Pengertian Penguapan Pada Air

Penguapan adalah nama yang diberikan kepada proses di mana cairan dikonversi menjadi gas. Semua orang akrab dengan proses penguapan. Misalkan Anda menumpahkan satu sendok teh air di atas meja dapur.

penjelasan molekul

Penguapan terjadi karena semua molekul semua zat terus bergerak. Pertimbangkan molekul yang membentuk satu sendok teh air, misalnya. Molekul-molekul terus bergerak, terbang bolak-balik dalam air, kadang-kadang bertabrakan dengan satu sama lain. Ketika tabrakan terjadi, beberapa molekul mendapatkan energi dari molekul lain.

Perubahan tersebut membuat sedikit perbedaan untuk molekul jauh di dalam air. Tapi untuk molekul di permukaan air, situasinya berbeda. Molekul pada permukaan yang mengambil energi dari molekul lain mulai lebih cepat. Akhirnya, mereka mungkin dapat melakukan perjalanan cukup cepat untuk melarikan diri dari permukaan air atau menguap dari air. Proses ini berlanjut selama molekul air tetap. Molekul yang sekali di dalam air akhirnya bekerja dengan cara mereka ke permukaan. Ketika mereka mengambil energi yang cukup dengan bertabrakan dengan molekul air lainnya, mereka juga melarikan diri. Akhirnya, tidak ada molekul air tetap. Cairan telah benar-benar menguap.

 

Pengertian Penguapan Pada Air

Cairan yang tersisa

Deskripsi ini menjelaskan fakta menarik tentang sebuah cairan menguap: suhu menurun sebagai penguapan terjadi. Ingat bahwa permukaan molekul melarikan diri dari cairan karena mereka mengambil energi dari molekul lain.

Molekul-molekul yang ditinggalkan, karena itu, memiliki sedikit energi daripada yang mereka miliki sebelum tabrakan. Karena mereka memiliki lebih sedikit energi, mereka juga memiliki suhu yang lebih rendah.

Tubuh manusia menggunakan prinsip ini untuk tetap dingin. Pada hari yang hangat, kita berkeringat (keringat). Keringat menguap dari kulit, mengambil panas tubuh dengan itu. Akibatnya, tubuh didinginkan.

 

Pengertian Penguapan Pada Air

aplikasi komersial

Penguapan adalah proses komersial yang penting dimana cairan yang dikeluarkan dari padatan. Dalam banyak kasus, produk terbentuk sebagai hasil dari reaksi kimia yang terjadi di dalam air. Salah satu cara untuk mendapatkan produk akhir adalah hanya memungkinkan air menguap meninggalkan produk yang solid di belakang.

Leave a Comment