Inilah Bagian Bagian Penting Pada TV

Inilah Bagian Bagian Penting Pada TV

Bagian Bagian Penting Pada TV – Bagian-bagian TV mungkin sudah tidak asing lagi bagi para ahli yang sudah sering membongkar dan memperbaiki TV. Tetapi, bagi yang masih awan tentunya akan terdengar asing.

Karena itulah, kalian perlu untuk mengetahuinya. Pada kesempatan kali ini Teknowarta akan membahas mengenai bagian-bagian penting TV dan juga fungsinya.

Jika kalian penasaran, maka langsung saja kalian simak baik-baik ulasan dibawah ini.

 

Bagian Bagian Penting Pada TV

Bagian-bagian TV ini penting untuk kalian ketahui. Bagian-bagian TV tersebut antara lain:

 

  1. Program dan Memory

Program adalah rangkaian yang fungsinya untuk mengendalikan pengaturan gambar seperti channel, warna, kontras, brightness dan lain sebagainya. Semuanya itu diatur oleh rangkaian IC program yang nantinya akan disimpan di IC memory.

 

  1. Blok RGB

Blok RGB adalah rangkaian penguat akhir warna. Tegangannya yakni 180 Volt DC. Pada model TV yang baru menggunakan program servis mode.

Pada rangkaian RGB ada beberapa tegangan yaitu tegangan sreecn, tegangan fokus, tegangan katoda hijau, tegangan katoda merah, tegangan katoda biru, dan tegangan heater.

 

  1. Tuner

Tuner berfungsi untuk menangkap sinyal gambar dan juga suara. Ada tiga bagian yang ada pada tuner, antara lain mixer, osilator dan RF.

 

  1. Vertical Output

Vertikal output merupakan rangkaian penguat vertikal pada bagian output. Tegangan B+ IC itu sebesar 24V dan tegangan menuju defleksinya adalah 12-16 Volt.

 

  1. Power Supply

Power supply atau regulator pada mesin TV menggunakan sistem AC matic. Sistem ini menggunakan dioda tegangan tinggi sebagai kondensor elko dan untuk membagi tegangannya menggunakan trafo coper. Fungsi powersupply ini untuk mengeluarkan tegangan 115 Volt dalam menyuplai flyback.

 

  1. Driver Horizontal

Driver horizontal adalah salah satu bagian pada TV yang fungsinya sebagai penguat osilator horizontal yang dimana mempunyai dua komponen yakni trafo IT dan transistor.

 

  1. Flyback

Flyback adalah suatu kumparan yang mempunyai fungsi untuk membangkitkan tegangan tinggi yakni 20.000 Volt – 25.000 Volt yang diberikan ke CRT atau anoda tabung.

 

  1. Output Horizontal

Output Horinzontal ini adalah kelanjutan dari driver horizontal yang fungsinya untuk membangkitkan kinerja dari Flyback.

Tegangan driver horizontal diteruskan menuju ke output basis transistor panel. Tak hanya untuk membangkitkan flyback saja, tetapi juga menjadi output menuju ke defleksi.

 

  1. Osilator

Osilator adalah pembangkit sinyal atau frekuensi yang dimana terdapat sinyal osilator vertikal dan osilator horizontal.

Tugas osilator vertikal adalah untuk membangkitkan sinyal 50Hz dan osilator horizontal membangkitkan sinyal 15,625 KHz.

 

  1. Penguat Video

Sesuai namanya, penguat video ini fungsinya untuk menguatkan video. Bagian TV yang satu ini mempunyai tiga bagian yang antara lain video driver, video detector dan juga video IF.

Ketiganya mempunyai fungsi yang berbeda-beda yakni, video driver fungsinya untuk memisahkan antara sinyal gambar, sinyal pembawa suara, dan sinyal sinkronisasi.

Video detector mempunyai fungsi untuk mendeteksi sinyal suara dan gambar, setelah itu diteruskan menuju video driver.

Sedangkan untuk video IF fungsinya untuk menguatkan sinyal yang diterima dari mixer, setelah itu diteruskan menuju ke video detector.

 

  1. Audio Output

Audio output mempunyai fungsi yaitu untuk mengeraskan atau menguatkan suara. Biasanya, audio output menggunakan komponen IC yaitu mono dan stereo.

