Cara Benar Memasang Kabel Antena TV Ke Booster

Cara Benar Memasang Kabel Antena TV Ke Booster

Cara Benar Memasang Kabel Antena TV Ke Booster – Masyarakat Indonesia sekarang hampir setiap rumahnya sudah mempunyai barang elektronik yang bernama TV. Karena TV bisa menayangkan siaran yang menghibur ketika di waktu luang. Dan masalahan yang sering terjadi pada TV tentu pasti banyak pengguna TV yang mengalami ini yaitu hilangnya channel atau gambar yang kurang jernih.

Sebenarnya masalahan ini bisa diatasi jika kita mempunyai keahlian elektronika, karena masalahan seperti ini sangat mudah untuk diatasi. Tetapi sebelum melakukan memperbaiki, yang harus kita lakukan terlebih dahulu yaitu mengetahui apa penyebab TV bermasalah. Terutama masalah pada saluran yang gambarnya kurang jernih.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab gambar TV kurang jernih, salah satunya yaitu kurangnya sinyal yang ditangkap antena TV. Biasanya ini terjadi karena lokasi atau daerah tempat tinggal kamu yang jauh dari pemancar sinyal. Seperti di daerah pedesaan pelosok yang sinyalny terhalang oleh pegunungan atau bukit. Hal ini bisa diatasi dengan memasang Booster untuk antena TV.

Seperti yang diketahui BOOSTER TV adalah rangkaian elektronik yang fungsi untuk menguatkan sinyal. sehingga pancaran sinyal akan dikuatkan supaya bisa ditangkap oleh antena TV kita. Alat ini sangat bagus dipakai pada daerah yang susah sinyal, karena akan memperbaiki kualitas siaran TV yang ditangkap.

Pada artikel kami ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Cara Benar Memasang Kabel Antena TV Ke Booster. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Komponen Booster TV

Biasanya Booster TV terdiri atas 2 bagian yaitu Booster atas (outdoor) dan Booster bawah (indoor). Di dalam perangkat Booster terdapat sebuah trafo kecil yang berfungsi sebagai power supply. Dan ada juga 2 terminal input pada Booster, yaitu input untuk antena VHF dan UHF.

Pemancar sinyal TV sekarang rata rata sudah memakai sinyal analog atau UHF, jadi yang dipakai hanya terminal UHF saja sebagai input dari antena. Sedangkan output pada bagian Booster disambungkan mengunakan kabel antena ke power supplay Booster indoor kemudian disambungkan ke terminal power supplay Booster yang bertulisankan To Booster.

Pada power supplay mempunyai 2 terminal, yakni To Booster yang disambungkan ke Booster dan To TV yang disambungkan ke perangkat TV. Jika sinyal yang diterima dan gambar sudah jernih, Booster bisa dipasang didalam rumah rumah saja. Karena jika di taruh di luar khawatirnya akan cepat mengalami kerusakan karena terkena cuaca yang tidak menentu. Tetapi jika di taruh didalam rumah kualitas gambar masih jelek, Booster bisa di taruh di luar sekitar 1 sampai 1 setengah meter di bawah antena TV.

Dan jika kamu ingin membuat paralel antena, ini bisa dilakukan pada terminal To TV di power supplay Booster atau bisa juga dilakukan di terminal To Booster di power supplay dengan memasangkan kondensor keramik. Dimana nilai tegangannya harus sesuai dengan yang ada di dalam power supplay pada ujung kabel antena sebelum ke TV.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Berikut langkah langkah memasangan kabel antena TV ke Booster:

  • Persiapkan bahan yang dibutuhkan, yang sudah pasti Booster TV, kabel antena yang sesuai pastikan dalam kondisi baik, dan panduan singkat tentang pemasangan Booster yang bisa ditemukan pada kemasan Booster.
  • Kemudian perhatikan port dari Booster antena, terdapat 2 jalur yang harus dipasang. Pastikan kabel sesuai dengan ukuran yang.
  • Kemudian pasangkan kabel pertama yang dari antena ke port TV dan lanjutkan dengan memasang kabel antena TV ke Booster
  • Terdapat 3 jalur tambahan dari antena yang menuju Booster, yakni bagian antena UHF, VHF dan bagian bawah. Pasangkan kabel sesuai dengan tempat yang sudah disediakan di Booster.
  • Jika semua kabel sudah di pasang dengan benar, berarti penyambungan Booster dengan antena sudah selesai. Sebelum dipakai periksa sekali lagi apakah pemasangan booster dengan antena sudah benar.

