Frekuensi Satelit K Vision Di Ku Band dan C Band

Frekuensi Satelit K Vision Di Ku Band dan C Band – K Vision sendiri merupakan salah satu penyedia layanan TV berbayar yang penggunanya cukup banyak di Indonesia. Ditengah program peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital. Justru malah membuat banyak masyarakat beralih menggunakan siaran TV satelit K Vision dibandingkan dengan membeli perangkat untuk TV digital.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh layanan TV satelit jika dibandingkan dengan siaran TV digital yang terrestrial atau diaran TV UHF. TV parabola juga mempunyai lebih banyak siaran baik nasional atau swasta. Dan juga sinyal yang diterima juga lebih stabil karena didukung dengan antena parabola yang mempunyai daya penangkap sinyal yang tinggi.

Pada kesempatan kali ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Frekuensi Satelit K Vision Di Ku Band dan C Band.

Tentang K Vision

Dengan banyaknya provider penyedia layanan TV satelit, K Vision menjadi provider yang jumlah penggunanya paling banyak. Dan juga pengelola K Vision merupakan salah satu perusahaan media besar yaitu MNC Group.

Dengan MNC group yang mengelolanya, K Vision yang sebelumnya dimiliki oleh Kompas Group ini. Terus melakukan peningkatan untuk memberikan layanan yang berkualitas. Layanan yang diberikan K Vision diantaranya seperti memberikan tawaran berupa paket siaran TV dengan harga yang terbilang murah, tetapi channel yang didapat merupakan channel premium pilihan. Sampai sekarang pelanggan K Vision sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, terutama yang daerahnya belum terjangkau oleh siaran TV digital.

Supaya bisa mendapatkan siaran dari K Vision, pengguna bisa mengakses frekuensi lewat satelit yang ada siaran K Visionnya. Baik pada pita frekuensi Cband atau Kuband. Dengan adanya pita frekuendi Cband dan Kuband membuat pengguna bisa bebas dalam menentukan antena parabola yang dipakai sesuai dengan kemampuan.

Untuk pengguna yang ingin memakai antena parabola mini, bisa memakai layanan K Vision yang LNB nya Kuband dengan satelitnya Measat3A. Sedangkan untuk pengguna yang memakai antena parabola besar, bisa mendapatkan siaran dari K Vision pada satelit Telkom4 dengan LNB Cband.

Frekuensi satelit K Vision

K vision menempatakan siaran pada transponder di satelit yang berbeda. Untuk lebih jelas berikut penjelasannya:

K Vision Ku band

Untuk K Vision dengan lnb Ku band, K Vision menempatkan frekuensinya pada satelit Measat 3A. Satelit ini merupakan satelit milik negara Malaysia dan mengorbit di sekitar barat pulau Sumatera. Supaya bisa menangkap sinyal dari satelit Measat 3a dengan lnb Kuband tidak perlu menggunakan antena parabola yang ukuran besar. Cukup dengan parabola mini yang ukuran diameternya 45 cm saja sudah bisa menangkap sinyal dari satelit Measat 3a ini.

Ini karena daya pancar sinyal transponder k vision dengan lnb ku band pada satelit Measat 3a cukup besar. Receiver dari K Vision yang bisa dipakai untuk menangkap sinyal ini yaitu receiver K Vision dengan jenis Cartenz k2000 atau sejenisnya. Pada satelit measat 3a, K Vision mempunyai 2 unit transponder yang mempunyai frekuensi berbeda. Sebagai pengguna K Vision kamu harus memasukan kedua frekuensi dari transponder ini supaya bisa mendapatkan siaran dari K Vision dengan lengkap.