 

  1. Chroma

Chroma adalah suatu rangkaian yang fungsinya sebagai pembangkit warna. Chroma bisa membangkitkan warna yang di proses dalam IC. RGB out merupakan hasil dari chroma yang diberikan bagian blok RGB.

 

  1. Degaussing

Degaussing ini adalah lilitan kawat dari tembaga yang dibuat sangat rapi serta dibungkus dengan isolasi warna hitam yang melingkar ditabung.

Tujuan lilitan degauissing ini untuk melindungi tabung agar tidak mudah terkena magnet. Untuk ukuran lilitannya sendiri antara 15 ohm – 20 ohm. Apabila ukurannya dibawah 15 ohm, maka akan konslet.

 

Manfaat TV

Adapun manfaat-manfaat TV yang perlu kalian ketahui. Manfaat-manfaat TV yakni sebagai berikut:

 

  1. Media Hiburan

Manfaat TV yang pertama yaitu sebagai media hiburan. TV ini menyajikan berbagai macam jenis hiburan mulai dari film, music, talkshow, komedi, berita dan masih banyak lagi tentunya. Manfaat hiburan menjadi yang manfaat utama yang dikembangkan TV ketimbang manfaat yang lainnya seperti edukasi maupun informasi.

 

  1. Media Pendidikan

Manfaat TV yang berikutnya yaitu sebagai media pendidikan atau belajar. Walaupun tidak seutama manfaat hiburan, tetapi masih ada unsur-unsur pendidikan yang bisa kalian dapatkan juga dari acara TV salah satunya seperti pendidikan tentang alam liar dan sekitarnya.

 

  1. Relaksasi dan Menghilangkan Stres

Menonton TV bisa menjadi cara ampuh saat sedang penat akan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah yang menumpuk. Selain itu, menonton TV juga bisa menghilangkan stress karena di TV banyak acara yang bisa menghibur kalian.

 

  1. Supaya Tidak Ketinggalan Informasi

TV banyak menyiarkan informasi tentang apa yang sedang terjadi diluar sana. Mulai dari berita tentang kasus bencana alam, kejahatan, tempat-tempat menarik dan masih banyak lagi tentunya. Tentu saja hal ini bisa bermanfaat bagi kalian yang tidak mau ketinggalan informasi secara umum.

 

  1. Media Bermain Game dan Menonton Film atau DVD

TV merupakan salah satu sarana untuk memutar media seperti film dan juga game. Perangkat seperti konsol game, dan juga DVD player merupakan beberapa contoh perangkat yang biasanya dihubungkan ke layar TV untuk kepentingan hiburan.

 

Jenis Jenis Program TV

Program TV merupakan faktor penting yang mendukung finansial TV tersebut. Menurut buku Manajemen Media Penyiaran Edisi Revisi karya Morrisan, berikut ini adalah berbagai jenis program TV:

 

  1. Berita Keras (Hard News)

Berita keras adalah semua informasi yang penting dan menarik. Informasi ini harus segera disajikan oleh media penyiaran karena sifatnya harus segera ditayangkan, supaya bisa diketahui audiens secepatnya. Dalam hal ini, hard news dibagi ke beberapa bentuk berita yakni straight news, feature, infotainment.

 

  1. Berita Lunak (Soft News)

Selanjutnya ada berita lunak (soft News). Berita ini merupakan segala informasi yang penting dan menarik yang disampaikan secara mendalam tetapi tidak bersifat segera ditayangkan. Program yang termasuk kategori soft news antara lain adalah current affair, magazine, documenter, talk show.

 

  1. Program Hiburan

Yang terakhir ada program hiburan. Program hiburan ini merupakan segala bentuk siaran yang tujuan nya untuk menghibur audiens dalam bentuk music, cerita, lagu dan juga permainan (game). Lalu, program yang masuk ke dalam kategori hiburan antara lain adalah drama, permainan, musik dan juga pertunjukan.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi yang sudah Teknowarta sampaikan tentang bagian-bagian penting pada TV. Adapun juga manfaat dan jenis-jenis program TV yang sudah Teknowarta bagikan. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat.

 

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …