Cara Setting Parabola Tanaka Tidak Ada Sinyal

Cara Setting Parabola Tanaka Tidak Ada Sinyal

Cara Setting Parabola Tanaka Tidak Ada Sinyal – Antena parabola memang disukai oleh masyarakat Indonesia karena memberikan tayangan yang beragam baik dari luar dan dalam negeri. Walapun sudah ada siaran digital tetapi sinyalnya belum menyeluruh. Sehingga supaya masih bisa mendapatkan siaran TV yang jernih antena parabola menjadi pilihan yang bagus.

Terdapat sebuah masalah yang membuat bingung pengguna parabola yang masih baru yaitu ketika sinyal hilang. Ini pasti membuat bingung apalagi pengguna yang masih baru, masalah ini bisa terjadi pada semua parabola termasuk pada parabola Tanaka.

Tetapi tenang, jangan khawatir karena kami akan memberikan informasi tentang cara mencari sinyal parabola Tanaka yang hilang dengan mudah. Pastikan kamu tetap membaca artikel ini untuk mengetahuinya.

TV adalah salah satu media yang dipakai untuk menyalurkan informasi dan juga hiburan. Jika kamu ingin mendapatkan siaran yang beragam, maka disarankan untuk memakai antena parabola salah satunya yaitu parabola Tanaka.

Agar bisa menikmati tayangan yang beragam dari parabola ini, kamu perlu mengetahui cara untuk menyetting parabola Tanaka. Untuk lebih jelas silahkan simak informasi yang kami berikan berikut ini!

Cara Setting Parabola Tanaka Tidak Ada Sinyal

Sekarang parabola sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia, yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal ke receiver dari satelit. Jadi jika terjadi kerusakan atau masalah, maka kamu sebagai pengguna bisa memperbaikinya sendiri. Sebenarnya cara setting parabola Tanaka itu tidak berbeda dengan parabola yang lain. Informasi ini mungkin bisa dipakai untuk parabola jenis lain.

Berikut kami memberikan cara yang mudah, sehingga kamu bisa mencoba sendiri di rumah. Berikut langkah langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan masuk ke menu pengaturan dengan menekan tombol setting yang ada di remote parabola.
  • Lalu pilih opsi buat saluran.
  • Pilih Nama satelit.
  • Pilih tambah TP kemudian klik OK.
  • Kemudian isi frekuensi.
  • Isi juga polaritas.
  • Dan Simbol rate, kemudian simpan OK.
  • Tunggu terlebih dahulu sampai proses pencarian sudah selesai.
  • Setelah itu baru keluar dari pengaturan.
  • Maka kamu sudah mendapatkan channel yang kamu cari.
  • Selesai, selamat mencoba.

Kami juga memberikan cara untuk menambahkan satelit di receiver tanaka, silahkan simak langkah langkah berikut ini:

  • Tekan tombol menu yang ada di remote receiver, pilih opsi instalasi dan pilih tambah satelit kemudian klik OK.
  • Selanjutnya tekan OK sekali lagi supaya muncul dilayar dan memungkinkan untuk mengganti nama satelit.
  • Jika sudah, langsung simpan dengan menekan tombol menu yang ada di remot.
  • Kemudian pilih edit satelit, jika ingin mengedit satelit yang sudah ada.
  • Kamu bisa mengedit semua satelit yang ada sesuai kebutuhan, contohnya satelit Palapa, Telkom, Asiasat atau satelit lain yang ada.
  • Jika ingin mencari satelit secara otomatis, gunakan saja fitur blind scan yang ada di menu.

Penyebab Receiver Tanaka Tidak Ada Sinyal

Beberapa penyebab receiver Tanaka tidak ada sinyal yang perlu kamu ketahui supaya mudah dalam penyangan masalah receiver tidak ada sinyal.

Konektor Dari Parabola Ke Receiver Tidak Tersambung Dengan Sempurna

Salah satu penyebab sinyal parabola menghilang yaitu parabola atau LNB yang tidak terhubung dengan receiver. Ciri ciri dari masalah ini yaitu intensitas sinyal pada layar TV terlihat 0. Jika menemukan masalah ini, coba periksa pada bagian konektor kabel yang menghubungkan LNB ke receiver. Dan pastikan konektor dalam kondisi yang baik, dan jangan lupa untuk memeriksa juga kabel antenanya.

