Pengertian Katoda

Sebuah katoda adalah salah satu dari dua elektroda digunakan dalam tabung hampa udara atau dalam sel elektrokimia. Elektroda adalah bagian (tiang) dari tabung vakum atau sel di mana listrik bergerak ke dalam atau keluar dari sistem. Kutub lain dari sistem ini disebut sebagai anoda.

Tabung vakum

Sebuah tabung vakum adalah silinder kaca berongga yang udara sebanyak mungkin telah dihapus. Dalam tabung vakum, katoda adalah elektroda negatif. Ini memiliki lebih elektron pada permukaannya daripada elektroda lainnya, anoda.

Elektron dapat terakumulasi pada permukaan katoda karena berbagai alasan. Sebagai contoh, di beberapa tabung vakum, katoda dipanaskan sampai suhu tinggi untuk menghilangkan elektron dari atom yang membentuk katoda.

Elektron bebas yang kemudian dapat melakukan perjalanan dari katoda ke anoda. Ini aliran elektron dikenal sebagai sinar katoda, dan tabung di mana mereka diproduksi disebut sinar katoda tabung (CRT). CRT banyak digunakan sebagai osiloskop (yang mengukur perubahan tegangan listrik dari waktu ke waktu), tabung televisi, dan monitor komputer. [

Sel elektrokimia

Sel-sel elektrokimia adalah alat untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik atau sebaliknya, mengubah energi listrik menjadi energi kimia. Sel elektrokimia terdiri dari dua jenis: sel volta (juga disebut sel galvanik) dan sel-sel elektrolitik.

Dalam sel volta atau galvanis, energi listrik yang dihasilkan sebagai hasil dari reaksi kimia antara dua logam yang berbeda direndam dalam (biasanya) larutan air.

The berbeda kecenderungan dua logam untuk mendapatkan dan kehilangan elektron menyebabkan arus listrik mengalir melalui kawat eksternal yang menghubungkan dua logam. Katoda didefinisikan dalam sistem jenis ini sebagai logam di mana elektron yang diambil dari kawat eksternal. Sebaliknya, anoda adalah titik di mana elektron yang diberikan sampai dengan kawat eksternal.[

Pengertian Katoda

Aplikasi praktis

Katoda yang digunakan dalam berbagai aplikasi praktis. Sebagai contoh, elektroplating adalah proses dimana lapisan logam murni dapat disimpan pada basis yang digunakan sebagai katoda.

 

Pengertian Katoda

Misalkan sendok terdiri dari besi dibuat katoda dalam sel elektrokimia yang juga berisi anoda terbuat dari logam perak dan larutan perak nitrat. Dalam sel ini, atom perak kehilangan elektron yang berjalan melalui sirkuit eksternal ke katoda.

Pada katoda, elektron bergabung dengan ion perak dalam larutan untuk membentuk atom perak. Atom perak tersebut piring keluar pada permukaan sendok besi, memberikan lapisan logam perak. Sendok besi polos segera mengembangkan permukaan perak mengkilap. Tampilannya lebih menarik dan kurang cenderung karat daripada sendok besi asli.

Leave a Comment