Cara mengukur Transistor Regulator TV

Cara mengukur Transistor Regulator TV

Cara mengukur Transistor Regulator TV – Sebenarnya artikel kali ini diperuntukan kepada kamu yang masih mempelajari dunia pertelevisian. Dimana mungkin kamu masih mengalami sedikit kesulitan untuk mengukut transistor regulator TV. Baik mengukur transistor regulator secara Open (Tidak Terhubung Dengan Komponen lain). Atau mengukur transistor regulator yang masih terpasang di bord PCB TV.

Mengukur transistor regulator TV sebenarnya caranya sama seprti mengukur transistor horizontal. hanya saja terdapat beberapa perbedaan pada transistor horizontal yang mempunyai “Built in” pada emitor-basis dan emitor-colector.

Sebelum mengetahui cara untuk mengukur transistor regulator TV, kami akan membahas sedikit tentang yang dimaksud dengan transistor. Transistor merupakan sebuah perangkat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, modulasi sinyal, pensetabil tegangan, sweitching atau penyambung dan pemutus pada rangkaian.

Transistor bisa diibaratkan sebagai keran listrik, yang didasarkan pada arus input (BJT) atau tegangan masuk (FET). Yang memungkinkan arus listrik mengalir pada sebuah rangkaian dari sumber listrik

Umumnya transistor mempunyai 3 terminal, yaitu Base (B), Collector (C) dan Emitter (E). Tegangan dari terminal contohnya Emitter bisa dipakai untuk mengatur arus dan tegangan lebih besar dari arus input Base. Yaitu tegangan output dan output arus.

Transistor merupakan komponen yang sangat penting didalam dunia elektronika. Didalam rangkaian sirkuit analog, transistor dipakai sebagai penguat (Amplifier). Pada sirkuit analog meliputi speaker, stabilisator, dan amplifier sinyal radio. Sedangkan pada rangkaian digital transistor dipakai untuk saklar berkecepatan tinggi. Beberapa transistor juga bisa difungsikan sebagai logic gate, memori dan lain lain, dengan syarat dirangkai sesuai dengan fungsinya.

Cara mengukur Transistor Regulator TV

Kembali lagi ketopik cara untuk mengukur transistor Reguler TV. silahkan simak langkah langkah dibawah, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengukur transistor lain.

Trending :  Kode Remote TV Plasma Beserta Cara Settingnya

1) Pertama (Memakai skala multi tester Ohm x1)

  • Siapkan multitester analog dan transistor regulator TV.
  • Tempel probe hitam di bagian kiri (Basis) transistor regulator
  • Probe merah di bagian tengah (Kolektor) kaki transistor regulator, kemudian jarum multitester akan bergerak ke kanan sampai sekitar setengah.
  • Kemudian pindahkan probe merah ke kanan transistor regulator (Emitor), probe hitam tetap di Basis transistor regulator, jarum akan bergerak kekanan sampai setengah.
  • Jika jarum bergerak sampai ditengah, menandakan transistor regulator dalam kondisi baik. Jika jarum menunjukan ke kanan mentok, berarti transistor mengalami kerusakan.

2) Kedua (Memakai skala multi tester Ohm x1)

  • Tempel probe hitam ke kaki Emitor.
  • Tempel probe merah secara bergantian pada kaki Basis dan Kolektor, jika bergerak berarti transistor mengalami kerusakan.

3) Ketiga (Memakai skala multi tester Ohm x1)

  • Tempelkan probe hitam di kaki Kolektor transistor regulator.
  • Tempel probe merah secara bergantian di kaki Basis dan Emitor, jika jarum bergerak berarti transistor mengalami kerusakan.

4) Cara ke empat (Memakai skala multi tester Ohm x10k)

Lakukan pengukuran seoerti yang dilakukan di cara dua dan tiga, perbedaan hanya pada skala multitester ohm yang ada di posisi 10k.

