Penyebab Serta Cara Mengatasi Siaran ANTV yang Hilang

Penyebab Serta Cara Mengatasi Siaran ANTV yang Hilang

Siaran ANTV Hilang – Andalas Televisi atau yang lebih dikenal dengan ANTV merupakan salah satu stasiun TV swasta nasional yang ada di Indonesia. ANTV menyajikan beragam tayangan berkualitas menarik serta menambah wawasan dan pengetahuan para pemirsanya.

Stasiun TV ini telah resmi mengudara pada tahun 1993, yang memiliki visi untuk menjadi saluran TV keluarga terbaik untuk seluruh keluarga di seluruh Indonesia. ANTV ini banyak diminati oleh para pengguna antena parabola mini, besar dan juga UHF (Analog).

Sekarang ini, masyarakat lebih meminati spectrum frekuensi digital. Karena, banyakk kelebihan yang bisa didapatkan pada spectrum ini, antara lain yaitu kualitas gambar yang jernih serta audio yang terdengar jelas. TV digital ada di kanal terrestrial DVB-T2 dan DVB-S2 satelit. Cakupan area sinyal terrestrial DVT-12 yang belum merata akan diatasi dengan hadirnya frekuensi satelit yang dapat menjangkau hampir ke seluruh plosok area di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan judul artikel, pada artikel kali ini Teknowarta akan membahas tentang siaran ANTV yang hilang. Jadi, disini Teknowarta akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan atau yang berhubungan dengan permasalahan tersebut. Diantaranya seperti acara yang di ANTV, penyebab dan juga cara mengatasi siaran ANTV yang hilang. Agar lebih lagi, sebaiknya kalian simak baik-baik pembahasan selengkapnya dibawah ini.

 

Acara di ANTV

ANTV dikenal sebagai siaran yang memberikan program-program yang berkualitas untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan karakter bangsa Indonesia supaya bisa lebih maju. Jenis acara-acaranya lebih di khususkan untuk menyasar segmen anak kecil dan ibu rumah tangga.

ANTV juga dikenal dengan siaran yang banyak menayangkan film India dan drama Bollywood serta kartun animasi untuk anak-anak. Siapa sih yang tidak tahu film kartun Marsha And The Bear? Acara yang sempat viral dan membuat pemirsanya setia terhibur dengan aksi-aksi mereka yang lucu.

Berikut ini adalah beberapa siaran unggulan yang ada di ANTV:

  • Kartun, beragam pilihan acara animasi untuk anak seperti Marsha and The Bear, Thomas and Friends, Mungky and Trunk, The Owl and Co Klip, Rimba, Angry Bird dan Santri Boy.
  • India, memberikan tayangan untuk penggemar film india yang menghadirkan siaran seperti Sinema India, Ishqbaaaz, Yeh Vaada Raha, Kasam dan Dil Bole Oberai.
  • Berita, Talkshow, Hiburan, terdapat acara lainnya seperti Karma, Garis Tangan, Tawakal, Jejak Kriminal, Putri Mahkota, Bawang Putih Berkulit Merah.

Dan itulah tadi acara-acara yang ada di stasiun siaran ANTV. Tetapi perlu kalian ingat bahwa, dalam perkembangan nya, daftar siaran yang ada pada stasiun TV ANTV bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Siaran ANTV Hilang dan Solusi Mengatasinya

Siaran ANTV memang kerap kali hilang. Tentunya ini akan membuat sebagian pengguna merasa kesal dan kebingungan lantaran tidak tahu penyebab dan cara untuk mengatasinya. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena dibawah ini Teknowarta akan membagikan cara untuk mengatasi serta penyebab mengapa siaran ANTV bisa hilang. Simak selengkapnya.

 

Penyebab Saluran ANTV Hilang atau Tidak Ada

Siaran stasiun ANTV yang tiba – tiba hilang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kemungkinan penyebab yang membuat siaran ANTV jadi hilang bisa dikarenakan cuaca buruk ataupun beberapa hal-hal lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan siaran ANTV hilang.

  • Cuaca buruk, contohnya seperti angin kencang dan hujan lebat yang dapat menyebabkan perubahan posisi antena dari posisi semula.
  • Adanya pembaruan atau perubahan frekuensi ANTV.
  • Kabel ada yang putus ataupun sobek.
  • Perangkat mengalami kerusakan.
  • Sinyal KU Band terhalangi karena cuaca mendung dan hujan, sehingga sinyal tidak bisa sampai ke dish parabola.

