Ini Trik Gunakan Whatsapp Web dan WhatsApp Business For PC

Jika Anda tidak terbiasa menggunakan WhatsApp (WA) Web di komputer atau PC, pasti sangat lambat untuk diterapkan. Meskipun ada banyak trik untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda dapat berlatih seperti pada artikel ini.

Aplikasi WhatsApp yang banyak digunakan di ponsel Android cukup mudah. Namun, jika WA digunakan di komputer, pasti akan canggung dan tidak praktis untuk digunakan. Untuk mengatasinya, ada banyak trik yang bisa diterapkan untuk menggunakan WA Web di PC dengan nyaman dan cepat. Seperti dikutip dari psyline.id.

Baca Juga : Jangan Panik, Begini Cara Mengembalikan Akun WhatsApp DiHack

Cara Mengaktifkan WA Web di PC

Langkah pertama yang cukup mempengaruhi kecepatan penggunaan WhatsApp Web bisa dilihat dari proses pengaktifannya. Agar tidak salah kaprah dari awal dan mempengaruhi lambatnya penggunaan WA, gunakan langkah mudah berikut untuk mengaktifkan WhatsApp Web di PC.

  • Masuk ke halaman web WhatsApp Web di browser yang Anda gunakan, yaitu https://web.whatsapp.com/.
  • Kode QR yang siap dipindai akan ditampilkan pada halaman yang terbuka.
  • Untuk browsing, buka aplikasi WA di ponsel Android yang Anda gunakan.
  • Temukan tiga titik di sudut kanan atas aplikasi.
  • Saat beberapa menu muncul, pilih WhatsApp Web.
  • Secara otomatis Android menampilkan pemindai untuk memindai kode yang ditampilkan di komputer atau laptop Anda.
  • Setelah scan berhasil, laptop atau PC bekas sudah masuk ke halaman WhatsApp dan siap digunakan.
TRENDING :  Ini Sebab WhatsApp Business Web Tidak Tersambung ke Ponsel

Jika Anda ingin membuka WhatsApp Web dengan aplikasi sederhana dan ringan, Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Download aplikasi WhatsApp Web ke halaman resmi https://web.whatsapp.com/download.
  • Pada halaman download, pilih jenis laptop atau PC yang Anda gunakan.
  • Setelah mengunduh, Anda dapat langsung masuk dengan memindai kode yang ditampilkan di PC dengan ponsel Anda.
  • Web WhatsApp siap digunakan.

Untuk mengaktifkan WhatsApp Web lebih cepat menggunakan langkah-langkah di atas, ada beberapa syarat lagi yang harus dipenuhi untuk memudahkan akses:

1. Gunakan browser yang cepat

Gunakan browser yang cepat untuk mempercepat proses loading WA. Meskipun hampir semua browser bisa digunakan untuk mengakses WA, namun tidak semuanya memberikan layanan akses yang lebih cepat.
Beberapa contoh browser yang dikenal cepat dalam mengakses aplikasi WA Web adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Baca Juga : Begini Cara Buka WhatsApp Web Tanpa Scan Kode QR

2. Menggunakan browser yang diperbarui

Beberapa pengguna komputer malas untuk memperbarui komputer mereka karena lebih lambat daripada tidak mendukung beberapa fitur saat digunakan. Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Web, pastikan browser yang Anda gunakan sudah terupdate ke versi terbaru.

3. Gunakan wifi atau koneksi stabil

Masalah akses WA di browser komputer sering terjadi karena masalah koneksi internet. Pindai kode yang perlu diperbaiki akan lebih lambat atau bahkan error. Hal ini tentu saja memperlambat proses aktivasi WA. Jadi gunakan sinyal Wifi atau koneksi internet lainnya yang jelas stabil.

