Cara Paralel Antena TV Agar Tetap Jernih

Cara Paralel Antena TV – Untuk saat ini, pesawat TV sudah hampir menjadi kebutuhan primer yang mungkin dinyalakan hampir setiap saat. Biasanya dalam satu rumah bisa ada lebih dari satu TV, misalnya diruang keluarga ada satu TV, lalu dikamar juga ada TV dan seterusnya.

Pada umumnya, jika ada lebih dari satu unit TV dalam satu rumah dan hanya menggunakan 1 antena luar saja, maka kita akan menggunakan konektor paralel untuk menyambungkan si antena dengan semua TV yang ada. Menurut pengalaman, maka dengan menggunakan cara tersebut akan menurunkan kualitas dari gambar pada TV yang di paralel.

Adapun cara yang lebih benar yaitu dengan menggunakan spliter yang memang sudah di desain untuk keperluan seperti ini. Tetapi Teknowarta tidak akan membahas hal itu pada postingan kali ini melainkan cara paralel antena TV agar tetap jernih.

Sebelum bisa menggunakan TV, maka kalian harus menghubungkannya terlebih dahulu ke antena. Antena sendiri merupakan alat yang fungsinya untuk mendeteksi transmisi sinyal, memungkinkan TV agar bisa menampilkan gambar acara TV tergantung pada area jangkauan.

Pada kesempatan kali ini Teknowarta akan membagikan cara paralel antena TV agar tetap jernih. Cara paralel antena TV ini bisa kalian lakukan dirumah, penasaran? Silahkan simak saja ulasan selengkapnya.

 

Cara Paralel Antena TV Supaya Tetap Jernih

  1. Arahkan Antena ke Menara Penyiaran Terdekat

Opsi yang pertama harus dilakukan untuk memasang antena TV dengan jelas yaitu mengarahkan antena ke Menara terdekat. Kalian bisa memeriksa lokasi Menara radio yang paling dekat dengan lokasi kalian tinggal. Setelah itu, kalian bisa mengarahkan antena ke Menara transmisi karena ini penting. Kalian tidak hanya bisa memposisikan Menara, tapi kalian juga bisa mengarahkan antena ke berbagai arah.

 

  1. Bersihkan Aluminium Antena

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk memasang antena TV dengan jelas yaitu dengan membersihkan bagian aluminium antena nya. Sebab, alumunium antena TV itu bisa jadi berjamur dan berkarat seiring dengan berjalannya waktu. Masalah seperti ini sudah sering sekali terjadi ketika menggunakan antena luar ruangan (outdoor) atau ketika antena jarang di bersihkan.

 

  1. Atur Ulang Pengaturan Tuner Digital

Cara paralel antena TV agar tetap jernih yang terakhir dan harus kalian lakukan adalah mengatur tuner digital TV kalian. Tuner digital akan merubah sinyal TV yang masuk ke format digital. Akan tetapi, sebagian besar stasiun TV merubah sinyal yang mereka keluarkan, sehingga sulit bagi tuner digital untuk memahami sinyal tersebut.

 

Cara Paralel Antena TV, 1 Antena untuk 2 TV

Untuk menghemat pengeluaran biaya, tentunya kalian bisa menggunakan satu antena TV tetapi digunakan untuk dua TV sekaligus. Apakah bisa? Sekarang ini ada permintaan global yang meningkat untuk kemampuan menggunakan satu antena TV untuk dua TV sekaligus secara bersamaan. Yang terpenting adalah, kalian harus tahu cara untuk memasang antena TV secara paralel.

Dan bahkan, kalian bisa menggunakan satu antena TV untuk dua TV sekaligus. Hal ini karena sudah banyak orang yang menggunakan cara untuk memesang langsung antena TV yang disambungkan secara paralel. Tetapi jika digabungkan langsung secara paralel, sayangnya bisa mempengaruhi dan bisa merubah antena dan TV.

