Cara menghentikan panggilan spam di Android dan iPhone

Cara menghentikan panggilan spam di Android dan iPhone

Cara Menghentikan Panggilan Spam di Android dan iPhone – Seperti halnya fungsi utamanya, ponsel memang sangat berguna sebagai alat komunikasi. Meski kini sudah banyak fungsi canggih yang terpasang, fungsi telepon seluler sebagai alat komunikasi elektronik tetap tidak hilang. Sayangnya, sebagian orang seringkali memanfaatkan perkembangan teknologi untuk tujuan yang tidak baik. Salah satunya adalah panggilan spam, yang biasanya digunakan untuk hiburan atau untuk meneror orang lain. Tentu saja, panggilan spam sangat mengganggu dan mengganggu.

Panggilan spam biasanya berisi omong kosong tanpa maksud eksplisit dari penyerang. Bahkan tidak jarang panggilan spam terdengar silent atau tidak berbunyi sama sekali. Momen paling tidak menyenangkan adalah ketika panggilan spam diulang hingga mengganggu pekerjaan. Jadi, ada baiknya untuk mempelajari cara menghentikan panggilan spam.

Metode untuk menghentikan panggilan spam berbeda untuk sistem operasi Android dan iOS. Perbedaan dalam sistem operasi membuatnya berbeda seperti dalam banyak aspek lainnya. Namun untuk semua jenis handphone, kurang lebih diperlukan langkah yang sama. Misalnya, beberapa merek ponsel Android dengan merek lain memiliki cara yang sama untuk menonaktifkan panggilan spam. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Blokir nomor telepon agar tidak mengirim spam

Cara pertama adalah yang paling sederhana dan biasanya menjadi pilihan pertama. Jika ada lebih dari satu nomor spam, itu akan memakan waktu lama. Metode ini cukup sederhana untuk perangkat Android. Temukan nomor yang mengganggu dalam daftar panggilan. Tekan dan tahan nomor tersebut, lalu pilih Blokir atau Laporkan Spam. Ada juga metode yang tidak jauh berbeda yang tersedia di iOS. Mungkin nama pemilihannya sedikit berbeda, seperti This Caller Block. Nomor yang diblokir tidak akan dapat menghubungi Anda saat pemblokiran dibuka.

Gunakan aplikasi yang sesuai

Jika Anda membutuhkan cara lain yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi yang sesuai. Aplikasi seperti RoboKiller, Numberobo atau Kiya berguna untuk memblokir panggilan spam. Biasanya, aplikasi ini adalah alat berbayar, jadi diperlukan biaya berlangganan untuk menggunakannya. Aplikasi ini menggunakan database panggilan spam untuk mencegah panggilan mengganggu lainnya. Aplikasi bermanfaat ini dapat diunduh dari Play Store dan App Store.

Andalkan sistem operasi ponsel Anda

Anda juga dapat memanfaatkan sistem operasi ponsel Anda untuk menghentikan panggilan spam. Samsung dan Google telah melengkapi perangkat mereka dengan kemampuan untuk menandai panggilan yang dicurigai sebagai spam. Sistem operasi iOS 13 juga memperkenalkan aplikasinya sendiri yang disebut Silence Unknown Callers. Aplikasi akan memblokir nomor yang belum pernah dipanggil atau dikirimi pesan. Panggilan yang dianggap spam hanya masuk ke pesan suara. Buka “Pengaturan”, lalu pilih “Telepon”, lalu “Bungkam penelepon tidak dikenal” untuk mengaktifkan.

Aktifkan Mode Jangan Ganggu

Mengaktifkan Jangan Ganggu adalah cara lain untuk mencegah panggilan spam. Dengan mengaktifkan mode ini, Anda hanya akan menerima panggilan dari nomor kontak yang Anda simpan. Sayangnya, mode ini cenderung mencegah panggilan penting yang nomornya belum disimpan. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan mode ini sementara. Segera setelah nomor eksternal berhenti mengirim panggilan spam, matikan mode ini agar panggilan penting tidak diabaikan.

Ada banyak cara untuk menghentikan panggilan spam, dari mengaktifkan mode tertentu, menyesuaikan pengaturan, hingga menggunakan aplikasi pembantu. Anda bisa meninjau semua cara di atas yang paling tepat untuk digunakan dan melihat kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.