Cara Mudah Pasang Bracket TV LED Sendiri

Cara Mudah Pasang Bracket TV – Daripada memajang TV di atas meja, kalian bisa menyimpan TV didinding menggunakan bracket agar bisa lebih menghemat tempat. Ingin tahu bagaimana caranya? Maka kalian bisa mencarinya disini.

Menyimpan TV LED di dinding itu cocoknya diaplikasikan pada ruangan yang mungil karena tidak akan memakan banyak tempat. Tak hanya itu, menyimpan TV di dinding juga bisa membantu kalian untuk menghemat uang karena kalian tidak perlu untuk membeli meja TV.

Kalian tidak perlu khawatir, karena ternyata memasang bracket TV itu cukup mudah. Bahkan jika kalian menggunaka cara yang ada dibawah ini, bracket TV bisa terpasang dalam jangka waktu 10 menit saja. Jika penasaran dengan caranya? Silahkan kalian simak cara pasang bracket TV LED berikut.

 

Cara Pasang Bracket TV LED

Berikut ini adalah cara pasang bracket TV LED yang bisa kalian coba.

 

  1. Menyiapkan Alat Pemasangan Bracket TV

Sebelum kalian memulai untuk memasang bracket TV, kalian perlu menyiapkan beberapa alat terlebih dahulu. Alat-alat antara lain:

  • kunci inggris
  • alat ukur atau meteran
  • obeng
  • bor listrik
  • palu
  • pensil

Alat-alat diatas dibutuhkan agar proses memasang bracket TV jadi lebih mudah.

 

  1. Menyiapkan Baut yang Benar

Untuk memasang bracket TV, kalian tidak bisa menggunakan baut sembarangan. Kalian harus menggunakan baut yang ukuran nya benar sehingga bracket akan jadi lebih kokoh dan tidak mudah rusak ataupun jatuh.

Berikut adalah ukuran baut yang harus kamu siapkan:

  • Baut kecil dan ring nya untuk TV berukuran 14” sampai 22”
  • Baut tanggung dan ring nya untuk TV berukuran 22” sampai 24”
  • Baut besar dan ring nya untuk TV berukuran 24” sampai 32”
  • Baut untuk memasangkan braket ke dinding dan fischer atau topi bautnya.

Setelah peralatan dan baut sudah kalian siapkan, maka kalian harus memastikan bahwa dinding yang akan kalian simpan bracket tidak tertanam kabel listrik atau besi beton.

Jika dinding rumah kalian terbuat dair gypsum, maka kalian pastikan dibelakang gypsum terdapat kayu penyangga supaya dinding bisa kuat menahan berat TV LED.

 

  1. Mengukur Ketinggian Dinding

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu memastikan dulu ketinggian dinding yang akan dipasangkan TV LED. Pastikan bahwa nantinya TV tidak terpasang terlalu tinggi atau terlalu rendah supaya TV bisa ditonton dengan nyaman.

 

  1. Menandai 4 Lubang

Setelah kalian menemukan ketinggian yang tepat, maka kalian bisa menandainya dengan pensil. Tak hanya ketinggian saja, kalian bisa juga menandai 4 lubang pada dinding yang nantinya akan kalian bora tau dipasangkan bracket. Kalian bisa menggunakan piringan bracket dan bantuan waterpass untuk menandai dinding supaya bracket tidak terpasang miring.

 

  1. Bor 4 Lubang

Selanjutnya kalian bisa bor 4 titik yang sudah kalian tandai tadi dengan mata bor yang sesuai dengan ukuran baut.

 

  1. Memasukan Topi Baut

Kalian simpan topi baut kedalam lubang dinding yang bisa membuat bracket bertahan dengan kuat. Pasang piringan lalu kencangkan baut dengan kunci inggris. Pastikan bahwa baut terpasang dengan baik supaya nantinya bracket tidak mudah lepas.

 

  1. Memasang 2 Tiang Braket

Setelah piringan bracket sudah terpasang di dinding, hal yang harus kalian lakukan selanuutnya yaitu memasang 2 tiang yang sejajar pada lubang dibelakang TV. Kalian pasang tiang tersebut menggunakan baut dengan ukuran yang tepat, lalu kalian kencangkan dengan kunci inggris.

