Cara Mengatasi Nomor Hp di Hack
Image by Thomas Breher from Pixabay

Cara Mengatasi Nomor Hp di Hack

Cara Mengatasi Nomor Hp di Hack – Jika kalian pengguna Smartphone, tentu kalian punya yang namanya nomor telepon. Nomor telepon ini mempunyai fungsi untuk menerima dan melakukan panggilan maupun untuk mengirim atau menerima pesan teks.

Nomor telepon ini tentunya dibutuhkan oleh para pengguna HP, entah itu yang baru membeli atau yang sudah lama menggunakan HP semuanya membutuhkan nomor telepon. Nomor telepon sendiri dikemas dalam bentuk Kartu SIM.

Dikarenakan pentingnya peran nomor telepon ini dalam kehidupan saat ini maka kita harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Tak hanya untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan saja, nomor telepon juga kadang dijadikan untuk mengkonfirmasikan sebuah Password atau kata sandi pada suatu aplikasi tertentu misalnya. Metode ini dipastikan aman karena hanya pemilik nomornya saja yang bisa untuk menerima kode OTP tersebut.

5 Cara Mengatasi Nomor Hp di Hack

Dijaman yang sudah maju seperti sekarang ini, kebanyakan orang menyimpan data pribadi mereka pada Smartphone atau HP mereka. Data pribadi tersebut langusng terhubung ke Internet dan sebagian disimpan juga pada kartu SIM.

Nama, alamat, foto, dan juga nomor telepon hanyalah sebagian kecil dari data yang disimpan ke kartu SIM. Jika ada suatu oknum yang bisa meretas dan menyusup ke perangkat kalian, maka oknum tersebut akan bisa mengakses semua data yang telah kalian simpan.

Jadi, kita harus melindungi kartu SIM kita dari pencurian. Lalu bagaimanakah cara untuk melindunginya? Penasaran dengan caranya? Langsung saja kalian simak caranya berikut.

  1. Melindungi Perangkat

Bagi para oknum peretas, cara yang paling mudah untuk meretas yaitu dengan mendapatkan perangkat itu sendiri. Jadi, jika ada orang yang tidak dikenal ingin meminjam perangkat pribadi kalian, maka sebaiknya kalian tolak saja.

Trending :  Aplikasi Hacker Paling Populer Untuk Peretasan

Jika kalian kehilangan perangkat kalian, maka segeralah menghubungi ke penyedia layanan untuk penangguhan sementara. Kalian juga jangan lupa untuk melindungi perangkat kalian dengan password atau kata sandi yang kuat guna menjaga keamaan perangkat dan data pribadi kalian.

  1. Jangan Berbagi Informasi di Media Sosial

Saat ini, hampir seluruh orang yang ada didunia ini memiliki media sosial entah itu dari platform manapun. Media sosial sendiri merupakan sebuah magnet tersendiri bagi para pengguna Smartphone.

Tujuan mereka menggunakan media sosial biasanya untuk berhubungan dengan teman, keluarga ataupun hanya untuk memamerkan kehidupan sosial saja.

Oknum peretas akan mengawasi serta mempelajari seluruh sejarah media sosial milik kalian untuk mencari informasi. Dengan informasi tersebut, maka mereka bisa menggunakannya untuk mencuri identitas kalian.

Oknum peretas akan berusaha untuk memahami kepribadian kalian dan menggunakan informasi tersebut untuk meretas kartu SIM. Nantinya, peretas ini akan coba untuk menipu penyedia layanan untuk meminta kartu SIM baru dengan berpura-pura menjadi sang pemilik kartu SIM.

Jika peretas tersebut berhasil, maka secara otomatis peretas tersebut akan mendapatkan kartu SIM dengan nomor yang kalian miliki dan dia juga akan menerima semua teks atau panggilan yang ditujukan kepada kalian. Dengan adanya kartu SIM tersebut, maka peretas tersebut bisa menggunakannya untuk meretas bank, email dan juga merubah password atau kata sandi.

  1. Menghindari Wi-Fi Publik

Umumnya koneksi internet atau WiFi yang disediakan oleh tempat tertentu itu sulit bagi kita untuk menggunakannya. Tapi kalian juga harus menyadari bahwa bisa saja terjadi suatu kejahatan atau serangan cyber pada tempat tersebut.

Serangan yang dimaksud merupakan serangan yang menuju ke data-data yang ada pada Smartphone kalian yang telah terhubung dengan WiFi yang ada di suatu tempat tersebut. Umumnya, peretas akan menargetkan tempat-tempat umum seperti kedai kopi, mall, dan tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis.

Trending :  Aplikasi Hacker Paling Populer Untuk Peretasan

WiFi publik seperti inilah yang umumnya rentan diretas karena tingkat keamanan internetnya yang buruk. Tetapi jika kalian memang terpaksa untuk menggunakan WiFi publik maka pastikan bahwa saat kalian menggunakannya kalian matikan Bluetooth nirkabel dan juga tidak menggunakan layanan VPN.

  1. Gunakan Otentikasi Dua Faktor

Jika kalian ingin melindungi kartu SIM dari oknum peretas, ad acara lainnya yang bisa kalian gunakan. Cara tersebut yaitu dengan menggunakan mode otentikasi dua faktor (2FA).

Untuk aplikasi yang bisa kalian gunakan adalah Google Authentication. Jika menggunakan aplikasi ini,  maka otentikasi akan dikaitkan ke perangkat pengguna saja. Tentunya hal ini akan membuat kartu SIM jadi lebih aman karena nomor telepon kalian tidaklah terhubung.

  1. Mengatur PIN Kartu SIM

Untuk membuat kartu SIM lebih aman, kalian bisa juga mengatur beberapa perlindugan pada kartu SIM yakni dengan cara menambahkan kode PIN. Dengan menambahkan kode PIN, maka peretas harus memasukan kode PIN terlebih dahulu jika mereka ingin melakukan perubahan data pada kartu SIM kalian. Jika kalian tidak tahu cara untuk menambahkan kode PIN untuk kartu SIM, berikut ini caranya:

  • Android

Buka Pengaturan>Kunci layar dan keamanan>Pengaturan keamanan lainnya>Siapkan kunci kartu SIM.

  • iPhone

Buka Pengaturan>Seluler>PIN SIM.

  • iPad

Buka Pengaturan>Data seluler>PIN SIM.

Akhir Kata

Kemajuan teknologi yang sangat pesat memang bagaikan mata pisau, jika digunakan untuk kebaikan pasti akan bermanfaat untuk banyak orang. Namun jika di tangan yang salah, dapat menjadi alat kejahatan yang dapat merugikan orang lain.

Tak hanya No Hp saja yang dapat di hack, bahkan saat ini banyak juga aplikasi yang dapat menyadap. Untuk itu selalu berhati – hati dan bijak dalam menggunakan teknologi. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Trending :  Aplikasi Hacker Paling Populer Untuk Peretasan

Check Also

Cara Download Video Di Wetv

Cara Download Video Di Wetv

Cara Download Video Di Wetv – Pesatnya perkembangan dunia perfilm di Indonesia menjadi dongkrak untuk munculnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.