Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang Beserta Penyebabnya

Siaran K Vision Hilang – Pada kesempatan kali ini Teknowarta akan membagikan cara mudah untuk mencari siaran K Vision yang hilang. Karena caranya mudah, seharusnya siapa saja bisa melakukannya bahkan yang belum berpengalaman sekalipun.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan siaran TV K Vision hilang dan tidak bisa diakses oleh para pelanggan K Vision. Penyebab yang paling sering yaitu karena ada masalah pada sambungan kabel antara lnb parabola dan receiver K Vision.

Karena itulah, untuk mendapatkan kembali siaran K Vision yang hilang, maka kalian harus mencari terlebih dahulu penyebab siaran K Vision yang hilang.

 

Cara Mudah Mencari Siaran K Vision yang Hilang

Berikut ini adalah beberapa penyebab serta cara untuk mengatasi K Vision yang kehilangan sinyalnya.

 

  1. Update Frekuensi Transponder K Vision

Pertama-tama yang harus kalian periksa saat tayangan K Vision di TV kalian tiba-tiba hilang hilang yakni melihat frekuensi transponder K Vision di receiver. Kalian pastikan bahwa frekuensi transponder K Vision kalian merupakan frekuensi yang terbaru, baik itu yang ada di KU Band dan C Band.

Cara dibawah ini  bisa dilakukan bagi kalian yang masih belum memasukan frekuensi K Vision terbaru:

  • Pertama-tama kalian tekan tombol menu pada remote receiver.
  • Kemudian pilih menu instalasi
  • Setelah itu arahkan pada satelit K Vision atau measat 3a
  • Lalu kalian tekan Ok.
  • Selanjutnya kalian tekan tombol sat pada remote untuk masuk ke daftar transponder
  • Lihatlah frekuensi transponder K Vision. Pastikan bahwa frekuensi K Vision yang ada merupakan frekuensi yang terbaru.
  • Berikut ini adalah frekuensi terbaru K Vision ku band:
  • 12396 H 31000
  • 12436 H 31000

 

Update Frekuensi K Vision C Band

  • Pertama-tama tekan tombol menu pada remote receiver
  • Kemudian arahkan dan pilih menu instalasi
  • Pilihlah satelit telkom 4 atau K Vision C Band
  • Lalu kalian tekan tombol sat pada remote untuk membuka daftar transponder
  • Pastikan bahwa frekuensi K Vision di C Band merupakan frekuensi yang terbaru
  • Berikut ini frekuensi K Vision C Band yang terbaru:
  • 3860 V 31000
  • 4060 V 31000

Pengaturan frekuensi transponder yang benar akan ditunjukan dengan muncul nya indikator intensitas sinyal sekitar 85%.

 

  1. Cek Sambungan Konektor

Cara yang kedua untuk mengatasi siaran K Vision hilang yaitu dengan mengecek pada sambungan konektor kabel dan receiver. Tak jarang saya menemukan kasus kendala K Vision yang hilang sinyal akibat konektor kabel antena yang terlepas atau tidak terpasang dengan baik pada receiver.

Kerusakan pada konektor kabel ditandai dengan tidak adanya indikator sinyal yang muncul, baik itu indikator intensitas sinyal nya maupun indikator kualitas sinyalnya.

Kalian tombol informasi pada remote receiver, kemudian kalian lihat apakah kedua indikator sinyalnya  hilang?

Kalian cek sambungan konektor pada kabel antena dan receiver yang ada pada bagian belakang receiver. Pastikan bahwa sambungannya masih terpasang dengan baik dan tidak terjadi korslet antara kabel tunggal dan juga kabel serabut antena.

Tak hanya karena sambungan konektor yang terputus saja, tidak munculnya kedua indikator sinyal juga bisa disebabkan karena lnb parabola yang rusak atau mati.

 

  1. Periksa Lokasi Antena Parabola

Hilang nya siaran K Vision juga bisa terjadi karena sinyal K Vision tertutup oleh pohon atau bangunan. Cobalah kalian periksa keadaan di area lokasi pemasangan antena parabola.

Jadi, pastikan bahwa tidak ada apapun yang menghalangi frekuensi satelit untuk sampai ke disk parabola.

 

  1. Atur ulang arah parabola

Cobalah kalian periksa kembali informasi indikator sinyal pada receiver. Kalian tekan tombol info pada remote receiver lalu lihat pada monitor TV.

Jika indikator intensitas sinyalnya masih muncul sekitar 85%, sementara indikator kualitas sinyalnya 0%, maka kemungkinan penyebab kerusakannya yaitu arah parabola yang bergeser.

Kalian harus mengatur ulang arah antena parabola supaya bisa menerima sinyal frekuensi siaran K Vision kembali.

