri rektal superior dan inferior. Darah kembali lagi oleh pembuluh darah yang menyertainya. Getah bening mengalir ke node pararectal dan kelenjar getah bening inguinalis superfisialis.

 

Anatomi Perineum

Perineum laki-laki

Perineum laki-laki termasuk penis, skrotum, dan otot-otot perineum dalam segitiga urogenital, bersama dengan segitiga anal.

Skrotum adalah kantung fibromuskular yang rumah testis. Kota ini terletak di belakang dan di bawah penis. Di permukaan, Anda dapat melihat raphe skrotum, yang merupakan punggung yang membentang di sepanjang garis tengah skrotum. Ini berlanjut pada penis sebagai raphe penis. Secara internal, skrotum dibagi oleh septum skrotum.[

 

Anatomi Perineum

Perineum perempuan

Perineum perempuan termasuk alat kelamin eksternal, lubang uretra dan vagina, dan otot-otot perineum. Pemeriksaan panggul dimulai dengan pemeriksaan daerah ini.

Genitalia eksterna secara kolektif disebut sebagai vulva. Mereka termasuk mons pubis, labia mayora, labia minora, dan klitoris:

Mons pubis: Ini bulat, keunggulan lemak adalah anterior simfisis pubis.

Labia majora: Ini lipatan yang menonjol lemak dan kulit membantu melindungi lubang uretra dan vagina. Labia mayora dipisahkan oleh celah pudenda.

Labia minora: Di dalam celah pudenda Anda menemukan dua lipatan kulit, tetapi mereka tidak mengandung lemak. Bagian anterior labia minora bersatu untuk membentuk lamina yang menjadi frenulum dan prepusium klitoris.

Klitoris: Ini organ ereksi kecil sesuai dengan penis laki-laki. Itu terletak di mana bertemu kecil labia di depan vulva. Akar dari klitoris terdiri dari bola dari ruang depan dan krura kiri dan kanan klitoris. Tubuh klitoris berisi dua corpora cavernosa dan ischiocavernosus otot. Kelenjar klitoris adalah suatu massa dari jaringan ereksi yang memiliki banyak ujung saraf. Pasokan darah disediakan oleh cabang-cabang arteri pudenda interna dan vena.

Vestibulum: Fitur ini adalah ruang antara labia minora. Anda dapat menemukan lubang uretra eksternal di sana, bersama dengan lubang vagina. Kelenjar vestibular yang lebih besar dan kelenjar vestibular rendah berbaring di kedua sisi posterior vestibulum ke lubang vagina. Kelenjar vestibular mengeluarkan cairan licin selama gairah seksual.

Vulva anterior dipersarafi oleh saraf labial anterior (cabang cabang ilioguinal dan kelamin dari saraf genitofemoralis). Posterior (labial) saraf memasok labia minora, vagina, dan klitoris (melalui cabang yang disebut saraf dorsal klitoris). Aliran darah ke vulva disediakan oleh arteri pudenda eksternal dan internal. Darah dikembalikan oleh pembuluh darah pudenda labial dan internal. Getah bening mengalir ke kelenjar getah bening inguinal superfisial, kelenjar inguinal dalam, dan kelenjar getah bening iliaka internal.

Check Also

Apakah fungsi Otot rangka

Apakah fungsi Otot rangka

Otot rangka memiliki tiga fungsi utama. Pertama, otot rangka bekerja dengan tulang dari sistem kerangka …