Cara Memperbaiki Kamera HP Error Tidak Bisa Digunakan

Cara Memperbaiki Kamera HP – Seperti yang kita tahu bahwa Kamera ini bagian yang sangat penting pada sebuah Smartphone. Jadi, jika kamera HP ini tidak bisa digunakan maka pengguna HP tersebut akan mencari tahu cara untuk mengatasinya.

Kamera HP yang tidak bisa digunakan ini bisa disebabkan karena Bug, serangan Virus atau bisa karena penyebab-penyebab lainnya. Bagi kalian yang mengalami masalah kamera HP yang tidak bisa digunakan, maka kalian harus mengetahui cara untuk mengatasinya.

Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan Aplikasi tambahan, melakukan restart atau bisa juga dengan cara-cara yang nanti akan dijelaskan dibawah ini. Daripada menunggu lama-lama, lebih baik langsung kalian simak saja ulasan berikut.

Peyebab Kamera HP Error Tidak Bisa Digunakan

Kamera yang tidak bisa digunakan dapat disebabkan karena beberapa hal, Apa sajakah penyebab-penyebab Kamera HP tidak bisa digunakan? Langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

  • Bug (Masalah) pada sistem, misalnya saat kalian gagal melakukan update.
  • Sistem yang tidak stabil, contohnya seperti banyak file sampah, RAM penuh dan lain sebagainya.
  • Efek Root, pengguna HP yang melakukan root pada HP android mereka terkadang bisa saja menyebabkan masalah pada HP seperti Error pada fungsi kamera.
  • Error pada aplikasi kamera, tak jarang jika Kamera bawaan HP pun bisa mengalami Error ataupun bermasalah.
  • Kerusakan pada komponen HP, jika beberapa faktor diatas tidak ada, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada komoponen HP kalian misalnya kerusakan pada IC, Chipset dan yang paling sering adalah kerusakan pada Kameranya.

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Kamera HP Error

Setelah mengetahui apa saja penyebab Kamere HP tidak bisa digunakan, maka sekarang kalian tinggal mengetahui cara mengatasi atau cara memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Kamera HP tidak bisa digunakan.

  1. Hapus Cache

Sama seperti aplikasi-aplikasi lain, Aplikasi Kamera juga menyimpan banyak cache seperti basis data, settingan dan history dari Kamera HP.

Untuk cara menghapus cache pada Aplikasi Kamera yaitu:

  • Silahkan Masuk ke menu Setting
  • Kemudian pilih App
  • Lalu kalian cari Kamera
  • Setelah itu kalian klik Clear Data
  1. Paksa Berhenti

Cara ini mungkin terkesan klasik, tapi nyatanya cara ini memang paling mudah dan cepat untuk mengatasi masalah tertentu yang terjadi pada HP Android, termasuk masalah Kamera ini.

Untuk caranya yaitu:

  • Kalian buka setting atau pengaturan
  • Lalu kalian pilih App
  • Kemudian kalian pilih Kamera
  • Jika sudah, kalian tekan saja Force Stop atau Paksa Berhenti
  1. Scan Antivirus

Salah satu faktor mengapa Aplikasi Kamera gagal berjalan adalah karena Virus yang telah menginfeksi perangkat kalian. Untuk mengatasinya, kalian tinggal mendownload Aplikasi antivirus terpercaya seperti Avast, AVG, 360 Security, dan Eset Mobile Security.

Setelah Download, maka kalian bisa langsung memindai perangkat kalian secara menyeluruh untuk membasmi infeksi Virus. Jika memang benar Error karena Virus, maka seharusnya cara ini akan membuat Kamera kembali normal.

  1. Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk menyiasati Kamera Error, kalian bisa menggunakan Aplikasi pihak ketiga yang juga berfungsi sebagai kamera pengganti, contohnya seperti Aplikasi Camera 360.

Setelah mengunduhnya, kalian bisa membuka Aplikasi tersebut. Jika sudah terhubung atau bisa untuk berfoto, maka kalian bisa mengetahui bahwa Aplikasi Kamera bawaan telah rusak. Kalian bisa menggunakan Aplikasi pihak ketiga tersebut sebagai pengganti Aplikasi kamera yang rusak.

  1. Reboot

Reboot juga cara klasik lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi Kamera HP Android yang tidak bisa digunakan. Selanjutnya kaian bisa melepas Micro SD, SIM Card, Baterai dan tunggulah sampai 1 menit agar HP Android tidak ada sumber daya.

Setelah itu, kalian bisa coba menghidupkannya kembali, dan silahkan kalian cek apakah Aplikasi Kamera sudah bisa berjalan dengan normal kembali atau belum.

  1. Factory Reset

Factory Reset bisa menjadi pilihan terakhir kalian untuk mengatasi Kamera HP yang tidak bisa digunakan. Dengan Factory Reset, kalian akan mengembalikan HP Android kalian ke pengaturan Pabrik atau pengaturan awal, termasuk Aplikasi Kamera.

Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan kalian Backup dulu data-data kalian yang penting, karena data-data tersebut akan hilang jika kalian melakukan Factory Reset.

Akhir Kata

Pembahasan diatas adalah cara cepat dan penanganan awal untuk memperbaiki kamera hp error dan tidak bisa digunakan. Apabila masih tidak bisa digunakan, sebaiknya segera bawa ke service center atau ke tempat service hp terpercaya.

Leave a Comment