Jadi, jika menemui masalah yang seperti itu, jangan langsung mengubah arah parabola atau mentacking dish, coba periksa dahulu konektornya.

Dseg atau switch mengalami kerusakan

Selain karena konektor yang mengalami kerusakan, sinyal yang hilang juga diakibatkan karena Dseg atau switch yang mengalami kerusakan mati. Dseg sendiri mempunyai fungsi sebagai pembagi sinyal dari LNB.

Dan tanda tanda switch yang mengalami kerusakan yaitu intensitas sinyal kadang kadang ada dan kadang kadang hilang.

Jika mngalami masalah ini kamu hanya perlu menggan ganti switch dengan yang baru. Dseg atau switch bisa kamu temukan ditoko elektronik baik offline atau online harganya juga tidak terlalu mahal, dan pastikan sejenis dengan LNB sebelumnya. Tetapi, jika sudah mengganti switch dan sinyal parabola saja masih belum muncul, kemungkinan Dseg atau switch yang mengalami kerusakan.

Tanda lain dari kerusakan pada switch, yaitu adanya sinyal yang salang tarik menarik. Contohnya, satelit Palapa sinyalnya sangat bagus, tetapi untuk Telkom 4 sinyalnya tidak ada, atau sebaliknya.

Rusaknya LNB

LNB yang mengalami kerusakan juga membuat sinyal parabola menghilang. Ciri cirinya tentu tidak ada sinyal yang tertangkap sedikit pun. LNB sendiri merupakan perangkat yang fungsi sebagai pengangkap sinyal dan menyalurkannya ke receiver.

Jika LNB mati dan di biarkan, yang paling parah yaitu akan merusak perangkat receiver mati total. LNB bisa dibeli ditoko elektronik harganya juga tidak terlalu mahal.

Kesalahan Dalam Mensetting

Kesalahan ketika poses setting receiver juga bisa mengakibatkan sinyal menghilang. Walapun intensitas sinyal tidak 0%, tetapi kualitas sinyal yang sangat kecil sekitar 4 sampai 5 persen. Ini tentu membuat tidak adanya siaran ke receiver.

Jadi pastikan untuk melakukan setting receiver dengan benar supaya masalah ini tidak terjadi dan tidak membuat repot. Jika memang masalahnya ini kamu bisa mengikuti cara setting receiver Tanaka diatas yang sudah kami sediakan diatas.

Frekuensi Satelit Yang Berganti Atau Berubah

Bukan hanya kesalahan dalam mensetting receiver saja yang membuat sinyal menghilang. Bergantinya atau berubahnya frekuensi satelit juga akan membuat sinyal menghilang. Kamu pasti sudah mengetahui bahwa sudah hampir semua channel yang ada di satelit Palapa D berpindah ke Telkom 4.

Jadi jika antena kamu masih mengarah ke Palapa D tentu tidak akan ada cahnnel disitu, atau tidak ada sinya yang ditangkap.

Untuk mengatasi masalah ini tentu kamu harus frekuensi baru dari sateli yang kamu tuju untuk mendapatkan kembali sinyal atau siaran. Untuk mengetahu frekuensi dari satelit yang kamu tuju kamu bisa mencarinya di internet.

Rusaknya Perangkat Receiver

Receiver atau Decoder yang mengalami kerusakan tentu tidak bisa menerima sinyal atau bahkan tidak bisa menyala. Kerusakan receiver memang bisa saja terjadi. Receiver sendiri merupakan perangkat yang fungsinya sebagai penerima sinyal dari LNB dan kemudian disalurkan ke TV dalam bentuk gambar.

Jadi sudah dipastikan receiver sangat penting dalam siaran TV satelit, receiver bisa dibeli ditoko elektronik dengan beragam harga. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan kondisi keuangan kamu.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang tentang cara setting parabola tanaka tidak ada sinyal. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …