Memperbaiki TV Tabung Mati total

Memperbaiki TV Tabung Mati total

Memperbaiki TV Tabung Mati total – Memperbaiki TV tabung yang mati total sebenarnya mudah untuk dilakukan terutama orang yang memiliki keterampilan dasar ilmu elektronik. Walapun kenyataannya tidak semua orang bisa memperbaiki TV yang mati total. Tetapi untuk kerusakan yang sederhana, orang awam pasti bisa memperbaiki dengan bantuan video tutorial yang ada di internet.

Dalam memperbaiki TV yang rusak yang wajib diketahui yaitu mengetahui gejalanya. Terdapat 2 kasus yang menyebabkan TV mati total yaitu:

TV mati total tetapi lampu indikator masih menyala dan ketika dinyalakan tidak bisa melakukan start. Kasus Ini sering disebut juga dengan TV standby, dan bukan mati total. Masalah ini mungkin sebabkan oleh blok output power suplay.

TV mati total lampu led tidak menyala. Parahnya gejala ini juga bersamaan dengan MCB listrik jegleg. Jika sudah seperti itu berarti kerusakan pada TV sangat parah. Tetapi memungkinkan untuk diperbaiki. Justru masalah ini lebih mudah diatasi kerena di pastikan 70% kerusakan ada di area primer power suplay.

Kedua kerusakan tersebut jelas penyebab dan penanganannya berbeda. Karena itu dibutuhkan pemahamam lebih lanjur tentang gejala dan cara mengatasinya.

Di artikel ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Memperbaiki TV Mati total. Dan bukan TV yang mengalami kerusakan stand by karena itu terlalu luas. Langsung saja walapun tidak secara tuntas berikut cara Memperbaiki TV Mati total.

Cara Memperbaiki TV Mati Total

1) Kabel AC 220V

Kabel ini mungkin sepele tetapi kadang juga bisa terjadi, karena kabel ini menjadi jalan masuk atau tidak listrik ke mesin TV. Terputusnya kabel ini mungkin karena digigit tikus atau kabel mempunyai kualitas yang rendah. Dan membuatnya tidak kuat menahan arus listrik dalam waktu yang lama. Jika diamati secara fisik akan ditemukan kabel yang bagian kulit luar meleleh. Dan pada streker ada bekas terbakar, ini tersebut harus dicurigai.

Trending :  Kode Remote TV Plasma Beserta Cara Settingnya

Jika tidak ditemukan tanda secara fisik bisa langsung gunakan multitester untuk mengetahui arus sudah masuk ke power suplay.

Gunakan volt meter AC max 1000V kemudian diarahkan ke jalur kabel yang sebelum dioda. Kamu bisa langsung mengukur arus DC menggunakan volt meter DC max 1000v.

Jika tidak, cabut dari streker kemudian periksa apakah jack AC sudah tersambung ke perangkat dalam kondisi tanpa ada tegangan. Jangan hubungkan dulu ke striker kektika memeriksa kabel streker. Yang harus diperhatikan yaitu kabel input pada jak AC 220 Volt pastikan tidak putus, caranya dengan menggunakan Ohm Meter.

2) Saklar

Memastikan saklar dalam keadaan baik. Periksa menggunakan Ohm meter sama seperti yang dilakukan ke kabel streker. Tetapi bagian saklar bisa dilewati saja jika tegangan sudah sampai di power suplay.

Gejala yang bisa dicurigai ketika terjadi kerusakan pada saklar yaitu TV ketika dinyalaka harus di pencet beberapa kali supaya bisa menyala. Atau metahannya menggunakan sesuatu supaya saklar bisa berfungsi. Sampai akhirnya sakalar sudah tidak bisa berfungsi yang membuat TV tidak bisa dinyalakan.

