Apa itu Pembesaran Atrium Kanan?

Pembesaran atrium kanan menggambarkan peningkatan ukuran ruang atas, atau atrium, di sisi kanan jantung. Pada orang dewasa, kondisi yang menyebabkan pembesaran atrium kanan biasanya juga menyebabkan sesuai majelis rendah, atau ventrikel,

tumbuh dalam ukuran. Karena darah perjalanan dari sisi kanan jantung langsung ke paru-paru, tepat pembesaran atrium dapat dikaitkan dengan penyakit yang meningkatkan tekanan darah di paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik. Beberapa jenis penyakit jantung bawaan juga menyebabkan pembesaran atrium kanan dengan memungkinkan darah untuk lulus dari sisi kiri jantung ke kanan atau mengalir kembali dari ventrikel ke atrium. Studi tentang penyakit jantung dikenal sebagai kardiologi.

Beberapa bayi dilahirkan dengan kelainan jantung di mana lubang menghubungkan atrium kanan jantung ke kiri. Karena kedua belah pihak jantung biasanya benar-benar terpisah, hal ini menyebabkan masalah. Darah dari atrium kiri melewati ke atrium kanan, meningkatkan volume dalam ruang jantung. Seiring waktu, peningkatan beban memaksa atrium kanan untuk memperbesar. Pembesaran ini membentang katup trikuspid antara atrium kanan dan ventrikel kanan sehingga tidak lagi menutup dengan benar, sehingga darah bocor kembali ke dalam atrium dan menambah beban bahkan lebih.

Pembesaran atrium kanan

Akhirnya, peningkatan aliran darah di sisi kanan jantung dapat menyebabkan tekanan yang lebih tinggi di paru-paru, menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah paru.

Pembesaran atrium kanan juga dapat mengganggu sel-sel alat pacu jantung terletak di dalam atrium, sehingga menimbulkan detak jantung tidak teratur. Detak jantung tidak teratur dikaitkan dengan risiko pembentukan bekuan darah, yang dapat melakukan perjalanan ke pembuluh darah di otak dan menyebabkan stroke. Cacat jantung bawaan biasanya diobati melalui operasi jantung.[

Kadang-kadang, dalam apa yang dikenal sebagai cor pulmonale, penyakit paru-paru yang ada menyebabkan tekanan balik di dalam hati. Ventrikel kanan menjadi membesar karena peningkatan tekanan dalam arteri paru-paru. Hal ini menyebabkan distorsi katup trikuspid, darah kemudian bocor kembali ke dalam atrium kanan, yang juga membesar.

Dalam kasus penyakit paru yang mempengaruhi jantung, pengobatan tergantung pada penyakit individu. Tujuan umum dari pengobatan adalah untuk mengurangi beban pada jantung.

Pembesaran atrium kanan

Pembesaran atrium kanan dapat diakui dalam elektrokardiogram, juga dikenal sebagai EKG atau ECG, yang mencatat aktivitas listrik jantung dengan menempatkan elektroda di dada.

Apa itu Pembesaran Atrium Kanan?

Hampir selalu, bukti pembesaran ventrikel kanan juga terlihat, selain dalam kasus trikuspid stenosis katup. Di sinilah katup trikuspid rusak selama episode demam rematik, menyebabkan penyempitan katup, atau stenosis.

Outlet atrium yang menyempit mengarah ke kanan pembesaran atrium sedangkan ventrikel kanan tidak menerima cukup darah. Stenosis trikuspid biasanya tidak memerlukan pengobatan tetapi, jarang, gejala yang parah dapat diobati melalui operasi jantung.

Leave a Comment