6 Rekomendasi Game Detektif Cyberpunk yang Menantang Nalar

Cyberpunk 2077 benar-benar menarik perhatian kami dengan kampanye promosinya yang megah dan tampilan visual yang mewah. Tapi janji gameplay yang sangat imersif dan interaksi penuh terbukti terlewatkan. Meskipun sekarang telah diperbarui dengan DLC, itu akan memakan waktu untuk mencapai pemutaran maksimum. Untungnya, masih banyak game petualangan cyberpunk lain yang lebih memuaskan dari segi storytelling dan petualangan yang menantang akal. Berikut adalah 6 rekomendasi game detektif cyberpunk yang akan menguji penalaran Anda.

1 Observer

Dalam game Observer_, kita akan mengontrol Daniel Lazarski, seorang detektif Krakow dari unit polisi Observer. Daniel diberi implan yang disebut Dream Eater yang memberinya kemampuan untuk meretas implan otak orang lain untuk tujuan interogasi. Daniel juga dilengkapi dengan augmented vision yang terbagi menjadi Electromagnetic Vision, yang dapat memindai perangkat elektronik, dan Bio Vision, yang dapat memindai bukti biologis. Dengan itu ia mampu menganalisis dan menyoroti beberapa objek di lingkungannya. Dimainkan oleh Rutger Hauer yang berperan sebagai Roy Batty dalam film Blade Runner, Observer_ menawarkan pengalaman tidak hanya petualangan tetapi juga horor psikologis akibat suasana tegang dan ilusi digital mengerikan yang akan dialami Daniel Lazarski.

2. GameDec

Bertempat di kota Warsawa, Polandia, pada abad ke-22, Gamedec menempatkan kita pada posisi seorang detektif dalam gameplay isometrik 3D. Dalam game ini, kita akan berinteraksi di dunia nyata dan dunia game virtual yang juga bisa menjadi tempat terjadinya kejahatan seperti pembunuhan, perampokan bahkan bunuh diri secara paksa. Beralih antara dunia nyata dan dunia digital seperti film The Matrix, Gamedec menawarkan pengalaman rpg, petualangan, dan detektif yang lengkap dengan latar belakang dunia cyberpunk yang kompleks. Padahal, pilihan kita akan menentukan jalan cerita yang kita ambil dan ending yang kita dapatkan.

3. Celah

Sepintas Lacuna terlihat seperti game platform biasa, namun ternyata game ini merupakan game side scrolling point and click action. Lacuna mendorong kita untuk melatih keterampilan investigasi dan ketepatan yang tinggi. Meskipun kita diberi kebebasan bergerak, game ini sangat dikendalikan oleh cerita game ini dan dialog yang dirancang untuk menyempurnakan penalaran kita. Pada perubahan sekecil apa pun yang kita pilih, perkembangan dan akhir pasti akan berubah.

4. Mimpi silikon

Ingat model interogasi Voight-Kampf pada replika di Blade Runner? Di Silicon Dreams kita akan menjadi penyelidik yang menginterogasi android dan menentukan apakah mereka dilepaskan atau dihancurkan. Meskipun gameplaynya terkesan monoton, hanya terdiri dari sesi interogasi, pilihan yang bebas kita buat dan detail interogasi menjadi keunggulan game ini.

5. Manusia merkuri

Ingat Shadowrun versi SNES yang merupakan game petualangan aksi sebelumnya? The Mercury Man adalah penerus spiritual Shadowrun versi SNES. Ini menceritakan kisah Matthew Wind, seorang mantan perwira polisi yang harus berurusan dengan kasus kejahatan di pinggiran pekerjaannya sebagai sopir taksi. Meskipun tidak ada sistem party seperti Shadowrun, game ini menawarkan tingkat interaksi yang menyenangkan dan alur cerita yang menarik.

6. Perburuan dunia maya

Di Cyber ​​​​Manhunt kita akan bermain sebagai penyelidik kejahatan dunia maya. Bagi yang bertanya seperti apa settingan dalam game ini, jawabannya adalah settingan saat ini. Ya, mengingat kita telah melewati abad 21 yang dipenuhi dengan kemajuan digital yang signifikan, bisa dikatakan kita telah memasuki era cyberpunk dengan cybercrime yang ada. Pencurian identitas, penipuan e-commerce, dan bahkan peretasan akan kita temukan di sini dengan tampilan dunia internet saat ini, namun dalam setting negara fiktif dan parodi nama-nama situs web yang sering kita jumpai di dunia kita.

Itulah 6 tips game detektif cyberpunk yang bisa menantang pikiran kita untuk berpikir keras dalam memecahkan kasus dan mengungkap misteri. Game petualangan sama menyenangkannya dengan game aksi, bukan?