Struktur Planet Mars

Sebuah planet terestrial menengah berukuran, Mars memiliki permukaan kemerahan kawah yang kini struktural tidak aktif, karena vulkanisme aktif terakhir berakhir sekitar 1,5 miliar tahun yang lalu.

Meskipun tidak memiliki medan magnet global, pemetaan pola yang magnet permukaan mengungkapkan strip paralel tanah dengan polaritas magnet berlawanan,  analog dengan pola magnetik yang ditemukan di Bumi di kedua sisi pegunungan tengah samudera. Strip ini tanah menunjukkan bahwa sangat awal dalam sejarahnya, sebelum itu didinginkan secara signifikan, Mars memiliki inti cair batin yang mampu menghasilkan medan magnet dan mantel luar yang convecting untuk menghasilkan lempeng tektonik fenomena di permukaan.

Saat ini, permukaan planet mempertahankan kisaran terbesar dari ketinggian salah satu objek darat, dari 1.300 kilometer-lebar kawah di belahan bumi utara, yang lantai adalah 10 kilometer di bawah berarti ketinggian, dengan 25 kilometer tinggi Olympus Mons, yang terbesar gunung berapi di tata surya. Olympus Mons adalah contoh dari sebuah gunung berapi perisai, terbentuk ketika lava tipis menyebar di wilayah yang luas. Diameter gunung berapi ini adalah 600 kilometer, atau tiga kali ukuran luas gunung berapi bumi terbesar dari jenis ini (terletak di Hawaii). Resurfacing vulkanik dari planet yang terkena terutama belahan utara planet, yang ditutupi dengan dataran yang relatif mulus. Semakin tua permukaan belahan bumi selatan menunjukkan akumulasi lebih banyak kawah dari waktu ke waktu.

Daerah uncratered

Daerah kawah menunjukkan pengaruh pelapukan. Daerah uncratered, besar “gurun” ditutupi dengan pasir, menunjukkan perubahan musiman dalam keadaan sebagai siklus tahunan angin bergerak debu lepas dari satu daerah ke daerah lain. Daerah Canyon rupanya karena erosi oleh angin, gosok lava lama saluran, dan / atau air, meskipun tidak ada cairan ternyata ada di permukaan planet hari ini. Pemetaan satelit jarak jauh dari permukaan planet menjadi lebih rinci, dengan meningkatnya bukti bahwa permukaan aliran air telah meninggalkan saluran erosi karakteristik. Sebuah ngarai khatulistiwa utama, Valles Marineris, adalah 4.000 kilometer panjang, dengan ngarai sungai.

Advertisement

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan (tonjolan yang dibentuk oleh gerakan internal bawah permukaan dalam bahan cair) dan pemisahan wilayah Tharsis di planet (bukan lembah keretakan seperti yang ditemukan di Bumi).

Keberadaan pulau berbentuk tetesan air, saluran sungai kuno, dan dataran banjir semua menunjukkan aliran air di permukaan, tapi air sekarang di planet ini harus terkunci ke dalam batuan permukaan dalam bentuk tundra permanen atau permafrost.

Topi es lilin dan berkurang dengan musim (global, suhu dingin, rata-rata 220 K = -60 ° F, dengan ± 30 K variasi musiman). Topi es ini terutama terdiri dari karbon dioksida dan mungkin beberapa air, mewakili, fraksi beku besar atmosfer tipis planet.

Akibatnya, dinamika atmosfer Mars jauh berbeda dari Bumi. Dalam Mars belahan bumi utara musim semi, tutup es utara mulai menyusut dengan karbon dioksida dibebaskan bergerak ke selatan hanya untuk membeku menjadi es tutup belahan selatan.

Pada awal musim semi di belahan bumi selatan, proses ini dibalik. Meskipun kurus, atmosfer dapat menghasilkan angin kecepatan tinggi dan badai debu planet-lebar. Debu menetap ke es yang tertinggal ketika es sublimates setiap musim semi, membentuk daerah bertingkat kurang lebih konsentris tentang kutub.

Struktur Planet Mars

Atmosfer Mars

Atmosfer Mars ini memiliki tekanan permukaan sekitar 1 persen dari Bumi, jauh lebih sedikit dari yang diharapkan berdasarkan masa lalu vulkanik planet. Karena gravitasi planet cukup untuk telah mempertahankan atmosfernya, penyebab lain harus ada untuk menjelaskan kurangnya suasana.

Ia telah mengemukakan bahwa sebagian besar suasana asli mungkin telah hilang dalam acara tabrakan meteor lama atau mungkin terkikis oleh interaksi dengan angin matahari.

Komposisinya, apa yang sedikit udara ada terdiri dari 95 persen karbon dioksida, 3 persen nitrogen, dan argon persen 1.5, dengan jumlah jejak musiman air, oksigen, dan helium.

Kepadatannya jatuh dengan ketinggian lebih lambat daripada di Bumi, sehingga pada ketinggian 50 kilometer, atmosfer Mars sebenarnya lebih padat daripada di Bumi pada ketinggian yang sama. Suasana demikian dapat mendukung awan tinggi, umumnya di pagi hari.[

struktur planet

Secara internal, struktur planet mengikuti struktur crustmantle-core karakteristik. Kepadatan rata-rata yang rendah planet dari 3,9 g / cm 3 menunjukkan inti besi yang relatif kecil. Tidak ada bukti untuk aktivitas tektonik saat ini.

Dua bulan kecil berbentuk tidak teratur, Phobos (kira-kira 28 km dengan 23 km dengan 20 km) dan Deimos (sekitar 16 km dengan 12 km dengan 10 km), mengorbit planet, masing-masing menjaga sumbu panjang selalu menunjuk ke arah planet untuk alasan yang sama bahwa Bulan menyimpan wajah yang sama ke arah Bumi.

Keduanya sangat kawah dan kemungkinan ditangkap asteroid, bukan benda yang terbentuk bersamaan dengan pembentukan planet. Phobos (satu di orbit terendah) secara perlahan spiral di arah planet karena gesekan atmosfer dan diperkirakan crash ke permukaan dalam 100 juta tahun ke depan.

Leave a Comment