Itulah tadi beberapa hal yang sangat memungkinkan memicu hilangnya siaran ANTV di TV Digital kalian dirumah. Namun ada satu hal yang paling sering menyebabkan siaran ANTV hilang adalah karena adanya perubahan atau pembaruan frekuensi siaran.

Perlu kalian ketahui bahwa peralihan TV analog ke TV digital itu mengalami juga perubahan satelit ke Telkom 4. Itulah yang menyebabkan mengapa seringkali stasiun siaran ANTV jadi hilang dan perlu di setting ulang agar ANTV tersedia di TV digital kalian.

 

Cara Mengatasi Siaran ANTV Yang Hilang

Setelah mengetahui penyebab siaran ANTV hilang, maka sekarang adalah cara untuk mengatasinya. Untuk mengatasi siaran ANTV yang hilang, maka hal yang harus dilakukan adalah seperti berikut:

 

  • Putar Posisi Antena Parabola atau UHF

Kondisi cuaca ketika sedang hujan lebat disertai dengan angina kencang dapat mengacaukan sinyal TV agar dan juga membuat posisi antena berubah atau bergeser. Jika posisi antena nya berubah, maka bisa dilakukan tracking ulang frekuensi dengan cara memutar posisi antena ke posisi seperti semula. Tetapi kalian pastikan dahulu bahwa kalian sudah tahu frekuensi terbaru dari ANTV atau frekuensi channel lain seperti FREKUENSI RTV atau FREKUENSI SCTV.

 

  • Ganti atau Perbaiki Perangkat Yang Rusak

Hilangya siaran ANTV juga bisa disebabkan karena ada bagian pada perangkat antena yang mengalami kerusakan. Misalnya saja ada salah satu kabel yang sobek, LNB yang rusak dan lain sebagainya. Silahkan kalian lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum kalian memvonis ada kerusakan pada salah satu bagian antena.

 

  • Lakukan Scan Ulang Perangkat

Pada perangkat STB DBV-T2 dan receiver parabola mempunyai fitur Blind Scan yang berguna untuk mencari sinyal TV. Kadang frekuensi dari stasiun TV berubah karena gangguan sinyal, oleh karena itulah kalian perlu lakukan scan ulang untuk memperbaikinya.

 

Cara Setting Digital Untuk Menemukan Siaran ANTV

Selanjutnya adalah cara setting digital agar bisa menemukan siaran ANTV. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk menemukan siaran ANTV dengan cara setting digital:

  • Pertama-tama kalian tekan tombol Menu pada digital.
  • Kemudian kalian pilih Buat Saluran.
  • Lalu dilanjutkan dengan mengkonfirmasikannya dengan menekan tombol OK.
  • Selanjutnya kalian tinggal pilih Satelit Palapa C2.
  • Jika sudah, kalian pilih frekuensi TP.
  • Lalu kalian masukan 03825
  • Setelah itu kalian pindahkan kursor ke Simbol Nilai, caranya dengan menekan tombol ke bawah, lalu masukan 03199.
  • Dan kalian lanjutkan ke Polaritas lalu pilih saja H (Horizontal).
  • Berikutnya kalian pilih opsi Cari terus pilih Semua atau bisa juga pilih Bebas lalu kalian tekan OK.
  • Jika dirasa sudah, maka siaran ANTV sudah ditemukan.
  • Terakhir, kalian tekan tombol Menu sebanyak 2 kali untuk kembali kelayar penuh.
  • Sekarang kalian sudah bisa menikmati siaran dari ANTV kembali.

Jika sinyal ANTV hilang, maka bisa dilakukan beberapa upaya untuk mengatasinya, yaitu dengan cara memutar antena atau bisa juga dengan cara meng-scan ulang pengaturan Set Top Box.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi penyebab serta cara mengatasi siaran ANTV yang hilang. Semoga informasi yang sudah Teknowarta sampaikan diatas dapat membantu dan bermanfaat.

 

Kata Kunciantv siarannya jelek -https://teknowarta com/6277/penyebab-serta-cara-mengatasi-siaran-antv-yang-hilang html -

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …