TV Parabola Tidak Ada Sinyal? Begini Cara Programnya

TV Parabola Tidak Ada Sinyal? Begini Cara Programnya

TV Parabola Tidak Ada Sinyal – Kalian pernah atau sedang mengalami masalah channel TV parabola yang tidak ada sinyal? Jika kalian masih bingung bagaimana cara untuk memprogramnya, kalian jangan panik. Karena pada kesempatan kali ini Teknowarta akan membagikan cara untuk memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal.

TV parabola yang tidak ada sinyal ini sangatlah menjengkelkan karena akan mengganggu ketika kita sedang menikmati tontonan menarik bersama keluarga dirumah. Apalagi jika acara favorit kita sedang tayang tetapi TV parabola malah tidak ada sinyal.

Ketika parabola atau receiver dirumah tidak ada sinyal, maka channel TV akan menghilang atau tampilan nya menjadi buram. TV parabola yang tidak ada sinyal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal salah satunya karena receiver nya tidak connect, dan ini bisa saja terjadi di semua parabola.

Jika hal ini sudah terjadi, maka yang harus kalian lakukan adalah meng-setting atau memprogram ulang dari awal dengan mencari sinyal parabola. Untuk caranya terbilang cukup mudah, asalkan kalian simak baik-baik cara programnya. Lalu, bagaimanakah cara untuk memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal?

Silahkan simak panduan lengkapnya di bawah ini!

 

Penyebab TV Parabola Tidak Ada Sinyal

Tetapi sebelum kalian mulai untuk pemprograman, sebaiknya kalian tahu terlebih dahulu beberapa penyebab yang menjadikan TV parabola tidak ada sinyal. Supaya nantinya kalian bisa menanganinya ke sumber masalahnya langsung.

Terdapat dua kemungkinan mengapa terjadi sinyal hilang pada TV parabola yaitu pada pemrogramannya maupun komponennya. Berikut ini adalah beberapa penyebab tersebut.

 

  1. Salah Program

Jika TV parabola tidak ada sinyal, mungkin itu bisa diakibatkan karena kesalahan dalam programnya. Maka kalian hanya perlu memprogram kembali TV parabola supaya bisa normal kembali. Karena solusi yang paling tepat adalah dengan memprogram ulanbg semua channel nya.

Dalam memprogram TV parabola dibagian instalasi itu membutuhkan beberapa pengetahuan dasar yang spesifik tentang masalahnya. Sementara untuk memprogram parabola itu sebenarnya sama saja antara receiver merk Matrix, Venus atau lainnya.

 

  1. Receiver Tidak Konek

Receiver yang gunanya untuk menangkap siaran yang berasal dari polaritas, tentunya perannya cukup penting. Sehingga jika masalah TV parabola tidak ada, maka itu bisa jadi karena polaritas perlu ada pergantian.

Dengan catatan, kalian cari tahu terlebih dahulu apakah receiver ini benar-benar kehilangan fungsi atau hanya salah dalam pemprogramannya saja. Sehingga nantinya bisa ditangani dengan benar.

 

  1. LNB dan Switch Mati

Cara untuk memperbaiki atau memprogram TV tidak ada sinyal akibat sinyal hilang yaitu dengan cara mengencangkan soket kabel bagian lnb yang kendor. Periksalah bagian konektor lnb, jika penempatan nya tidak sesuai, maka kalian posisikan secara benar.

Masalah seperti ini bisa saja terjadi karena kesalahan pemrograman untuk satelitnya ataupun masalah kerusakan pada switch yang mati. Jika sudah berhasil dibenarkan coba dan lakukan ulang pemprograman ulang.

 

  1. Kabel

TV parabola yang tidak ada sinyal yang disebabkan karena kabel, mungkin menjadi salah satu permasalahan yang kerap kali terjadi. Perbaikan ini sangatlah mudah, kalian hanya perlu mengecek kabel dari receiver ke parabola apakah ada yang bermasalah atau tidak.

Jika kondisi normal maka kalian hanya perlu untuk mencoba kembali untuk memprogram. Tetapi jika tidak, maka sebaiknya coba untuk diganti dengan kabel yang baru lalu memprogram ulang TV parabolanya.

 

  1. Frekuensi Ganti/Berubah

Tak hanya adanya kesalahan ketika memprogram dan beberapa kesalahan lainnya. Dimana yang bisa membuat sinyal hilang juga bisa disebabkan karena adanya perubahan frekuensi atau bahkan bisa karena ganti satelit.

Tidak hanya adanya kesalahan saat memprogram, dan beberapa kesalahan lainnya. Di mana yang membuat sinyal hilang juga bisa dikarenakan oleh adanya perubahan frekuensi atau bahkan bisa ganti satelit.