Rekomendasi Booster Antena TV

Berikut beberapa rekomendasi booster antena TV yang bagus:

PF 850 + Booster

Rekomendasi ini yaitu antena yang sudah di lengkapi dengan booster sekaligus. Jika kamu ingin membeli antena baru yang sudah disertai dengan booster, PF 850 + Booster ini pilihan yang bagus. Harganya juga berada di kisaran 100 ribuan.

PF 850 + Booster adalah model antena outdoor yang mempunyai pipa berbahan alumunium dan bisa berputar 360 Derajat. Sehingga mudah dalam pencarian frekuensi memakai remote. Alat ini juga sudah mendukung frekuensi UHF dan VHF.

Dengan harga yang terjangkau, kamu akan merasakan siaran TV yang bagus dan tidak perlu repot jika ingin mengubah posisi antena. Karena ini bisa dilakukan memakai remote kontrol yang sudah bisa kamu dapatkan di dalam paket penjualan.

Toyosaki TYS-999

Baik TV Digital atau analog, modern atau yang tabung, booster TV dari TOYOSAKI ini siap menguatkan penerimaan sinyal supaya gambar terlihat jermih pada layar TV.

Produk ini mempunyai 2 unit yaitu indoor dan outdoor. Dan, juga mempunyai slot untuk antena berfrekuensi UHF dan VHF, tergantung tipe antena yang dipakai. Hanya dengan biaya di bawah Rp 100 ribu kita siudah bisa merasakan pengalaman menonton TV yang bagus.

Aoki Booster ATSP01

Aoki Booster ATSP01 semupakan sebuah booster antena yang mempunyai bentuk yang mirip dengan pengisian baterai ponsel. Walapun mempunyai bentuk yang kecil, alat ini bisa meningkatkan kekuatan sinyal dari antena TV di rumah kamu. Dengan harga berkisaran pada 70 ribuan.

Di dalam boxnya, Aoki Booster ATSP01 terdiri atas 1 buah booster, 1 buah smart chip, dan 1 buah konektor F (TV RCA to F Connector). Jika kamu mempunyai kabel antena yang memakai konektor F, kamu tidak perlu memakaikan konektor F tersebut.

CATV Signal Amplifier

CATV Signal Amplifier adalah sebuah booster antena TV yang harganya sangat terjangkau dan bisa diandalkan untuk mengatasi sinyal TV yang jelek. Hanya dengan 50 ribuan kita sudah bisa membeli booster ini.

Selain bisa dipakai untuk menguatkan sinyal antena TV, alat ini juga bisa disambungkan ke 2 TV sekaligus dengan 1 antena TV. Dengan begitu kita hanya perlu membeli 1 CATV Signal Amplifier jika dirumah kamu mempunyai 2 TV yang membutuhkan booster antena.

Pemasangan alat ini juga cukup mudah karena sudah ada petunjuk pemakaian yang berada dibelakang kemasan. Setelah booster sudah terpasang dengan benar, kamu bisa mengatur penguatnya dengan cara memutar pengatur yang ada di badan alat yang warna merah.

Tanaka WB 38 TG

Tanaka WB 38 TG merupakan sebuah booster TV yang bisa bisa kamu beli dengan harga kurang dari 100 ribu rupiah. Booster antena ini bisa dipakai untuk segala TV dan mempunyai tegangan sekitar 50 sampai 60 Hz.

Tanaka WB 38 TG bisa diandalkan untuk menguatkan sinyal TV dan juga bisa mengurangi gangguan pada TV. Alat ini mempunyai jenis frekuensi UHF atau VWF Amplifier Full Wave Band yang sudah dilengkapi dengan gain control dan remote power supply.

Tanaka WB 38 TG sudah dilengkapi dengan setelan kontrol penguat yang ada di dalam booster yang fungsinya sebagai penerima sinyal. Pada booster outdoor terdapat pengunci untuk mencengkram tiang sehingga lebih aman dan terhindar dari gangguan.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …