7 Masalah iPhone 12 yang Masih Ada di iPhone 13

Harapan untuk iPhone 13 cukup tinggi saat diluncurkan ke pasar musim gugur ini. Selain diharapkan menjadi produk Apple, iPhone 13 juga dikatakan lebih baik dari pendahulunya – iPhone 12. dari segi performa maupun kualitas kamera, iPhone 12 memang juara.

Tetapi seperti banyak ponsel andalan lainnya, iPhone 12 tidak sempurna dan memiliki sejumlah masalah atau kekurangan yang ingin diperbaiki oleh penerusnya. Berikut adalah 7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Diperbaiki Apple di iPhone 13.

1. Mendukung kecepatan refresh tinggi

Pelan tapi pasti, refresh rate yang tinggi sudah menjadi standar di banyak ponsel, terutama flagship. Sayangnya, meski kualitas layar iPhone 12 memukau, ponsel Oktober 2020 masih “hang” pada 60Hz – kecepatan refresh standar untuk sebagian besar ponsel saat ini.

Pesaing dengan sistem operasi yang berbeda seperti Samsung bahkan telah meluncurkan beberapa ponsel dengan refresh rate tinggi di pasaran, tidak hanya di lini flagship, tetapi juga di kelas menengah. Jika ingin tetap up to date dengan perkembangan industri smartphone, Apple setidaknya harus berani untuk nantinya menghadirkan refresh rate yang tinggi baik 90Hz atau 120Hz ke iPhone 13.

2. Perpanjang masa pakai baterai

Meskipun menawarkan internet berkecepatan tinggi, 5G memiliki satu kelemahan: menghabiskan baterai. Masalah muncul dengan iPhone 12, yang dinilai beberapa pengulas memiliki daya tahan baterai di bawah rata-rata.

Apple diharapkan untuk memperbaiki masalah ini pada iPhone 13 dengan lebih dari sekadar meningkatkan kapasitas baterai. Beberapa opsinya antara lain menggunakan layar dengan teknologi LTPO yang dikenal hemat daya, chipset A15 Bionic yang lebih hemat dari pendahulunya, dan modem Qualcomm X60 5G yang juga lebih hemat baterai.

3. Buat perubahan pada takik

Saat iPhone X dengan notch lebarnya diperkenalkan, banyak ponsel Android meniru konsep ini. Setelah sebagian besar ponsel Android pindah ke lubang yang lebih minimalis, Apple masih bertahan di notch yang lebar, termasuk iPhone 12.

Takik lebar memang bukan favorit banyak orang saat ini, sehingga penting bagi Apple untuk melakukan perubahan pada takik di iPhone 13. Penerapan lubang pukulan bisa terlalu banyak, jadi membuat lubang pukulan kurang lebar sudah lebih dari cukup.

4. Tambah kapasitas penyimpanan

Salah satu masalah yang membayangi iPhone 12 adalah kapasitas maksimalnya yang hanya 64GB. Ini relatif kecil, terutama untuk ponsel yang memorinya tidak dapat diperluas dengan kartu memori eksternal. Selain itu, ponsel lain di platform berikutnya bahkan telah menetapkan kapasitas minimum 128 GB.

Dengan laporan yang menunjukkan bahwa Apple akan menyertakan opsi penyimpanan 1TB dalam beberapa rasa (mungkin Pro dan Pro Max), kemungkinan varian Standar dan Mini akan mendapatkan peningkatan penyimpanan setidaknya 128GB.

5. Kamera lebih baik

Kamera iPhone 12 tidak buruk, dan bahkan termasuk dalam kategori sangat baik, tetapi beberapa pesaing Apple selalu selangkah lebih maju dalam hal-hal seperti sensor yang lebih besar, kemampuan zoom, dan AI yang lebih cerdas. Apple dapat memperbaiki kekurangan ini di iPhone 13 dengan beberapa cara.

Menurut laporan, Apple akan menggunakan lensa sudut ultra lebar enam elemen dalam versi Pro, peningkatan dari enam elemen di iPhone 12 Pro. Untuk fotografi telefoto, Apple juga dilaporkan menggunakan “lensa flip” untuk meningkatkan kemampuan zoom optik.

6. Peningkatan fungsi pengisian cepat

IPhone 12 sudah mendukung pengisian cepat, tetapi hanya 20W. Itu memang angka yang layak, tetapi tidak secepat 25W di Samsung Galaxy S21 atau 65W di OnePlus 9.

Dengan kecepatan pengisian cepat maksimum 20W, Apple harus meningkatkan ini untuk bersaing dengan merek lain. Sebagai merek yang terkenal dengan itu selalu menghadirkan produk premium ke pasaran, sedikit mengecewakan ketika Apple tidak membuat fitur iPhone 13 semewah mungkin, termasuk fast charging dengan kecepatan charging di atas pendahulunya.

7. Harga terjangkau

Apple bukanlah merek yang memiliki hubungan baik dengan kata “murah” dan iPhone 12 masih merupakan ponsel mahal bagi kebanyakan orang. Alasan banyak orang lebih memilih Android adalah karena selain banyak varian, ia juga memiliki titik harga yang lebih murah untuk spesifikasi dan fitur yang sama atau bahkan lebih baik.

Ini mungkin bukan kebiasaan Apple untuk menawarkan harga yang terjangkau, tetapi itu akan menjadi salah satu nilai plus setelah mereka memahami bahwa pasar yang lebih luas dapat dijangkau dengan mengeluarkan produk seperti iPhone 13 dengan harga lebih rendah atau lebih terjangkau dari iPhone12 itu.

Ini adalah ikhtisar dari beberapa masalah iPhone 12 yang perlu diperbaiki Apple di iPhone 13. Mengingat seri sebelumnya, Apple kemungkinan besar akan meluncurkan iPhone 13 pada bulan September. Bergairah?