Berikut frekuensi K Vision yang ada pada satelit Measat dengan lnb Ku band:

Frekuensi K Vision yang terdapat di satelit Measat 3a dengan lnb ku band

  • Nama Satelit: Measat 3a
  • Frekuensi: 12396
  • Polaritas: Horizontal (H)
  • Symbol Rate: 31000
  • Format Siaran: DVB-S2 MPEG 4 / SD

Frekuensi K Vision yang terdapat di satelit Measat 3a dengan lnb ku band

  • Nama Satelit: Measat 3a
  • Frekuensi: 12436
  • Polaritas: Horizontal (H)
  • Symbol Rate: 31000
  • Format Siaran: DVB-S2 MPEG 4 / SD

K Vision C band

Selain pada pita frekuensi ku band, siarannya K Vision juga ada di pita frekuensi C band. Siaran K Vision di Cband juga dikenal karena mempunyai kestabilan sinyal yang baik. Walapun dalam cuaca buruk, seperti hujan atau awan mendung yang tebal.

Untuk mendapatkan siaran K Vision dengan pita frekuensi Cband, diperlukan untuk menggunaka antena parabola yang mempunyai diameter lebih besar. Walaupun mempunyai harga yang lebih mahal, tetapi ini sebanding dengan kualitas sinyal yang didapat lebih bagus dan juga stabil.

Siaran K Vision pada pita frekuensi Cband yang berada pada satelit Telkom 4. Satelit Telkom 4 ini merupakan satelit yang dimilik oleh pemerintah Indonesia dan di kendalikan oleh perusahaan Telkom tbk. Untuk bisa menerima frekuensi k vision pada pita frekuensi Cband, pelanggan bisa memakai receiver K Vision dengan jenis bromo c2000 atau K Vision Gol, yaitu Optus HD, Garmedia dan lgsat star.

Berikut data lengkap frekuensi dari transponder K Vision yang ada di satelit Telkom 4 Cband:

Frekuensi transponder k vision yang ada di telkom 4 Cband

  • Nama Satelit: Telkom 4
  • Frekuensi: 3860
  • Polaritas: Vertikal (V)
  • Symbol Rate: 31000
  • Format Siaran: DVB-S2 MPEG 4 / SD

Frekuensi transponder k vision yang ada di telkom 4 Cband

  • Nama Satelit: Telkom 4
  • Frekuensi: 4060
  • Polaritas: Vertikal (V)
  • Symbol Rate: 31000
  • Format Siaran: DVB-S2 MPEG 4 / SD

Garis Bujur Dari Satelit Yang Ditempati K Vision

Garis bujur atau titik koordinat dari kedua satelit K Vision ini berbeda. Pada satelit Measat 3A dengan pita frekuensi Ku band, titik koordinatnya berada pada 91.2°E. Atau lebih tepatnya berada di sebelah barat dari pulau Sumatera.

Jika kamu posisinya berada di sebelah timur Indonesia, tinggal arah saja antena parabola ke barat dengan saat condong karena letaknya yang sudah sangat jauh.

Sementara untuk garis bujur K Vision dengan pita frekuensi Cband yang mengarah pada satelit Telkom 4 titik koordinatnya berada pada 108.0°E. Atau lebih tetapnya berada sekitar barat pulau Kalimantan.

Cara menambah satelit di k vision

Untuk mendapatkan siara yang disediakan K Vision, receiver K Vision juga harus menambahkan satelit yang memancarkan sinyal dari K Vision. Ini wajib dilakukan supaya bisa mendapatkan siaran dari K Vision.

Berikut cara menambahkan satelit baru ke dalam daftar satelit di receiver K Vision:

  • Tekan tombol menu yang ada di remote untuk masuk ke pengaturan.
  • Kemudian pilih opsi instalasi.
  • Tekan tombol tambah satelit di dalam opsi instalasi.
  • Dan masukkan nama satelit dan garis bujur satelit yang dituju, simpan.
  • Mulai proses pencarian channel tunggu sampai proses selesai.
  • Tekan tombol exit untuk dari menu pengaturan.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Frekuensi Satelit K Vision Di Ku Band dan C Band. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.