Ciri-ciri LNB C Band extended frekuensi 5750

Ciri-ciri LNB C Band extended frekuensi 5750

Ciri-ciri LNB C Band extended frekuensi 5750 – Dalam dunia parabola, banyak sekali alat-alat untuk mempersiapkan tracking yang perlu kalian pahami, Contohnya adalah LNB. LNB merupakan singkatan dari kata Low Noise Block yang dimana jika kita artikan dalam bahasa Indonesia artinya tingkat kebisingan yang cukup rendah. LNB ini  sangat  berguna  untuk  mencari  sebuah  satelit  yang  akan  ingin kita tuju. LNB  terletak  atau  terpasang  pas di tengah  piringan  parabola, yang  bertujuan  untuk menerima  sinyal  satelit  dan  dialirkan  ke receiver.

Fungsi LNB

Fungsi LNB  yaitu  untuk  menerima  sinyal  dari  satelit yang  dipantulkan  melalui disk atau piringan  parabola  ke receiver.  Posisi  dari LNB ini harus  disesuaikan  dengan arah  kedudukan satelit  yang  letaknya  berada  pada  titik  derajatnya,  misalnya  satelit  Palapa  yang  letaknya berada  pada  jalur 113  derajat  Bujur  Timur ( 113E).  Maka  jika  kita  ingin  mentracking  pastinya posisi  dari  LNB itu sendiri, dan  pastikan  nanti  kalian  miringkan  ke kanan dan ke kiri atau miringkan  ke arah  barat  atau  timur.

Akhir-akhir ini telah menjadi bahan perbincangan LNB C Band extended frekuensi 5750 dikarenakan hadirnya satelit baru yaitu Satelit Bangabandhu 1 (119,1 BT) yang letaknya lumayan dekat dengan satelit di Indonesia. Pada saat ini LNB C Band extended frekuensi 5750 sedang banyak dicari oleh para tracker karena penasaran dengan satelit baru tersebut, dan kebanyakan masyarakat menggunakan LNB yang Frekuensinya standar yaitu 5150.

Ciri-ciri LNB C Band extended frekuensi 5750

Kalian dapat melihat ciri-ciri dari LNB C Band extended frekuensi 5750, banyak yang tidak menyadari bahwa LNB jenis ini sudah lama beredar, bahkan LNB yang jadul sekalipun sudah ada banyak.

Jadi ciri-ciri LNB C Band extended frekuensi 5750 ini adalah :

  • Terdapat keterangan tulisan di Body LNB dengan tulisan L.O: 5150/5750 Mhz
  • Dapat meng-Lock sinyal dari frekuensi standar 5150, sedangkan LNB C Band yang biasa mendukung 5150 tidak dapat lock siaran yang menggunakan frekuensi LNB 5750.

Kelebihan dan kelemahan dari LNB C Band :

Kelebihan

  1. Dapat bertahan dengan segala cuaca baik itu panas maupun hujan sehingga meningkatkan efisiensi
  2. Biaya sewa cukup murah.

Kekurangan

  1. Harus menggunakan parabola yang berukuran cukup besar yang besar minimalnya 4,5 feet untuk menangkap sinyalnya, sehingga akan lebih memakan banyak tempat
  2. Mengalami gangguan jika ada suara bising dari sepeda motor.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat tentang Ciri-ciri LNB C Band extended frekuensi 5750,semoga dapat bermanfaat.

 

 

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.