Selain itu, penerimaan siaran TV juga bisa menurun. Tentu saja ini bisa membuat kebisingan latar belakang dan bitnik-bintik semut yang bisa menggau kalian ketika menonton. Cara paralel antena TV yang terbaik untuk menyambung ke dua TV hanya dengan satu antena yaitu dengan menggunakan rangkaian pembagi antara antena dan TV kalian.

 

Cara Memasang Kabel Antena

Untuk memasang kabel antena kalian harus memilih antena nya terlebih dahulu dan setelah itu kalian tinggal memasang antena nya. Supaya lebih jelas lagi, langsung saja kalian simak cara untuk memasang kabel antena berikut ini:

 

  1. Memilih Antena

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu memilih antena TV karena kalian harus tahu jenis antena yang kalian butuhkan untuk TV kalian. Jenis antena sendiri ada banyak dan umumnya antena TV terdiri dari antena outdoor dan antena indoor sehinggga ada perbedaan dari segi bentuk dan juga penempatannya.

Antena indoor atau yang digunakan di dalam ruangan biasanya mempunyai bentuk bulat dan bisa ditempatkan dimana saja. Biasanya antena ini disertakan dalam pembelian TV kalian. Kalian harus mewaspadai lingkungan di sekitar kalian, karena jika berada di dekat stasiun atau stasiun TV, maka kalian bisa memilih antena dalam ruangan secara opsional.

Selanjutnya kalian juga harus memperhatikan driver mainboard nya yang terpasang di antena. Kalian perhatikan juga jenis kabel yang kalian gunakan supaya tidak salah dalam memilih kabel. Sudah ada banyak jenis kabel yang biasa digunakan untuk antena TV seperti kabel yang menggunakan tembaga berserat dan yang tidak berserat. Kalian bisa memilih kabel tembaga tebal yang menentukan tegangan.

 

  1. Memasang Antena

Jika kalian sudah mendapatkan antena yang bagus, maka kalian harus tahu cara untuk memasangnya yang benar. Untuk memasangnya ada beberapa langkah yang harus dilakukan, tetapi sebelum itu kalian harus menyiapkan alat yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang diperlukan untuk memasang antena antara lain ada kabel, gunting, tang, obeng dan juga antena TV.

Untuk langkah awal, sebaiknya kalian Tarik secara perlahan ujung kabel menggunakan cutter atau gunting untuk mengupas bagian luar sekitar 1,5 cm supaya nantinya isi kabel tidak tergores. Ini akan berdampak pada kualitas gambar. Kertas aluminium foil dan juga kabel tengah, ketiga komponnen tersebut di olah menjadi satu kesatuan sehingga jadi tidak terpisahkan.

Setelah kalian menyiapkan kabelnya, kalian kendurkan sekrup pada soket yang menghubungkan ke lubang koneksi antena pada TV sambungkan kabel ke konektor jack. Untuk kabel serat optic, kalian bungkus di sekitar guna membuat satu bagian atau gunakan solder untuk mencegah kabel tembaga meleleh ke dalam serat kabel.

Jika sudah terpasang dengan benar, maka putar antena secara perlahan untuk menemukan arah sinyal yang stabil dan biarkan TV untuk menampilkan gambar yang bagus. Antena outdoor atau luar ruangan ini biasanya mempunyai jaringan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan antena indoor atau antena dalam ruangan.

Tapi sekarang saat nya untuk berinovasi dengan menciptakan antena indoor yang bisa menampilkan gambar TV dengan jelas dan bisa menjangkau banyak stasiun TV. Kalian perlu untuk mempelajari secara lengkap mengenai cara paralel antena TV dan bagaimana pemasangan yang sesuai supaya bisa menghasilkan intensitas gambar yang terbaik.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi yang sudah Teknowarta bagikan tentang cara paralel antena TV agar tetap jernih. Semoga cara diatas bisa membantu dan bermanfaat.

 

Leave a Comment