Beberapa trik menggunakan WA Web:

Karena terbiasa menggunakan WA di Android, beberapa orang sering kesulitan menggunakan WA di PC dan terkesan lebih lambat. Hal ini biasanya disebabkan karena tidak menggunakan fitur keyboard dan WA di PC.
Berikut beberapa trik menggunakan WhatsApp Web di PC untuk mempercepat penggunaannya:

TRENDING :  Fitur dan Cara Menggunakan WhatsApp Business Web

1. Menggunakan pintasan obrolan

Chatting adalah aktivitas utama yang dilakukan melalui aplikasi WA. Jika biasanya chat di Android mudah karena ukurannya yang kecil, maka menggunakan WA di PC bisa lebih cepat dengan beberapa shortcut chat yaitu:

  • Buat grup obrolan baru dengan menekan Ctrl + Shift + N.
  • Mulai percakapan baru dengan tombol Ctrl + N.
  • Hapus percakapan Ctrl + Backspace.
  • Lihat percakapan sebelumnya Ctrl + Shift + [:
  • Lihat percakapan berikutnya Ctrl + Shift + ]:
  • Bungkam percakapan dengan Ctrl + Shift + M.
  • Arsipkan obrolan dengan Ctrl + E.
  • Buka profil status dengan Ctrl + P.
  • Tandai pesan sebagai belum dibaca dengan tombol Ctrl + Shift + U.

Baca Juga : Layar Lebih Besar, Ini Cara Mudah Video Call Whatsapp Di Laptop

2. Pratinjau Pesan

Menggunakan WhatsApp Web tidak kalah serunya dengan menggunakan ponsel salah satunya dengan menggunakan metode message preview. Misalnya, membuat pesan yang panjang hanya dapat ditampilkan dalam satu baris. Atau berikan notifikasi jumlah pesan masuk ke WA.
Caranya adalah dengan memanfaatkan WA Toolkit yang biasanya sudah tersedia di salah satu browser gratisan seperti Google Chrome. Melalui WA Toolkit, ada banyak fitur tambahan yang bisa dipasang di WA yang digunakan di PC.

3. Baca Pesan Tanpa Centang Biru

Cara setting di android mulai sekarang tentunya sudah sangat familiar dan mudah untuk di implementasikan. Ternyata WhatsApp Web juga bisa disesuaikan dengan pengaturan ini. Langkah mudah yang harus dilakukan antara lain:

  • Buka papan obrolan web WhatsApp.
  • Buka jendela baru yang lebih kecil untuk muncul di latar belakang layar.
  • Klik kursor di jendela baru dan latar belakangnya adalah WA.
  • Selama kursor berada di jendela lain, pesan WA yang masuk dan terbaca di latar belakang tetap tidak menunjukkan tanda centang biru, yang berarti pesan tersebut belum terbaca.
TRENDING :  WhatsApp Business Sekarang Punya Katalog Belanja

Manfaat Menggunakan WhatsApp Web

Tentunya banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan WhatsApp Web yang lebih cepat dan praktis di komputer, yaitu:

1. Sederhanakan Kegiatan

Tentunya segala sesuatu yang perlu dilakukan dengan browser bisa menjadi lebih mudah ketika Anda bisa menggunakan WhatsApp Web dengan cepat. Pengguna PC dapat membuka beberapa jendela sekaligus untuk melakukan aktivitas lain dengan WhatsApp tanpa masalah.

2. Mempermudah Akses atau Transfer Data Data PC dan WA

Saat ini, berbagai jenis pekerjaan menggunakan WA sebagai media diskusi melalui kelompok. Daripada kesulitan melihat WA di HP Android secara bergantian dengan PC, akan lebih mudah melihat keduanya di PC secara bersamaan.
Proses transfer data yang diperlukan juga lebih mudah. Misalnya, pengiriman dokumen tertentu melalui WA dapat dilakukan langsung dari PC tanpa terlebih dahulu memindahkan dokumen tersebut ke Android.

3. Nyalakan PC

Dibandingkan dengan aplikasi WA untuk desktop, WhatsApp Web jauh lebih ringan untuk digunakan karena hanya menggunakan aplikasi browser. Sangat mendukung jenis PC dengan RAM atau memori yang sangat terbatas.

4. Fokus pada Pekerjaan Jangan Distraksi

Tugas yang harus dilakukan bersamaan dengan WA dan PC bisa lebih fokus karena tidak harus menggunakan Android secara berurutan dengan komputer. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dan meningkatkan efisiensi kerja.

Semua trik di atas dijamin akan memudahkan Anda untuk mempercepat penggunaan WA Web bahkan di PC. Oleh karena itu, aplikasi WA akan tetap seru selama digunakan di laptop. Pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan komputer yang sama juga tidak mudah terganggu.

Baca Juga : 6 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia