Cara Setting Antena Parabola Ke Telkom 4

Cara Setting Antena Parabola Ke Telkom 4 – Antena adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi menangkap siaran TV yang ada. Antena biasa dipakai di TV parabola dan TV biasa. Jadi, agar antena parabola bisa menerima frekuensi Telkom 4 untuk siaran TV satelit, di harus untuk mengatur antena dengan benar ke Telkom 4.

Satelit Telkom 4 atau satelit merah putih adalah satelit komunikasi geostasioner yang dimilik Indonesia dan dioperasikan perusahaan PT Telkom Indonesia. Pertama kali diluncurkan pada 18 Agustus 2018, dengan orbit 108.0°E bujur timur.

Pada atrikel kali ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Cara Setting Antena Parabola Ke Telkom 4. Supaya kamu bisa mendapatkan siaran dari satelit Telkom 4. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Setting Antena Parabola Ke Telkom 4

Untuk kamu yang menggunakan antena parabola, kamu wajib mengetahui cara setting antena parabola ke Telkom 4. Terdapat beberapa yang perlu diatur supaya bisa mendapatkan siaran dari satelit Telkom 4 dengan benar seperti berikut ini:

Menambah Satelit Baru

Pertama yang purlu kamu lakukan yaitu menambah satelit baru di reciever. Caranya bisa kamu ikuti langkah langkah berikut ini:

  • Tekan tombol Menu pada remote receiver.
  • Kemudian pilih opsi Daftar Satelit, dan periksa apakah sudah ada satelit Telkom 4.
  • Jika belum ada, kamu harus menabahkan dengan menekan tombol Tambah untuk menambahkan satelit baru.
  • Selanjutnya masukkan data untuk satelit Telkom 4 dan koordinat satelit 108.0°E.
  • Pilih tombol Simpan untuk menyimpan pengaturan yang kamu masukan.

Menambahkan Transponder Baru

Setelah menambahkan satelit Telkom 4, selanjutnya yaitu menambahkan transponder. Tujuannya untuk menangkap sinyal dari satelit Telkom 4. Frekuensi transponder haruslah diatur dengan benar.

Berikut langkah langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengatur frekuensi transponder:

  • Periksa dahulu sudah ada transponder atau belum. Untuk memeriksanya pada bagian Satelit Telkom 4.
  • Jika transpondernya belum ada, kamu bisa menambahnya dengan menekan tombol tambah yang ada di remot yang berwarna merah.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk mengisi frekuensi transpoder Telkom 4 yang baru. Kamu bisa memasukkan frekuensi transponder Telkom 4 ini: 3720 V 32727.
  • Kemudian jangan lupa untuk simpan dan tahapan selanjutnya yaitu atur antena parabola.

Mengatur Antena

Untuk mendapatkan siaran TV dari satelit Telkom 4 yang penting adalah mengatur arah antena. Untuk langkah langkahnya mengatur arah antena dengan benar:

Tekan tombol SAT yang ada di receiver atau cari tombol pengaturan antena yang ada pada receiver. Kemudian mulai dengan setting antena seperti informasi berikut ini:

  • Satelit: Telkom 4.
  • Daya LNB: Pilih saja On atau Auto.
  • Frekuensi LNB: pilih yang 5150.
  • DiseqC 1.o: Jika kamu tidak memakai Switch DiSeqC offkan saja. Jika kamu memakai Switch DiSeqC offkan harus pilih sesuai dengan konektor switch yang terhubung dengan LNB C band.
  • DiSeqC 1.1: Pilih Off saja, jika kamu tidak memakai penggerak disk atau positioner.
  • 22k: Pilih Off saja, jika kamu tidak memakai diseq 22k.

Tanda antena sudah diatur dengan benar akan terlihat intensitas sinyal yang didapat pada layar TV. Jika intensitas sinyal belum muncul, berarti pengaturan yang kamu masukan belum benar.

