Cara Mengunduh dan Menggunakan Google Meet di Laptop dan Ponsel

Mengunduh dan Menggunakan Google Meet di Laptop dan Ponsel Cerdas

Cara Download dan Menggunakan Google Meet di Laptop dan Smartphone – Dampak merebaknya pandemi corona mengakibatkan sebagian besar acara digelar secara online. Untuk mendukung hal tersebut, aplikasi yang berkembang pesat dan banyak digunakan adalah Google Meet. Ini adalah layanan pertemuan online yang tersedia secara gratis.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk berbagai keperluan, seperti pertemuan dengan pelanggan, staf, atau belajar mengajar secara online (online), baik melalui smartphone atau laptop.

Cara Mengunduh Google Meet dari Ponsel Cerdas

Di smartphone, Anda dapat dengan mudah menemukan layanan rapat online ini di Google Play Store. Pertama, unduh aplikasinya dengan membuka Google Play Store, ketik Google Meet di kolom pencarian, lalu klik kolom “instal”. Anda sudah dapat menggunakan aplikasi ini ketika proses instalasi selesai.

Cara Mengunduh Google Meet dari Laptop

Untuk dapat menggunakan Google Meet di laptop, Anda tidak akan menemukan tautan untuk mengunduh aplikasi ini melalui browser laptop. Untuk itu, Anda harus terlebih dahulu menginstal emulator untuk media akses aplikasi android di Google Play Store.

Secara keseluruhan, ukuran emulator ini tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil, yakni sekitar 500MB. Karena itu, Anda perlu mengunduh salah satu emulator sebelum mengunduh Google Meet. Setelah penginstalan selesai, Anda dapat mulai menjalankan emulator di laptop untuk mengunduh aplikasi Google Meet.

Pertama, pilih menu perpustakaan dan klik Google Play Store. Namun, pastikan Anda masuk ke akun Google Anda sebelum melakukan ini. Langkah selanjutnya adalah mengetikkan Google Meet di emulator di kolom pencarian aplikasi. Selanjutnya klik kolom “install” dan tunggu hingga proses selesai.

Selain menggunakan emulator, kamu juga bisa memilih cara yang lebih praktis. Caranya dengan mengakses langsung melalui https://meet.google.com/. Anda tidak perlu mengunduh emulator melalui alamat web ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Meet?

Ada kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu temukan saat menggunakan Google Meet di laptop atau smartphone. Melalui smartphone, cara pemasangan dan cara penggunaan jauh lebih mudah, namun kualitas gambarnya kurang maksimal.

Omong-omong, jika Anda menggunakan laptop, kualitas gambarnya bisa lebih baik dan layarnya juga bisa lebih besar. Namun, sebelum mengaktifkan Google Meet di laptop, Anda harus login terlebih dahulu ke situs Google Meet atau memiliki emulator untuk menginstal aplikasi di laptop.

Pada prinsipnya cara menggunakan aplikasi ini sama baik di laptop maupun di smartphone. Pertama-tama, Anda perlu membuka situs atau aplikasinya terlebih dahulu. Di smartphone, Anda dapat mengklik ikon “+” (plus) saat memulai rapat online dan mengklik ikon “keyboard” untuk memasukkan kode rapat. Saat di laptop, Anda bisa langsung mengklik opsi “join or start meeting”.

Langkah selanjutnya ini berlaku untuk laptop dan smartphone, yaitu memilih judul dan mengklik “lanjutkan”. Kemudian Anda dapat mengklik menu “join now” dan mulai menambahkan orang untuk bergabung. Caranya klik ikon “kontak” dan “plus”, pilih nama dan alamat email, lalu klik “kirim undangan”.

Untuk menggunakan Google Meet di laptop atau smartphone, Anda dapat mengikuti beberapa langkah dengan mengunduh aplikasi atau langsung ke situsnya. Ikuti prosedur secara akurat dan mulailah berinteraksi dengan beberapa orang sekaligus melalui layanan rapat online. Semoga berhasil.