Anatomi dan Fungsi Jantung Manusia

Hati manusia adalah organ yang memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah, memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan dan menghapus karbon dioksida dan limbah lainnya.

“Jaringan tubuh membutuhkan pasokan konstan nutrisi agar aktif,” kata Dr Lawrence Phillips, seorang ahli jantung di NYU Langone Medical Center di New York. “Jika [hati] tidak mampu memasok darah ke organ dan jaringan, mereka akan mati.”

Anatomi jantung manusia

Pada manusia, jantung kira-kira seukuran kepalan tangan yang besar dan berat antara sekitar 10 sampai 12 ons (280-340 gram) pada pria dan 8 sampai 10 ons (230-280 gram) pada wanita, menurut Henry Gray “Anatomi tubuh Manusia. ”

Fisiologi jantung pada dasarnya turun ke “struktur, listrik dan pipa,” kata Phillips Live Science.

Hati manusia memiliki empat ruang: dua kamar atas (atrium) dan dua yang lebih rendah (ventrikel), menurut National Institutes of Health. Atrium kanan dan ventrikel kanan bersama-sama membentuk “jantung kanan,” dan atrium kiri dan ventrikel kiri membentuk “jantung kiri.” Sebuah dinding otot yang disebut septum memisahkan kedua sisi jantung.

Sebuah kantung berdinding ganda yang disebut pericardium melukai jantung, yang berfungsi untuk melindungi jantung dan jangkar di dalam dada. Antara lapisan luar, perikardium parietal, dan lapisan dalam, perikardium serous, berjalan cairan perikardial, yang melumasi jantung selama kontraksi dan gerakan paru-paru dan diafragma.

Dinding luar jantung terdiri dari tiga lapisan. Lapisan dinding terluar, atau epikardium, adalah dinding dalam perikardium. Lapisan tengah, atau miokardium, mengandung otot yang kontrak. Lapisan dalam, atau endocardium, adalah lapisan yang kontak darah.

Katup trikuspid dan katup mitral membentuk atrioventrikular (AV) katup, yang menghubungkan atrium dan ventrikel. Katup semi-lunar paru memisahkan ventrikel kanan dari arteri pulmonalis, dan katup aorta memisahkan ventrikel kiri dari aorta. Hati sanubari, atau korda tendinae, jangkar katup untuk otot-otot jantung.

Simpul sinoatrial menghasilkan pulsa elektrik yang mendorong kontraksi jantung.

Fungsi jantung manusia

Jantung beredar darah melalui dua jalur: sirkuit paru dan sirkuit sistemik.

Dalam rangkaian paru, darah terdeoksigenasi meninggalkan ventrikel kanan jantung melalui arteri paru-paru dan ke paru-paru, kemudian kembali darah beroksigen ke atrium kiri jantung melalui vena paru.

Dalam rangkaian sistemik, darah beroksigen meninggalkan tubuh melalui ventrikel kiri ke aorta, dan dari sana masuk arteri dan kapiler di mana ia memasok jaringan tubuh dengan oksigen. Kembali terdeoksigenasi darah melalui vena ke vena vena, kembali memasuki atrium kanan jantung.

Tentu saja, jantung juga otot, sehingga membutuhkan pasokan oksigen segar dan nutrisi

Setelah darah meninggalkan jantung melalui katup aorta, dua set arteri membawa darah beroksigen untuk memberi makan otot jantung, “katanya. Arteri koroner utama kiri, di satu sisi aorta, cabang ke anterior kiri turun arteri dan meninggalkan arteri sirkumfleksa. cabang-cabang arteri koroner kanan di sisi kanan aorta.

Penyumbatan dari setiap arteri ini dapat menyebabkan serangan jantung, atau kerusakan pada otot jantung, kata Phillips. Sebuah serangan jantung adalah berbeda dari serangan jantung, yang merupakan tiba-tiba kehilangan fungsi jantung yang biasanya terjadi sebagai akibat dari gangguan listrik dari irama jantung. Serangan jantung bisa menyebabkan serangan jantung, tetapi yang terakhir juga dapat disebabkan oleh masalah lain, katanya.

Anatomi dan Fungsi Jantung Manusia

Jantung berisi listrik “alat pacu jantung” sel, yang menyebabkan untuk kontrak – memproduksi sekejap.

“Setiap sel memiliki kemampuan untuk menjadi ‘pemimpin band dan [untuk] memiliki semua orang mengikuti,” kata Phillips. Pada orang dengan detak jantung yang tidak teratur, atau fibrilasi atrium, setiap sel mencoba untuk menjadi pemimpin band, katanya, yang menyebabkan mereka untuk mengalahkan tidak sinkron dengan satu sama lain.

Kontraksi jantung sehat terjadi dalam lima tahap. Pada tahap pertama (awal diastol), jantung santai. Kemudian kontrak atrium (atrial systole) untuk mendorong darah ke ventrikel. Selanjutnya, ventrikel mulai berkontraksi tanpa mengubah volume. Kemudian ventrikel terus kontrak sementara kosong. Akhirnya, ventrikel berhenti kontrak dan rileks. Kemudian siklus berulang.

Katup mencegah arus balik, menjaga darah yang mengalir dalam satu arah melalui jantung.

Fakta-fakta tentang hati manusia

Hati manusia kira-kira seukuran kepalan tangan yang besar.

Jantung beratnya antara 10 sampai 12 ons (280-340 gram) pada pria dan 8 sampai 10 ons (230-280 gram) pada wanita.

Jantung berdetak sekitar 100.000 kali per hari (sekitar 3 miliar ketukan dalam seumur hidup).

Hati dewasa mengalahkan sekitar 60 sampai 80 kali per menit.

Bayi yang baru lahir hati ‘berdetak lebih cepat dari hati orang dewasa, sekitar 70-190 denyut per menit.

Jantung memompa sekitar 6 liter (5,7 liter) dari darah ke seluruh tubuh.

Jantung terletak di tengah dada, biasanya menunjuk sedikit ke kiri.

Leave a Comment