Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor

Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor

Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor – TV sebuah barang elektronik yang bisa kamu temukan dihampir semua rumah sekarang ini. TV juga tidak lepas dengan yang namanya antena, ya karena TV memerlukan antena untuk menangkap siaran.

Antena TV merupakan sebuah antena yang khusus untuk menerima siaran TV dari stasiun TV. Penerimaan siaran TV tergantung dengan antena dan pemancar. Siaran TV yang terestrial disiarkan di frekuensi sekitar 47 sampai 250  MHz pada pita frekuensi sangat tinggi atau VHF, dan 470 sampai 960 MHz pada pita frekuensi ultra tinggi atau UHF.

Berdasarkan letak penempatan, antena TV dibagi atas 2 jenis yaitu antena TV outdoor dan antena TV indoor. Antena TV outdoor biasa di pasang di luar rumah mengunakan tiang penyangga tetapi antena ini dianggap sudah kuno. Tetapi  juga merepotkan ketika memasangnya, apalagi jika antena membutuhkan perbaikan.

Antena indoor seperti namanya cukup dipasang di dalam rumah saja dengan menggantungnya atau meletakkannya di atas TV. Tidak mengherankan sekarang banyak orang yang memakai antena TV indoor karena lebih praktis dalam pemasangannya.

Nah pada kesempatan kali ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor

Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor.

Kelebihan antena TV indoor

  • Praktis dalam proses pemasangannya.
  • Terhindar dari korsleting listrik yang bisa saja terjadi ketika cuaca buruk atau hujan.
  • Sinyal yang ditangkap antena TV indoor lebih stabil. Ini akan membuat siaran TV tetap jernih dan meski di luar rungan sedang terjadi angin kencang atau cuaca buruk.
  • Mudah dalam poses pembetulan posisi antena TV jika sinyalnya melemah atau terganggu.
  • Pemasangan Antena TV indoor lebih fleksibel dan juga dalam proses penempatan antena.
  • Lebih mudah dibersihkan antena jika kotor, sehingga kualitas siaran tidak akan terganggu.
Trending :  Kode Remot TV Coocaa Dan Cara Mensettingnya

Kelemahan antena TV indoor

  • Tidak bisa menangkap sinyal dengan baik jika dipakai di yang datarannya rendah, seperti pantai, tempat yang pemancara sinyalnya terhalang oleh gunung atau perbukitan, dan daerah pelosok.

Cara Memilih Antena TV Indoor

Dipasan sudah banyak antena TV indoor dari berbagai merek dan harga. Untuk tidak bingung, berikut beberapa tips untuk memilih antena TV digital yang sesuai.

1) Disesuaikan dengan jenis TV

Terdapat beberapa jenis TV yang ada dan yang paling terkenal yaitu TV LED dan TV tabung. Kedua TV ini mempunyai karakteristik yang berbeda termasuk dalam hal penerimaan sinyal.

TV LED atau LCD

Meski tidak semua merk, TV dengan jenis LED di kenal sebagai TV yang susah menangkap sinyal. Karena itu di butuhkan antena khusus untuk TV LED. Jenis antena yang disarankan untuk TV LED yaitu antena yang mempunyai ukuran sedang sampai besar. Supaya, TV bisa leluasa untuk menangkap sinyal.

TV Tabung

Meski sebagai TV yang sudah lama keluaran, TV tabung mempunyai keunggulan berupa daya tangkap sinyal yang lebih baik jika dibandingkan dengan TV LED. Sehingga bisa memakai antena yang mempunyai ukuran kecil sampai sedang. Sesuaikan saja supaya kamu bisa menikmati siaran TV dengan nyaman. TV tabung juga mempunyai harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan TV LED.

2) Memperhatikan kabel coaxial antena TV

Sipaya bisa mendapatkan siaran yang bagus, kamu perlu memperhatikan kabel coaxial yang terdapat pada antena TV. Kabel coaxial berfungsi sebagai penghubung antena antena dengan TV. Meski biasanya mempunyai harga yang lebih mahal, tetapi daya tangkap dari antena yang memakai kabel ini sangat bagus.

Trending :  Kode Remote TV LG Tabung dan LED Terlengkap

3) Memeriksa fitur booster atau penguat sinyal

Adanya booster pada TV juga menjadi salah satu pilihan. Kamu bisa memilih pada antena yang mempunyai fiktur booster atau penguat sinyal. Antena yang mempunyai booster sangat cocok dipakai di daerah yang sinyalnya sulit seperti pedesaan. Supaya mendapatkan siaran TV yang lebih bagus, lebih baik pilih antena TV yang sudah dilengkap dengan booster.

Rekomendasi Antena TV Indoor

Jika sidah mengetahui tips memilih antena TV indoor, berikut rekomendasi antena TV indoor yang bagus:

PX DA-5120

Antena ini bisa dipakai di luar atau di dalam ruangan. Antena ini juga sudah dilengkapi dengan sistem TV digital Indonesia yang resolusi gambarnya sudah HD. Mempunyai kemampuan untuk menerima sinyal yang baik dan mempunyai tingkat sensitivitas yang tinggi. Antena ini juga di lengkapi dengan fitur eco friendly dan power saving.

Proses pemasangan juga terbilang mudah, baik dipasangkan secara horizontal atau vertical. PX DA-5120 ini di hargai sangat terjangkau dan juga mempunyai garansi selama 1 tahun.

OASE IT-A1

Suka menonton dan tidak mau diganggu oleh sinyal yang hilang atau gambar yang tidak bagus. Pilih saja OASE IT-A1 untuk TV kamu. Perlu diketahui, antena ini khusus dipakai untuk TV digital saja dan penggunaannya yaitu di dalam ruangan. Untuk panjang kabel yang tersedia pada pembelian hanya 3 meter dan mengunakan kabel coaxial.

Dengan desain yang ringan dan juga tipis, membuat antena ini dimeletakkan ini dimana saja termasuk dengan menempelkannya pada dinding. Dipastikan antena ini bisa menempel dengan baik karena sudah di lengkapi dengan perekat yang disertakan pada kemasan.

Philips sdv8622T

Philips sdv8622T adalah antena hybrid yang bisa dipasang di dalam dan di luar ruangan. Antena TV ini bisa menangkap frekuensi UHF dan VHF, dan juga mempunyai fitur penyaring suara. Fitur ini berfungsi untuk menyingkirkan suara bising yang muncul ketika siaran TV sedang tidak jernih.

Trending :  Frekuensi Indosiar Disemua Satelit

Desain dari Philips sdv8622T juga menarik, dan elegan. Antena ini dibuat dari bahan material yang ramah lingkungan, dan tahan terhadap hujan dan panas. Hal ini membuat harga dari antena ini lebih mahal yaitu sekitar Rp1 juta.

Toyosaki TYS-468AW

Antena TV Toyosaki TYS-468AW ini mempunyai ukuran yang kecil, sehingga mudah dipindahkan, dan mempunyai bentuk yang simpel. Walapun mempunyai bentuk yang kecil, kemampuan dalam menagkap sinyal tidak diragukan. Antena TV indoor ini dibuat untuk TV UHF dengan channel 21 sampai 69 pada frekuensi UHF, VHF, hingga FM. Yang membuat antena TV ini bisa menangkap sinyal 20 dB sampai 30 dB.

Kelebihan lainnya, antena TV Toyosaki TYS-468AW yaitu bisa diputar sampai 90 derajat untuk mendapatkan siaran yang lebih jernih. Antena ini juga sudah di lengkapi booster, antipetir, dan fitur tambahan lain. Antena ini diharga mulai dari Rp130 ribuan.

PX HDA-5000

PX HDA-5000, adalah antena TV hybrid, sehingga bisa dipakai di dalam dan luar ruangan. Antena ini juga mempunyai kemampuan untuk menangkap sinyal frekuensi UHF 470 sampai 890 MHz dan pada frekuensi VHF 47 sampai 230 MHz, sehingga bisa memberikan gambar yang mempunyai kualitas bagus.

Selain itu PX HDA-5000 juga mempunyai teknologi low noise amplifier yang fungsinya untuk meningkatkan sinyal yang didapat sampai 20 db. Desainnya juga modern dan minimalis sangat bagus untuk dipasang baik di dalam atau di luar ruangan. Bukan itu saja, antena ini juga dirancang supaya tahan air dan sinar UV, sehingga aman dari hujan dan sinar matahari.

PX HDA-5000 ini dihargai cukup mahal yaitu Rp300 ribuan, ini karena fiktur dan keunggula yang didapat. Harga ini sebanding dengan kualitas dan fitur yang didapat.

Kata Penutup

Demikin sedikit informasi dari teknowarta tentang Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

 

Check Also

Bagian Bagian Antena Parabola

Bagian Bagian Antena Parabola

Bagian Bagian Antena Parabola – Antena parabola merupakan satu set perangkat antena yang terdiri dari beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published.