Cara Mudah Membuat Antena TV Sederhana Sendiri

Cara Mudah Membuat Antena TV Sederhana Sendiri

Cara mudah membuat antena TV – Kalian tidak bisa menonton TV karena TV kabel sudah rusak? Mengapa kalian tidak mencoba untuk membuat antena TV sederhana dirumah saja? Kalian tidak perlu khawatir, karena cara membuatnya cukup mudah. Bagi kalian yang kesulitan dalam membeli TV kabel, parabola, atau decoder, antena ini dapat menjadi solusi agar bisa menonton TV dirumah dengan mudah.

Meskipun harga antena jauh lebih murah jika dibandingkan dengan TV kabel dan decoder, tapi tetap saja bagi beberapa orang cukup sulit untuk membeli barang yang satu ini. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena ternyata kalian bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah.

Penasaran dengan cara membuatnya? Jika penasaran, silahkan kalian simak baik-baik ulasan selengkapnya.

 

Apa Itu Antena?

Dapat di definisikan bahwa antena sebagai salah satu alat listrik untuk mengubah sinyal atau energi listrik ke dalam gelombang elektromagnetik, kemudian memancarkan gelombag tersebut ke ruang bebas dan sebaliknya.

Bisa juga dikatakan bahwa antena ini sebagai Transduser, karena dapat merubah bentuk energi yang satu ke bentuk energi lainnya.

 

Fungsi Antena

Antena adalah sebuah komponen yang paling penting diantara semua jenis perangkat dengan memanfaatkan radio. Tak terkecuali juga untuk siaran TV, siaran radio, penerima komunikasi, ponsel, radio dua arah, radar hingga komunikasi satelit.

Dan bahkan, pada perangkat lainnya seperti mikrofon nirkabel, pembuka pintu garasi, jaringan komputer nirkabel, Bluetooth perangkat yang diaktifkan, tag RFID dalam barang dagangan dan juga monitor bayi.

Tak hanya itu saja, antena juga dapat mencakup semua unsur direktif atau reflektif maupun permukaan yang tidak terhubung ke penerima atau pemancar, seperti reflector parabola, elemen parasite, maupun tanduk.

Ini mempunyai fungsi untuk mengarahkan sistem gelombang radio kedalam sinar maupun pola radiasi yang diinginkan.

Perangkat antena bisa dirancang untuk menerima ataupun mengirimkan gelombang radio ke semua arah yang sama atau bisa juga untuk mengirimkan gelombang dalam balok arah tertentu sekaligus untuk menerima gelombang hanya satu arah.

Dikarenakan gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruangan hampa udara, udara terbuka, lorong bawah tanah atau didalam air, maka antena akan bisa bekerja dengan baik.

Jika dilihat dari sisi penerimaan dalam jarak jauh, maka contoh antena terbaik adalah antena yang bisa meluruskan sinyal menggunakan spectrum energi frekuensi radio yang terbesar.

 

Jenis Jenis Antena

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat antena TV, berikut ada beberapa jenis antena yang harus kalian ketahui terlebih dahulu. Jenis-jenis antena yaitu antara lain:

 

  • Antena Omni Directional

Antena ini berjenis wide beam width dengan sudut pancaran yang lebih besar, tapi bisa dikatakan bahwa jaraknya lebih pendek. Antena Omni Directional ini digunakan untuk menerima atau mengirimkan sinyal kesemua arah. Misalnya seperti antena yang digunakan sebagai pemancar hotspot, antena HP dan lain sebagainya.

 

  • Antena Directional

Antena Directional merupakan antena sejenis narrow beam width, itu artinya antena ini hanya mempunyai sudut pancaran kecil tetapi lebih terarah. Adapun juga contohnya yaitu antena satelit parabola, antena sectoral, yagi grid, wajan bolic dan lain sebagainya.

 

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Setelah kalian mengetahui apa itu antena TV dan fungsinya, maka selanjutnya adalah mengetahui cara membuat antena TV. Cara untuk membuat antena TV sederhana ini terbilang cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat antena TV sederhana yang bisa kalian lakukan:

 

  1. Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Untuk membuat antena TV sederhana, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah beberapa peralatan dan bahan yang harus kalian siapkan:

  • Plang seng atau aluminium berukuran 1 meter
  • Kabel coaxial 75 ohm beserta konektornya
  • Baut dan paku secukupnya
  • Perkakas, obeng, dan tang

Itulah tadi peralatan dan bahan yang harus kalian siapkan. Jika kalian sudah menyiapkan semua peralatan dan bahan diatas, maka sudah saat nya kalian untuk membuat antena TV sederhana.

 

  1. Memotong Plat Seng atau Aluminium

Langkah selanjutnya untuk membuat antena TV sederhana yaitu menyiapkan plat seng atau aluminium dan potong plat tersebut hingga membentuk trapezium sedang. Pastikan juga untuk membuat plat berbentuk persegi yang nantinya digunakan sebagai pelapis antena TV.

Umumnya, ukuran plat seng atau aluminium yang dibutuhkan yaitu sekitar 13 sampai 20 cm. Kalian potong plat dengan rapi supaya nantinya mudah terbentuk dan tampak lebih teratur.

 

  1. Menghubungkan Penampang Aluminium dengan Kabel

Langkah selanjutnya yaitu kalian tinggal menyambungkan kabel coaxial dengan penampang yang sudah kalian potong. Penampang atau bagian inti dari plat seng atau aluminium akan membentuk sebuah elemen pole pada antena.

Nantinya elemen tersebut harus disambungkan dengan menggunakan kabel coaxial 75 ohm pada bagian antena TV yang terpasang dalam rangkaian paralel.

 

  1. Antena TV Sudah Dapat Digunakan

Jika kalian sudah memasang antena TV dengan baik, maka antena yang kalian buat akan menyerupai antena yang ada di pasaran. Pada sisi antena yang sudah terhubung kabel, kalian bisa menempelkan pelapis antena.

Pelapis tersebut fungsinya agar antena bisa menerima sinyal TV atau channel TV berdasarkan UHF (Ultra High Frequency). Pelapis tersebut bisa terbuat dari seng ataupun papan triplek yang dilapis dengan kertas aluminium.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Antena TV

Supaya antena TV yang kalian buat bisa berfungsi dengan baik, maka pastikan kalian mengikuti hal-hal berikut seperti.

Yang pertama, pastikan bahwa baut sudah menempel dengan kuat dan kencang supaya nantinya antena tidak mudah berpindah posisi.

Hal ini bisa juga menjaga bentuk antena TV meskipun terkena angina kencang dan kuat. Selain itu, pastikan juga bahwa kabel coaxial nya sudah terpasang dengan baik pada antena supaya gambar di TV jadi terlihat jelas dan jernih.

 

Biaya Membuat Antena TV Sendiri

Tak hanya cara pembuatannya saja yang mudah, ternyata biaya untuk membuat antena TV sendiri juga sangat murah lho! Di pasaran, kalian bisa menemukan plat aluminium dengan harga Rp15 ribu, kabel coaxial 75 ohm sekitar Rp25 ribu, dan baut juga paku sekitar Rp5 ribu.

Jadi, jika semuanya ditotalkan maka kalian hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp45 ribu untuk membuat alat yang satu ini. Harga ini bisa saja jadi lebih murah lagi jika kalian menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah kalian atau barang bekas, sehingga kalian tidak perlu membeli bahan-bahannya.

Harga tersebut juga tentunya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga antena TV indoor yang berkisaran antara Rp60 ribu hingga Rp150 ribu.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi cara mudah membuat antena TV sederhana sendiri. Semoga informasi yang sudah Teknowarta sampaikan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …