Mengenal Kelebihan Domain CO.ID

Mengenal Kelebihan Domain CO.ID, Ekstensi untuk Para Pebisnis

Ekstensi domain CO.ID merupakan salah satu ekstensi domain paling populer di Indonesia selain domain .ID. Domain ini banyak digunakan oleh perusahaan swasta, pebisnis, atau brand yang memiliki target pasar di dalam negeri.

Selain terkenal sebagai ekstensi domain resmi untuk corporate, domain CO.ID belakangan juga banyak digunakan oleh startup atau bisnis rintisan yang berbasis teknologi seperti provider hosting. Lantas, apa alasan mereka memilih menggunakan ekstensi domain lokal CO.ID daripada nama domain lain?

Agar lebih jelas, yuk kita simak bersama-sama beberapa kelebihan domain CO.ID yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Kelebihan Domain CO.ID yang Perlu Diketahui

1.Punya Kredibilitas Tinggi

Tidak bisa dipungkiri lagi, ekstensi domain CO.ID punya kredibilitas tinggi di dalam maupun luar negeri. Berbagai perusahaan besar dari segala industri banyak yang menggunakan ekstensi domain ini untuk kebutuhan website mereka.

Salah satunya adalah OLX.co.id, sebuah platform iklan baris yang sangat populer karena mampu membantu jutaan pengguna yang ingin melakukan aktivitas jual-beli online.

Ketika kamu memilih menggunakan ekstensi domain .CO.ID, maka perusahaan atau brand kamu dijamin akan punya kredibilitas tinggi di mata calon pelanggan. 

2.Tidak Bisa Dibeli Oleh Semua Orang

Faktor ini bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya, dengan syarat wajib registrasi berupa SIUP/NPWP dan KTP maka hanya orang-orang yang serius dan kredibel saja yang bisa membeli.

Sementara itu, pembatasan ini juga membuat domain .CO.ID terlihat lebih eksklusif dan tidak pasaran.

3.Ekstensi Domain Khusus untuk Website Perusahaan

Sesuai penjelasan di paragraf sebelumnya, ekstensi domain .CO.ID sejatinya khusus ditujukan untuk perusahaan atau website bisnis yang sudah punya legalitas.

Jadi, ketika kamu memakai ekstensi domain ini maka website kamu akan dipandang dengan lebih baik serta mendapatkan apresiasi tersendiri. Faktor ini juga bisa menjadi poin lebih untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan yang ingin melakukan transaksi via website.

4.Pilihan Nama Domain Bagus Masih Berlimpah

Kelebihan berikutnya adalah pilihan nama domain yang masih berlimpah. Ya, kamu bisa memilih banyak nama domain sesuai selera karena masih sedikit yang memakai ekstensi ini. 

Kamu bisa memilih nama domain sesuai brand perusahaan ataupun mempertimbangkan keyword on domain agar lebih SEO Friendly. Uniknya, sampai sekarang masih banyak juga pilihan nama domain 3-5 karakter yang belum diambil orang. Jadi, jika kamu tertarik, kamu bisa memborong nama domain tersebut untuk investasi.

5.Harga Bersaing

Bicara soal harga, banderol yang disematkan untuk ekstensi domain CO.ID memang bukan yang paling murah. Kendati demikian, harga tersebut masih masuk akal untuk hitungan per tahun. Terlebih jika dibandingkan dengan benefit serta kebebasan yang bisa didapatkan dengan memakai ekstensi ini. 

Perlu diketahui, pilihan ekstensi domain Indonesia paling murah sendiri adalah MY.ID dengan biaya Rp15 ribu per tahun. Kemudian ada juga ekstensi WEB.ID dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda, dan yang paling laris ada domain .ID.

Kamu bisa memilih berbagai ekstensi di atas sesuai selera dan kebutuhan. Namun jika saat ini kamu berencana membuat website perusahaan sebagai aset jangka panjang, sebaiknya memilih domain CO.ID yang jauh lebih elegan, populer, serta kredibel di mata pelanggan.

6.Identitas Bisnis di Indonesia

Setiap orang pasti punya kebanggan atas tanah kelahirannya, tidak terkecuali para pebisnis lokal. Nah, kamu juga bisa menunjukkan kebanggan akan Indonesia dengan menggunakan ekstensi domain .CO.ID sebagai website bisnis.

Bagi pelanggan yang baru pertama kali menemukan website kamu di Google, mereka akan langsung berpikir bahwa website tersebut merupakan aset bisnis yang dikelola secara serius. Sehingga ketika ingin melakukan transaksi jasa atau barang, mereka jadi lebih yakin dengan kredibilitas usaha kamu.

7.Lebih SEO Friendly

Terakhir, dengan menggunakan ekstensi .CO.ID kamu akan mendapatkan benefit berupa authority lebih di algoritma Google Local SEO. Hal ini memang masih menjadi perdebatan, tapi kamu bisa membuktikannya sendiri dengan coba membangun website Indonesia dengan ekstensi lokal CO.ID serta satu lagi website dengan ekstensi generik seperti .com dan .net.

Algoritma Google Local SEO sendiri salah satunya hadir untuk memberikan pengalaman lebih baik kepada para pengguna Google. Mereka ingin hasil penelusuran yang ditampilkan berdasarkan data lokasi mereka berada. 

Sebagai contoh, misalnya ketika kamu Googling Hotel Murah ketika berada di Yogyakarta, maka hasil penelusuran akan menunjukkan rekomendasi hotel murah di sekitar kota Yogyakarta. 

Sementara ketika kamu Googling di Singapura, maka hasil yang akan didapatkan yakni hotel murah di Singapura.

Itulah beberapa kelebihan domain CO.ID yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga informasi dari teknowarta di atas bermanfaat ya, sampai jumpa!

Check Also

Mengatasi RDP Error Yang Tidak Terhubung Ke Komputer

Mengatasi RDP Error Yang Tidak Terhubung Ke Komputer

Mengatasi RDP Error Yang Tidak Terhubung Ke Komputer – Koneksi Remote Desktop merupakan cara yang …