Karena sekarang hampir semua hampir semua saluran yang ada pada satelit Palapa D telah pindah ke Telkom 4. Dengan demikian, maka yang sebelumnya pada receiver channel A di satelit Palapa, maka bisa saja hilang ataupun tidak ada sinyal sama sekali.

 

Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Sebenarnya cara untuk memprogram TV parabola    pada bagian menu pengaturannya. Sebagai contoh cara memprogram TV parabola Matrix yang tidak ada sinyal sedikit berbeda dengan cara untuk memprogram K-Vision yang hilang.

Agar bisa memprogram receiver yang tidak ada sinyal, maka kalian bisa mengikuti panduan cara yang ada dibawah ini. Panduan ini digunakan untuk memprogram TV parabola receiver mpeg2.

Berikut cara untuk memprogramnya:

  1. Pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah masuk Menu.
  2. Kemudian kalian pilih pengaturan program dan pilih Pengaturan Antena.
  3. Pada Pengaturan Antena, kalian pilih satelit Telkom 4 karena semua siaran lokal ada di sana (jika nama satelit masih Telkom 1, rename dengan Telkom 4).
  4. Selanjutnya kalian pilih tipe LNB standar, LB Freq 05150, Daya LNB 13/18V, 22K pilih mati, DiSEqC pilih Lnb1 (jika belum bisa coba Lnb2), untuk positiner kalian pilih mati.
  5. Jika sudah di setting, lalu klik Menu atau Exit.
  6. Pada Pengaturan Program, kalian pilih Tambah Saluran.
  7. Kalian pilih Satelit Telkom 4 pada keterangan Satelit.
  8. Untuk Frequensi Transponder, kalian masukkan frekuensi satelit yang akan di-lock (contohnya Telkom, maka kamu bisa mencarinya di internet dengan kata kunci frekuensi telkom 4 terbaru 2022).
  9. Masukkan frekuensi yang kalian pilih (disarankan TV One, maka kalian ketikkan frekuensi TV One yang terbaru tersebut).
  10. Begitu pula isi Symbol Rate TV One dan Polaritas pilih Horizontal, jangan Vertikal.
  11. Jika sudah, silahkan kalian cek intensitas sinyal dan kualitas sinyal.
  12. Jika keduanya kosong atau tidak ada sinyal, maka silahkan kalian cek konektor di belakang receiver.
  13. Pastikan jiak kabel Lnb bagus dan kabel sampai ke parabola.
  14. Tetapi, jika intensitas dan kualitas sinynal ada, maka lakukanlah tracking parabola dengan lurus alias tidak miring.
  15. Selanjutnya kalian naik turunkan parabola hingga intensitas dan kualitas sinyalnya naik.
  16. Jika intensitas dan kualitas sinyalnya sudah bagus, maka kalian sudah bisa klik OK. Jika belum, maka terus lakukan tracking.
  17. Selanjutnya kalian cek channel dan hanya akan muncul channel TV One, pilih halaman yang paling bawah.
  18. Kemudian kalian klik Menu lalu Merubah Program dan pilih Hapus Semua, dan klik OK.
  19. Jika sudah, maka pilih Menu lagi dan Pilih Pengaturan Program, pilih Scan Otomatis.
  20. Kalian pilih Telkom 4 dan Klik OK.
  21. Silahkan kalian tunggu sampai Scan Otomatis selesai.
  22. Jika sudah selesai maka siaran TV akan jadi seperti semula.

 

Tips Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Bagaimana, cara untuk memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal cukup praktis bukan? Akan tetapi, jika masih saja belum berhasil maka kalian bisa melakukan nya secara berulang.

Atau, kalian juga bisa mengikuti tips program TV parabola supaya sinyalnya sempurna. Berikut ini adalah tips untuk memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal:

  • Kalian cek receiver dan kabel, pastikan bahwa sudah saling terhubung dengan baik termasuk pada kabel Lnb.
  • Pastikan juga receiver berfungsi dengan baik untuk menangkap siaran. Jika ada komponen yang rusak, maka sebaiknya kalian ganti.
  • Kalian periksa frekuensi karena beberapa frekuensi channel TV seringkali berubah tanpa adanya pemberitahuan. Lakukan program ulang dengan frekuensi yang terbaru (bisa kalian cek di internet).
  • Kalian kencangkan baut pada parabola akibat geseran karena angin atau hujan.
  • Kalian bersihkan Lnb parabola di atas disk antena parabola.
  • Perhatikan intensitas sinyal pada angka 40-70 persen untuk Lnb normal, jika 0 persen maka LNB tidak bisa untuk menangkap sinyal atau kabel terputus.
  • Lakukanlah tracking yang bisa kalian ikuti panduannya di internet.

 

Penutup

Dan itulah tadi cara program TV Parabola yang tidak ada sinyal. Semoga informasi yang telah Teknowarta diatas bisa bermanfaat dan dapat membantu.

 

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …