6 Media Sosial yang Paling Laris di Benua Asia

Ketika kita memikirkan media sosial atau sosial media, Facebook pasti muncul di benak kita. Tidak aneh, karena Facebook masih menyandang predikat sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Selain itu, layanan seperti Instagram dan WhatsApp juga telah terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.

Tapi tidak semua orang menggunakan Facebook di Asia. Negara yang ketat seperti China memungkinkan warganya menggunakan media sosial lokal yang kemudian menyebar ke negara-negara Asia lainnya. Melansir Social Media Perth (SMPerth), inilah 7 media sosial yang mendominasi kawasan Asia.

Baca Juga : 6 Aplikasi Kamera Tembus Pandang Untuk Android

1. WeChat

Media sosial atau sosial media WeChat Diluncurkan oleh Tencent pada tahun 2011, WeChat (微信) adalah media sosial #1 dunia pada tahun 2018 dengan hampir 1,2 miliar pengguna aktif bulanan! Tidak hanya di China, WeChat sangat populer di kalangan komunitas China di berbagai negara dan tersedia dalam 17 bahasa. Selain layanan perpesanan, fitur WeChat meliputi:

  • Pesan: Dengan 38 miliar pesan yang terkirim sejauh ini, WeChat dapat mengirim dan menerima pesan teks, gambar, rekaman audio dan video. Ini juga mendukung WeChat, panggilan audio dan video
  • Jejaring sosial: Selain membuat konten Anda sendiri dalam bentuk Momen (朋友圈), Anda dapat mengikuti pembaruan selebritas terkenal dan merek besar di WeChat.
  • Pembayaran: WeChat juga mendukung pembayaran digital online atau sebagai dompet digital sehingga Anda dapat mengirim dan menerima uang
  • Berbasis kota: Di China, fitur WeChat dapat mengakses layanan di setiap kota. Jadi Anda bisa memesan kendaraan, memesan makanan, menjadwalkan janji dengan dokter, dan banyak lagi.
  • Aktivitas di WeChat dipantau oleh pemerintah China, dan penggunaan di luar China sedang dipelajari untuk memperkuat algoritme dan sensor. Inilah sebabnya mengapa negara-negara seperti India melarang penggunaan WeChat pada Juni 2020. Juga di Indonesia sendiri, beberapa perusahaan China menggunakan aplikasi super ini untuk komunikasi internal.
TRENDING :  10 Aplikasi Pinjaman Online Syariah Yang Resmi di OJK

2. Sinai Weibo

Media sosial atau sosial media Weibo Pada tahun 2009, Sina Corp. Diluncurkan oleh Sina Weibo (新浪微博), adalah platform media sosial terbesar di Asia. Hingga Juni 2020, Weibo telah mencapai 523 juta pengguna aktif bulanan. Seperti campuran Facebook dan Twitter, Anda dapat mengunggah status hingga 2.000 karakter dan melihat topik yang sedang tren di Weibo.

Tiga tahun setelah diluncurkan, Weibo telah menjadi platform microblogging yang mencakup penggunaan gambar dan video. Bahkan, Weibo terus memperluas cakupan strategi bisnisnya. Weibo telah mengembangkan pusat permainan online untuk menarik generasi muda.

Sedangkan untuk versi di App Store, Weibo sudah tersedia dalam bahasa Inggris sejak 2017. Mayoritas pengguna utama Weibo adalah Generasi Z. Di Cina, Weibo sendiri adalah platform pemasaran yang efektif. Namun, Weibo juga dikritik karena menyensor penggunanya.

3. LINE

Media sosial atau sosial media LINE Dikembangkan oleh LINE Corp pada tahun 2011, LINE pada awalnya merupakan platform komunikasi untuk menanggapi bencana gempa bumi dan tsunami Tohoku. Pada akhir tahun 2015, LINE telah menjadi aplikasi media sosial terbesar di Jepang dengan 700 juta pengguna aktif bulanan.

Bertentangan dengan apa yang orang pikirkan, LINE bukan aplikasi Korea. Sama seperti WeChat, LINE memulai video dari aplikasi perpesanan dan panggilan suara, lalu menambahkan fitur baru. Fitur yang tersedia di Jepang antara lain:

  • LINE Pay sebagai dompet digital
  • LINE Today sebagai layanan membaca berita
  • LINE TV sebagai layanan video-on-demand
  • LINE Manga dan LINE Webtoon sebagai layanan membaca buku komik
  • LINE Taxi sebagai layanan ride-hailing untuk bersaing dengan Uber
  • LINE Wow sebagai layanan pesan-antar makanan untuk menyaingi UberEats
  • LINE Shopping sebagai layanan e-commerce
TRENDING :  Ini Trik Gunakan Whatsapp Web dan WhatsApp Business For PC

Dengan tampilan dan stiker yang lucu, LINE menarik minat pengguna muda. Di luar Jepang, LINE juga merupakan aplikasi terpopuler di Taiwan dan Thailand. Pada Maret 2021, LINE dimiliki oleh Z Holdings, anak perusahaan SoftBank Corp setelah merger dengan LINE Corp.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penghasil Gopay Selain MPL 2021

4. SNOW

Media sosial atau sosial media SNOW Dirilis oleh Camp Mobile (anak perusahaan Naver) pada tahun 2015, SNOW adalah aplikasi perpesanan dan multimedia dari Korea Selatan. Tidak main-main, SNOW telah menautkan grup BTS dan Twice untuk meluncurkan stiker!

Mirip dengan Snapchat, SNOW memungkinkan pengguna untuk mengambil foto atau video (5 menit) dan menambahkan berbagai 1.300 stiker dan 50 filter. Itu dapat disimpan sebagai GIF, gambar atau video yang dibagikan di SALJU akan hilang dalam 48 jam.

SALJU, foto paling “berwarna” di Asia Ini dianggap sebagai aplikasi berbagi af. Dengan hibah SoftBank (Jepang)

A Sequoia (Cina), SNOW memiliki tujuan pengembangan teknologi augmented reality (AR) dan pengenalan wajah.

5. Youku

Media sosial atau sosial media Youku Diluncurkan pada tahun 2006, Youku (优酷) adalah layanan video dari Alibaba Group Holding Limited. Namun, Youku adalah layanan yang mirip dengan YouTube dan Netflix. Youku memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan dengan 800 juta tampilan per hari!

TRENDING :  6 Aplikasi Edit Video TikTok Untuk Semua Merk HP

Awalnya, Alibaba melihat potensi Youku dan membelinya pada tahun 2015. Youku digunakan oleh Alibaba untuk memfasilitasi penjualan dan pemasarannya.

6. QZone

Media sosial atau sosial media QZone Bersamaan dengan WeChat, QZone (QQ空间) adalah platform media sosial yang diluncurkan oleh Tencent pada tahun 2005. Fitur yang ditawarkan QZone adalah status unggah dan pengiriman serta penerimaan gambar atau video. Bahkan, Anda dapat mendengarkan musik dari QZone! Aplikasi ini juga memiliki 800 juta pengguna aktif.

Dengan banyak pengguna aktif, QZone adalah platform yang baik untuk berbagi informasi dengan kolega dan penggemar. Tak jarang, pemasaran juga dilakukan melalui QZone. Namun dengan adanya aplikasi WeChat, popularitas QZone turun drastis.

Baca Juga : Mau Saldo Gopay Gratis? Begini Cara Dapetinnya