Cara untuk repointing atau mengatur ulang arah parabola yaitu sebagai berikut:

  • Silahkana kalian kendurkan semua baut penyetel arah antena.
  • Kemudian gerakkan secara perlahan disk antena parabola ke kiri-kanan atau atas-bawah sembari melihat indikator kualitas sinyal.
  • Jika sudah berhasil menerima sinyal K Vision, maka akan muncul level sinyal pada indikator kualitas sinyal.
  • Usahakanlah supaya level sinyal mencapai angka maksimal > 85% supaya siaran K Vision tidak mudah hilang.
  • Jika sudah mendapatkan sinyal, kalian kencangkan kembali baut atau mur penyetel disk parabolanya.

 

  1. Pastikan Paket K Vision anda Aktif

Jika siaran K Vision yang hilang hanya sebagian saja, biasanya itu disebabkan karena hak akses kalian telah berakhir. Karena itulah, kalian harus memastikan bahwa masa aktif paket langganan siaran premium kalian masih berlaku.

Selain karena masa aktif paket K Vision yang sudah habis, hilangnya sebagian tayangan pada K Vision juga bisa terjadi karena ada kebijakan baru K Vision untuk menghentikan siaran TV tersebut.

 

  1. Lakukan Scan Ulang Frekuensi K Vision

Cara berikutnya untuk mencari siaran K Vision yang hilang yaitu dengan melakukan scan ulang frekuensi K Vision. Karena menurut pengalaman, biasanya siaran K Vision yang hilang itu bisa diatasi dengan melakukan refresh K Vision. Yakni memindai ulang siaran K Vision.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama kalian tekan tombol menu pada remote.
  • Kemudian kalian pilih menu instalasi.
  • Lalu arahkan pada satelit K Vision (telkom 4 atau measat 3a).
  • Setelah itu kalian tekan tombol scan warna biru.
  • Kalian pilih scan buta atau blind scan.
  • Kalian tekan saja OK untuk memulai scan
  • Jika siaran sudah berhasil diterima kembali, silahkan kalian simpan.

 

Penyebab Siaran Pada K Vision Hilang

Kalian ketahui terlebih dahulu apa penyebab dari hilangnya siaran atau channel yang ada pada Receiver K Vision. Saya akan membedakannya menjadi 2, yakni kesalahan dari program/software dan hardware atau komponen pada parabola. Berikut ini informasinya:

 

Kesalahan Pada Program Software

  1. Receiver Belum Teraktivasi

Biasanya hal ini seringkali terjadi pada receiver K Vision yang masih baru. Saat kalian membelinya disebuah penyedia receiver, tetapi masih belum di aktivasi oleh pemilik tokonya. Lantas, siaran-siaran pada K Vision pun belum muncul dan ditonton.

 

  1. Salah Konfigurasi

Dalam hal ini, penyebabnya ada banyak. Bisa saja karena salah pencet dari penggunanya sendiri atau ingin mengotak-atik tetapi yang malah terjadi siarannya jadi hilang semua.

Sebenarnya memang cukup riskan untuk mengotak-atik program pada receiver K Vision ini jika tidak punya pengetahuan tentang dunia persatelitan sama sekali.

 

  1. Frekuensi Berubah

Frekuensi yang berganti atau berubah ini sudah sangat umum terjadi. Tak hanya di receiver K Vision saja, melainkan diseluruh merk receiver pastinya pernah mengalaminya.

Penyebab berubahnya frekuensi ini yaitu untuk meningkatkan kualitas gambar siaran dari channel tersebut.

 

  1. Pindah Satelit

Sama halnya dengan frekuensi yang berubah, perpindahan satelit ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya siaran di receiver.

Seperti dahulu pada saat peralihan dari satelit Palapa D ke Telkom 4, mau tidak mau semuanya harus merubah arah dari Palapa ke Telkom.

 

Kerusakan Pada Komponen Parabola

  1. Receiver Error

Jika receiver mengalami error, maka bisa menjadi faktor penyebab hilangnya siaran. Biasanya karena umur receiver yang sudah lama atau ada komponen nya yang mengalami kerusakan didalamnya yang menjadi penyebab.

 

  1. Arah Dish Berubah

Arah Dish yang salah juga bisa menyebabkan siaran tidak muncul pada layar TV kalian. Berubahnya arah Dish ini biasanya disebabkan karena tertiup angina kencang ditambah lagi baut nya tidak terpasang dengan pas. Alhasil, Dish menjadi berubah arah.

 

  1. Kabel Co-Axial Terjepit

Kabel Co-Axial merupakan sebuah kabel yang menghubungkan LNB dengan Receicer sebagai alat untuk mentransmisikan sinyal dari satelit. Kabel Co-Axial ini kebanyakan terhimpit benda seperti genteng misalnya yang membuat aliran sinyalnya jadi terhambat. Adapun juga yang termakan tikus sehingga siaran jadi hilang.

 

  1. LNB Rusak

Bagian LNB merupakan komponen utama penangkap sinyal. Jadi, jika komponen ini rusak, maka tidak akan bisa untuk menangkap sinyal. LNB biasanya sering kemasukkan air atau menjadi sarang burung. Hal inilah yang membuat LNB jadi tidak berfungsi.

 

Penutup

Dan itulah tadi cara mencari siaran K Vision yang hilang beserta penyebabnya. Semoga membantu dan bermanfaat.

 

Leave a Comment