5 Tips Agar Klaim Asuransi Tidak Mungkin Ditolak

Sebagai aset, penting bagi Anda untuk mencegah mobil Anda tergores atau bahkan rusak. Namun, keausan atau kerusakan pada mobil Anda seringkali terjadi secara tidak terduga.

Ini bisa membuat Anda tidak nyaman atau kesal karena Anda harus menghabiskan banyak uang untuk memperbaikinya. Itulah mengapa asuransi mobil menjadi penting ketika Anda mengalami masalah dengan kendaraan Anda yang rusak.

Namun, klaim asuransi motor terkadang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan karena kemungkinan penolakan dari perusahaan asuransi sangat tinggi.

Berbagai alasan mungkin menjadi faktor yang menyebabkan klaim asuransi kendaraan Anda ditolak. Nah, di bawah ini IDN Times menjelaskan sederet tips klaim asuransi mobil yang dikutip dari Lifepal.

1. Hubungi perusahaan asuransi

Tips pertama sebelum mengajukan klaim asuransi mobil adalah menghubungi perusahaan asuransi mobil Anda.

Jika alasannya, Anda hanya dapat mengajukan klaim tersebut terhadap perusahaan yang memberikan perlindungan atau perlindungan terhadap kendaraan Anda.

Anda juga dapat menghubungi polisi jika kerusakan pada mobil lebih dari goresan pada bodi mobil atau jika dikatakan Anda mengalami kecelakaan.

Namun, satu hal yang pasti, perusahaan asuransi harus menjadi orang pertama yang harus Anda hubungi jika kendaraan Anda mengalami kerusakan.

TRENDING :  Cara Klaim Pengaduan Di Asuransi Mobil Garda Oto

2. Ambil foto kerusakan mobil

Tips kedua untuk kerusakan mobil adalah dengan memotret kerusakan kendaraan Anda.

Perusahaan asuransi sama sekali tidak menerima klaim Anda. Mereka membutuhkan bukti bahwa kerusakan pada mobil Anda itu nyata, bukan palsu atau palsu.

Cukup ambil foto bagian kendaraan yang rusak lalu kirimkan sebagai lampiran klaim asuransi mobil.

3. Isi formulir pengajuan permintaan

Tips selanjutnya adalah mengisi formulir aplikasi klaim dengan lengkap dan teliti. Ini wajib karena formulir adalah sesuatu yang penting saat membuat permintaan.

Formulir tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengharuskan Anda untuk menjelaskan kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan pada kendaraan Anda.

Untuk itu, Anda harus mengisi formulir tersebut dengan jelas, lengkap dan sesuai dengan peristiwa yang Anda alami.

Perusahaan asuransi menyukai formulir yang lengkap dan diisi dengan jelas, sehingga klaim asuransi mobil Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

4. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Tips pengajuan klaim asuransi mobil selanjutnya adalah melengkapi berbagai dokumen dari perusahaan asuransi yang menjadi persyaratan.

Beberapa dokumen tersebut biasanya berupa formulir klaim, fotokopi polis asuransi, fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM), surat keterangan nomor kendaraan alias STNK, dan surat keterangan dari kepolisian jika kendaraan Anda rusak. kecelakaan dan dokumen tanggung jawab pihak ketiga, jika ada.

5. Ceritakan kronologi kerusakan mobil yang jelas

Agar perusahaan asuransi dapat memenuhi klaim asuransi Anda, sebaiknya Anda melaporkan dan menjelaskan kronologis kerusakan kendaraan Anda secara rinci dan jelas.

TRENDING :  Asuransi Mobil AXA Mandiri, Perlindungan Terbaik Untuk Mobil Anda

Perusahaan asuransi akan sering menghubungi Anda sebagai pemilik kendaraan ketika merasa informasi yang Anda berikan di formulir tidak jelas.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memberi tahu perusahaan asuransi kronologi kerusakan kendaraan Anda secara jujur ​​dan apa adanya.

Itulah beberapa tips klaim asuransi mobil yang bisa Anda gunakan. Semoga berhasil, ya!