3) Fuse

Jika sudah memeriksa saklar dan streker keadaannya baik baik saja, coba periksa fuse pada bagian regulator. Jika fuse putus terdapat 2 kemungkinan, pertama fuse putus karena tidak kuat menahan arus, kedua terjadi short pada sirkuit rangkaian TV.

Supaya memastikan kerusakan yang terjadi coba ganti fuse dengan lampu dop 100 watt. Setelah itu akan terlihat apakah hanya skrip putus atau adanya gejala lain. Jika lampu dop menyala terang berarti ada kerusakan serius di rangkaian power suplay atau pada bagian outputnya

4) Posistor

Posistor bekerja di bagian degaussing yang fungsinya sebagai penangkal medan magnet yang ada disekiar tabung CRT. Posistor juga bisa mengakibatkan TV mati, karena itu jika komponen ini mengalami short. Akan mengakibatkan MCB jeglek yang membuat TV tidak bisa menyala.

Trending :  Receiver Parabola Yang Bagus Merk Apa

Sebelum TV mati biasanya ditandai dengan munculnya pelangi di layar TV setelah itu posistor akan rusak dengan sendirinya. Pada beberapa kasus ketika TV dinyalakan posistor memercikkanapi didalam komponen posistor.

5) Dioda primer

Ketika sedang memperbaiki TV yang mati total, dan coba dihidupkanMCB rumah anjlok. Menurut pengalaman saya, jika dipaksakan terus menerus akan menyebabkan kerusakan dan matinya komponen yang tidak bisa ditoleransi serta hancurnya regulator. Salah satu penyebabnya yaitu dioda bridge ada yang mengalami short. Jadi jika menemukan TV dengan gejala ketika dinyalakan MCB jeglek, periksa dulu dioda bridge.

MCB yang jeglek itu menandakan terjadinya konsleting pada mesin TV, terutama di bagian blok primer power suplay. Ini juga bisa dideteksi dengan memakai lampu dop.

6) Elco primer 450 volt

Terdapat 2 jenis kerusakan pada elco yaitu elco yang mengalami short. Dan elco kering yang membuat power suplay tidak berkerja dengan benar, akibatnya TV tidak bisa menyala.

Kerusakan ini bisa diperiksa pada TV dengan gejala MCB anjlok atau putusnya fuse. Elco ini mempunyai ukuran antara 150 uf sampau 470 uf 450V. Jika elco normal, bisa menyimpan tegangan yang tinggi jika transistor atau STR tidak bisa bekerja.

7) Transistor atau STR

Jika menemukan TV rusak dengan gejala ketika dinyalakan MCB anjlog, pertamacabut STR atau transistor yang fungsinya sebagai pembangkit. Ini juga bisa dilakukan pertama kali sebelum memeriksa dioda. Sehingga mengharuskan memahami pembangkit listrik yang digunakan apakah transistor/FET atau STR. Keduan juga mempunyai perbedaan yang jelas baik pada sistemnya atau fisiknya.

Membedakan antara STR dan transistor sangat mudah, transistor mempunyai kaki 3 sedangkan pada STR mempunyai kaki 6.

Trending :  Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah

Tetapi komponen yang mempunyai 3 kaki belum tentu itu transistor karena beberapa TV menggunakan FET. Transistor sering kali digunakan di TV China, dan FET sering digunakan pada TV Polytron. Contoh FET yang sering digunakan pada TV Polytron yaitu tipe CRT slim atau cembung di seri 7N65C dan FS7UM.

Sedangkan STR sering digunakan TV LG, SHARP, contohnya STR W6753, W6754, dan W5453A.

8) C945

Jika transistor ini rusak akan membuat bagian penguat utama tidak bisa bekerja atau juga ukut ikut rusak. Karena itu jika menemukan gejala kerusakan damper regulator power suplay periksa juga transistor pendukung baik C945 atau C1815, dan A1015. Setiap merk TV ada kemungkinan mempunyai transistor pendukung yang berbeda beda.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Memperbaiki TV Tabung Mati total. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published.