Apa itu Peritoneum?

Apa itu Peritoneum?

Peritoneum adalah lembaran tipis kontinu jaringan, atau membran yang melapisi rongga perut dan panggul, dan mencakup permukaan organ yang ditemukan dalam. Ini menghasilkan cairan pelumas, yang disebut cairan serosa, yang memungkinkan keberanian untuk bergerak bebas melewati satu sama lain.

Apa itu Peritoneum?

Bagian itu yang membentuk lapisan dinding disebut lapisan parietal, sedangkan bagian yang meliputi organ-organ panggul dan perut dikenal sebagai lapisan visceral. Antara lapisan peritoneal viseral dan parietal adalah ruang yang dikenal sebagai rongga peritoneum. Pembuluh darah, pembuluh getah bening dan saraf berjalan melalui peritoneum, penyediaan organ, dan kanker yang terjadi di perut cenderung menyebar ke seluruh jaringan peritoneal.

Dalam rongga perut dan panggul, ada sejumlah besar organ diatur sedemikian kompleks, dan peritoneum membantu untuk menyimpan segala sesuatu di tempat. Hal ini dilakukan karena lapisan visceral, sekitar organ, terpasang oleh helai ke lapisan parietal, lapisan dinding, yang mencegah keberanian bergerak terlalu jauh keluar dari posisi. Hal ini terutama penting dalam kasus usus, yang sekitar 33 kaki (sekitar 10 meter) panjang, dan sangat erat melingkar ke tempatnya. Beberapa organ, seperti ginjal, berada dalam rongga perut atau panggul tetapi di luar peritoneum, dan ini dikenal sebagai organ retroperitoneal. [

pasokan saraf

Ada pasokan saraf yang kaya dengan peritoneum parietal, sehingga sensitif terhadap rasa sakit. Ini berarti bahwa setiap penyakit atau cedera yang terjadi di dalamnya menimbulkan rasa sakit yang dirasakan langsung di tempat yang terkena. Peritoneum visceral yang tidak baik disertakan dengan saraf, dan nyeri biasanya hanya dirasakan sebagai respon untuk itu sedang diregangkan. Dengan nyeri viseral, sulit untuk menentukan sumber cedera, bahkan lebih karena rasa sakit sering disebut daerah lain tubuh.[

Trending :  Apa Fungsi dari Mitokondria dalam Memproduksi Energi bagi Sel?

Apa itu Peritoneum?

rongga peritoneum

Sebagai rongga peritoneum berpotensi cukup besar, penyakit di dalamnya mampu menyebar secara luas. Beberapa kanker berasal dalam rongga peritoneum, termasuk mesothelioma peritoneal ganas, tumor langka yang timbul dari peritoneum. Jenis kanker peritoneal dikaitkan dengan paparan asbes, dan beberapa tanda-tanda awal adalah nyeri dan pembengkakan di perut, penurunan berat badan dan anemia. Pengobatan menggunakan kombinasi pendekatan, seperti operasi, radioterapi dan kemoterapi bersama-sama dengan yang lebih baru, lebih banyak pilihan eksperimental. Sebuah obat hanya mungkin jika penyakit ini ditemukan lebih awal, sementara itu masih cukup lokal.

Hal ini lebih umum untuk kanker berasal tempat lain dan untuk sel-sel tumor untuk menyebar, atau bermetastasis, ke peritoneum. Ada banyak contoh kanker berkembang dengan cara ini, termasuk yang mempengaruhi perut, payudara, ovarium, dan paru-paru. Sel-sel kanker menyebar dapat diobati dengan kombinasi operasi dan kemoterapi untuk memperpanjang hidup pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published.