5) Mengukur Transistor Regulator TV yang masih terpasang di board TV

Tips ini merupakan cara tercepat untuk mengukur transistor tanpa harus lepasnya dari PCB. Posisi skala multitester di Ohm x1, tempelkan probe hitam pada Kolektor transistor. Probe merah di tempelkan secara bergantian di kaki Basis dan Emitor. Jika jarum menyimpang ke kanan berarti transistor regulator mengalami kerusakan.

Cara mengatasi transistor regulator TV china jebol terus

Kerusakan yang terjadi pada TV tabung merk China memang sangat banyak dan beragam, salah satunya yaitu transistor regulator jebol terus. Kebanyakan transistor regulator yang dipakai pada mesin TV China adalah D2498, C3807, C1015. Jika kita menalakan TV dan MCB turun atau jeglek terus, kerusakan seperti ini pada transistor regulator yang mengalami kerusakan.

Trending :  Kode Remot TV Votre Beserta Cara Settingnya

Transistor regulator yang jebol terus pada TV China ini banyak sekali penyebabnya, bisa saja dari komponen pengganti yang KW atau masih ada komponen lain yang mengalami kerusakan. Tetapi supaya lebih jelas akan kami bagikan beberapa penyebab transistor regulator jebol terus.

Penyebab transistor regulator di TV china jebol terus

Berikut beberapa penyebab kerusakan pada transistor regulator di TV China jebol terus.

  • Pengganti transiator regulator tidak original alias KW.
  • Ketika penggantian transistor regulator memakai persamaannya, sehingga tidak memakai tipe transistor regulator bawaan mesin TV.
  • Persamaan transistor regulator sebagai pengganti ternyata speknya dibawah transistor regulator yang asli dari mesin TV.
  • Masih ada komponen lain yang rusak pada blok rangkaian regulator TV, contohnya seperti seperti kapasitor C516 yang mempunyai ukuran 680pf 2kv, transistor C3807 C1815, dan resistor 68 ohm.

Penyebab terjadinya transistor regulator jebol terus memang banyak disebabkan karena masih adanya komponen lain yang rusak. Karena itu ketika melakukan perbaikan pada area regulator pada mesin TV setelah mengganti transistor regulator periksa lagi dan pastikan komponen pendukung yang lain tidak mengalami kerusakan.

Persamaan Transistor Regulator TV

Jika kamu masih bingung atau tidak tahu persamaan pada transistor regulator TV berikut Persamaan Transistor Regulator TV. Yang bisa menjadi rujukan kamu jika kamu tidak menemukan transistor regulator yang tipe nya sama.

Berikut ini persamaan transistor regulator TV yang bisa sobat gunakan untuk mengganti transistor regulator TV yang rusak :

  1. D 4429
  2. D 1545
  3. D 1885
  4. D 1710
  5. D 2334
  6. D 1403
  7. D 1886
  8. D 2498
  9. C 5387
  10. C 5802
  11. C 4468
  12. C 5297
  13. ST 1802 HI “Morocco”
  14. ST 8812 FX
  15. 1802 FX
  16. 1884
  17. BUZ 91 A
  18. K 2082

Kesimpulan

Jadi transistor merupakan komponen penting pada sebuah barang elektronik. Cara untuk mengukur transistor regulator ada 2 yaitu yang masih menempel di pada bord PCB mesin TV dan secara open. 5 cara yang kami sebutkan diatas bisa kamu coba untuk mengetahui apakah transistor regulator dalam kondisi baik.

Trending :  Cara Mengembalikan Channel TV Yang Hilang

Untuk mengasati transistor regulator yang terus jebol kita harus menetahui penyebabnya terlebih dahulu supaya mudah penanganannya. Jika kamu ingin mengganti transistor regulator tetapi tidak ada yang tipenya sama pakai persamaan transistor regulator yang akan kamu ganti.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara mengukur Transistor Regulator TV. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published.