4 Tips Memilih VPS bagi Website Private Bisnis agar Lebih Optimal!

4 Tips Memilih VPS bagi Website Private Bisnis agar Lebih Optimal!

Sebagai tips memilih VPS agar lebih optimal, kamu harus memertimbangkan beberapa faktor dalam pemilihannya. Bahkan, untuk ukuran website private kamu bisa saja sewa hosting dengan akses tinggi dan VPS server yang mumpuni. Namun, tentunya kamu harus mempertimbangkan beberapa faktor lainnya juga, ya.

Apa Itu VPS?

Virtual Private Server atau VPS adalah sebuah server yang berfungsi menyimpan data serta file dalam sebuah website

Biasanya, tips memilih VPS sangat penting bagi website yang memerlukan sumber daya media penyimpanan dengan skala besar. Selain itu, karena penggunanya, maka kamu tidak perlu lagi berbagi sumber media penyimpanan dengan situs web lain seperti halnya jika kamu menggunakan shared hosting.

Cara Kerja VPS

Secara garis besar, cara kerja dari teknologi ini berperan membagi server dalam website private menjadi beberapa sumber media penyimpanan. Selain itu, sumber media ini nantinya akan meningkatkan performa situs web menjadi lebih maksimal karena mempunyai server tersendiri. 

Gambaran luasnya adalah, Virtual Private Server bekerja sebagai server independen, yang berfungsi menyimpan dan mengelola media dalam sebuah situs website. Jadi, server ini memiliki cara kerja yang mandiri dengan sistem satu server pusat. 

Atas dasar ini lah mengapa pentingnya tips memilih VPS yang benar agar optimasi server tersebut menjadi lebih cepat daya aksesnya dan optimal dari segi media penyimpanannya. 

Terlebih lagi, mengetahui tips memilih layanan ini sangat penting bagi kamu yang hendak membuat sebuah website untuk keperluan bisnis dengan skala besar.

Alasan Website Bisnis Harus Memakai VPS

Setelah mengetahui tentang apa itu VPS, berikut adalah beberapa alasan mengapa website bisnis harus menggunakan Virtual Private Server.

1. Pengelolaan Website Jadi Lebih Mudah

Alasan pertama mengapa website bisnis harus menggunakan Virtual Private Server adalah sebagai sumber server dalam website bisnis tersebut. Selain itu, pusat server ini akan mengurus seluruh media pengelolaan bisnis dalam website agar menjadi lebih optimal. 

Hal ini tidak terlepas dari cara kerja teknologi ini sendiri yang bekerja secara independen dalam menaungi website bisnis yang kamu kelola secara keseluruhan. Selain itu, dengan menggunakan Virtual Private Server, maka kamu juga bisa mengelola konten dalam website bisnis tersebut menjadi lebih terstruktur.

2. Akses Website Bisnis Jadi Lebih Optimal

Selanjutnya, manfaat mengetahui tips memilih VPS yang benar adalah untuk mengoptimalkan kecepatan akses dari situs web tersebut. Virtual Private Server akan mengoptimalkan kecepatan akses karena sifatnya yang independen. 

Dengan Virtual Private Server, kamu akan mendapatkan akses sendiri untuk mengelola situs website.

Jadi, dari segi jalur akses, server ini tidak akan membagi jalur aksesnya kepada situs web lain. Hasilnya, tentu saja kecepatan akses bagi website yang kamu kelola menjadi lebih cepat dan stabil. 

Selain itu, hal ini juga tentu bermanfaat bagi peningkatan omset penjualan. Terlebih lagi, bagi kamu yang memanfaatkan situs website bisnis yang terintegrasi dengan fitur pembelian online dalam website bisnis tersebut.

3. Manajemen Media Penyimpanan 

Manfaat terakhir jika kamu mengetahui tips memilih VPS yang benar bagi website private bisnis adalah sebagai media penyimpanan berskala besar. Artinya, situs website kamu mempunyai sebuah cloud sistem sendiri yang tidak dapat terakses oleh pihak manapun. 

Hal ini sangat bermanfaat bagi pembuatan konten website. Terutama, untuk jenis konten video yang memerlukan media penyimpanan dalam jumlah besar.

Tips Memilih VPS bagi Website Bisnis

Setelah mengetahui alasan mengapa website bisnis harus menggunakan Virtual Private Server, berikut adalah pertimbangan dalam pemilihan VPS yang benar bagi website bisnis.

1. Kapasitas Bandwidth

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan teknologi ini adalah memperhatikan kapasitas bandwith dari Virtual Private Server tersebut. Pastikan kamu mencermati tarif bulanan dari Virtual Private Server tertentu untuk mencegah tagihan kelebihan bandwidth yang bisa saja terjadi.

2. Sesuaikan dengan Penggunaan Website

Tips memilih VPS yang kedua adalah mempertimbangkan pembelian paket Virtual Private Server tersebut sesuai dengan penggunaannya bagi website. Hal ini bertujuan agar pemilihan paket Virtual Private Server  tersebut sesuai dengan tujuan dari pengelolaan situs website kamu. 

Selain itu, pertimbangkan juga budget yang kamu miliki dan platform penyedia layanan Virtual Private Server tersebut.

3. RAM dan CPU Perangkat

Faktor teknis lain yang harus kamu perhatikan dalam memilih Virtual Private Server adalah pertimbangkan juga kapasitas RAM dan CPU perangkat komputer yang kamu gunakan. Mengapa demikian?

Hal ini bertujuan agar komputer tetap optimal ketika harus mengakses Virtual Private Server  yang membutuhkan kapasitas RAM besar.

4. Managed atau Unmanaged

Ini adalah poin paling penting dalam tips memilih VPS. Apalagi jika kamu tidak paham tentang konfigurasi yang terdapat dalam Virtual Private Server tersebut. 

Biasanya, penyedia layanan hosting akan menawarkan dua jenis pilihan, yaitu unmanaged dan managed. Sebaiknya, pilihlah yang jenis paket managed. Dengan memilih jenis paket ini, maka kamu tidak repot-repot melakukan setelan konfigurasi. 

Selain itu, nantinya semua setelan konfigurasi Virtual Private Server akan secara otomatis terkonfigurasi oleh setelan asli dari pihak layanan hosting tersebut.

Pastikan Websitemu Bisnis Menggunakan VPS!

Nah, itu dia pengertian tentang apa itu VPS, manfaatnya bagi website private bisnis, beserta beberapa tips memilih VPS. Secara garis besar, situs website jenis apapun sangat perlu untuk menggunakan Virtual Private Server agar akses dan kinerjanya semakin optimal.

Check Also

Cara Cek HP Infinix Ada Kerusakan Atau Tidak

Cara Cek HP Infinix Ada Kerusakan Atau Tidak

Cara Cek HP Infinix Ada Kerusakan Atau Tidak bisa dilakukan dengan menggunakan kode rahasia. Kode …