 

  1. Mengangkat dan Memasang TV

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah memasangkan TV LED kalian pada bracket. Kalian bisa meminta bantuan teman supaya TV bisa terpasang dengan aman dan tidak terjatuh. Simpan TV ke piringan bracket yang sudah menempel didinding. Pastikan bahwa TV terpasang sejajar dan jangan lupa juga untuk mengencangkan baut bracket yang ada dibagian bawah TV supaya tidak mudah jatuh.

 

Keuntungan yang Ditemukan Menggunakan Bracket

Bracket TV mempunyai berbagai manfaat sehingga kalian akan mendapat juga berbagai keuntungan jika kalian menggunakan bracket TV terbaik. Berikut ini adalah keuntungan yang akan kalian dapatkan jika kalian menggunakan bracket.

 

  1. Ruangan yang Estetik

Jika kalian menggunakan atau memasang bracket TV maka ruangan kalian akan semakin tertata dengan rapih sehingga membuat kalian betah ataupun nyaman jika diruangan tersebut. Kalian bisa memasang bracket sesuai dengan keinginan dan kondisi ruangan kalian. Kalian bisa juga menyesuaikan apakah kalian membutuhkan bracket TV yang berdiri atau melekat di dinding ataupun melekat di langit-langit ruangan.

Sehingga TV yang kalian punya tidak akan memakan tempat diruangan kalian sehingga kalian bisa menambahkan barang yang kalian butuhkan atau barang yang penting sebagai pengganti tempat TV sebelumnya.

 

  1. Dapat Berpindah Tempat

Tentunya bracket TV mempunyai sifat yang fleksibel untuk digunakan, sehingga kalian bisa dengan mudah untuk memindahkan TV dari satu tempat ke tempat yang lainnya yang sekiranya tempat tersebut membuat kalian nyaman dengan posisi tempat tersebut. Karena, pemasangannya sangat mudah yaitu cukup hanya menggunakan bor saja.

Dan jika kalian ingin memindahkan TV ke suatu tempat yang lain maka kalian hanya perlu untuk melepaskan baut-baut yang sudah terpasang. Kemudian jika sudah memindahkan TV ke tempat yang nyaman, maka kalian hanya perlu untuk memasangkan kembali baut yang sudah kalian lepas sebelumnya dan pastikan bahwa kalian tidak merusaknya.

 

  1. Aman dan Kokoh

Selain untuk memberikan kesan estetik pada ruangan kalian dan TV yang kalian punya bisa berpindah tempat dengan mudah, keuntungan lainnya yang bisa kalian dapatkan adalah TV kalian akan terjaga dengan aman dan kokoh. Bracket TV akan membantu kalian untuk mencengkram dan menopang TV dengan sangat kuat sehingga terhindar dari berbagai gesekan dan sentuhan dari orang lain.

Jika kalian sudah menggunakan bracket TV, maka kalian akan otomatis menjamin TV kalian aman dan tentunya akan tetap kokoh di cengkeraman bracket TV tersebut. Bracket TV akan meminimalisir risiko TV yang terjatuh karena disenggol maupun diguncang.

 

Kesimpulan

Bracket TV bisa memudahkan kalian untuk mendapatkan posisi atau tempat yang nyaman saat sedang menonton TV. Bracket TV juga akan memudahkan kalian untuk mengatur ruangan kalian supaya lebih estetik dan menarik.

Tetapi saat kalian hendak memutuskan untuk membeli bracket TV, pertimbangkan kembali dan pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan kalian. Dan kalian juga jangan sampai salah ketika memilih merk bracket TV mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan lagi kalian sudah membaca informasi terkait dengan produk – produk bracket TV yang berkualitas dan terbaik.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi tentang cara mudah pasang bracket TV LED sendiri yang sudah Teknowarta sampaikan. Semoga informasi yang sudah disampaikan diatas bisa membantu dan bermanfaat.