Mengatur Arah Antena

Mengatur arah antena dan posisinya juga penting di lakukan agar kamu mendapat siaran yang kualitasnya bagus. Langkah langkahnya bisa kamu ikuti berikut ini:

  • Pastikan disk parabola sudah terpasang di tiang yang kokoh dan harus tegak lurus keatas.
  • Kemudian Arahkan titik 0 yang ada di LNB ke barat.
  • Langkah dengan mengendorkan baut pengunci sudut elevasi dan inklinasi disk.
  • Miringkan antena ke Utara sedikit demi sedikit, kira kira 2 sampai 4 derajat.
  • Kemudian arahkan disk ke atas seperti payung yang terbalik.
  • Coba gerakan disk secara perlahan ke barat atau timur sekitar 10 sampai 30 derajat sambil mengawasi kualitas sinyal yang didapat.

Jika sudah muncul indikator dari kualitas sinyal, goyangkan sedikit hingga memperoleh kualitas sinyal yang maksimal.

Jika sudah mendapatkan sinyal yang bagus, kencangkan semua baut dan mur pengunci yang ada di dish parabola. Kemudian lakukan scan satelit agar mendapat siaran TV dari satelit Telkom 4.

Penyebab satelit Telkom 4 Tidak Ada Sinyal

Jika sudah mengikuti langkah langkah di atas tetapi masih saja belum mendapatkan sinyal, terdapat beberapa penyebab yang dibahas berikut ini.

Adanya Perubahan Frekuensi

Frekuensi channel yang berubah sudah menjadi hal yang umum bagi orang yang menggunakan antena parabola. Di kasus ini, terdapat salah satu channel atau lebih yang tiba tiba menghilang yang awalnya jernih seperti biasa.

Mengatasi masalah ini, kamu tinggal mengatur ulang frekuensi dari channel yang menghilang tersebut. Informasi tentang frekuensi channel biasa bisa internet atau media sosial.

Perubahan Kebijakan dari Pihak TV

Belakangan sedang ramai salah 1 perusahaan saluran TV mencabut hak izin siar channel miliknya yang ada di beberapa parabola atau receiver dengan merk tertentu. Ini bukan lagi jadi masalah baru untuk pengguna parabola lama, karena kasus yang sama pernah terjadi.

Dan masalah ini kita tidak bisa melakukan apa apa. Jika hak izin siar sudah di cabut dari parabola atau receiver yang kamu beli, satu satunya cara supaya masih bisa menonton channel yang di inginkan yaitu dengan mengganti parabola atau receiver yang di rekomendasikan.

Perubahan kebijakan ini bisa terjadi kapan saja, dan bahkan tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Receiver Yang Mengalami Bermasalah

Receiver yang mengalami masalah juga bisa menjadi penyebab satelit Telkom 4 Tidak Ada Sinyal. Biasanya di tandai dengan tidak adanya siaran yang di temukan satu pun.

Untuk mengetahui receiver mengalami masalah atau tidak, terdapat 2 cara yang bisa lakukan yaitu:

  • Coba ganti kabel RCA receiver.
  • Coba untuk memakai receiver yang lain.

Karena harga dari kabel reciever itu lebih murah jika dibandingkan dengan harga 1 unit receiver. Kami menyarankan untuk mencoba cara pertama terlebih dahulu. Jika sudah mengganti kabel RCA dan masih terjadi masalah, berarti receiver perlu diganti.

Dseg Mengalami Masalah

Dseg atau switch parabola yang mengalami masalah juga menjadi penyebab satelit Telkom 4 Tidak Ada Sinyal. Hal ini biasa di tandai dengan tidak adanya sinyal yang tertangkap. Atau bahkan intensitas sinyalnya 0%.

Yang perlu kamu tahu Dseg atau switch merupakan konektor yang memberi sinyal dari LNB. Switch ini terdari atas beberapa channel, jadi hanya satelit dari switch yang rusak saja yang tidak muncul.

Untuk masalah ini, cara mengatasinya yaitu dengan mengganti dseg atau switch parabola. Harganya juga tidak terlalu mahal dan bisa ditemukan di toko elektronik baik offline atau online.

Jika sudah mengganti switch tapi sinyal masih saja tidak tertangkap oleh parabola, bisa jadi masalah diakibatkan karena LNB yang mengalami kerusakkan.

Seperti yang kita tahu LNB merupakan komponen penting pada antena parabola yang tugasnya sebagai penangkap sinyal satelit. Biasanya dibandrol mulai dari 100 ribu sampai 150 ribu per unitnya.

Kata Penutup

Demikian sedikit informasi dari teknowarta tentang Cara Setting Antena Parabola Ke Telkom 4. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Leave a Comment