Pengertian Kabel VGA Beserta Jenis dan Fungsinya

Pengertian Kabel VGA Beserta Jenis dan Fungsinya – Jika kalian sudah sering mengoperasikan sebuah komputer, maka sudah pasti kalian tidak akan asing dengan penggunaan kabel VGA. Yang dimana, kabel VGA merupakan jenis kabel yang sering difungsikan sebagai konektor pada komputer atau PC.

Biasanya kabel ini terpasang pada port komputer dan akan disambungkan pada monitor. Dengan begitu, maka pengguna bisa menikmati tampilan visual seperti gambar maupun video pada alat tersebut.

Pada postingan kali ini, Teknowarta akan mengupas lebih dalam tentang kabel VGA. Mulai dari pengertian, jenis, ukuran, hingga fungsinya. Jadi, silahkan kalian simak informasi lengkapnya dibawah ini!

 

Pengertian Kabel VGA

VGA sendiri merupakan singkatan dari Video Graphics Array. Sebenarnya, ini merupakan teknologi antarmuka analog yang sudah sering diterapkan pada komputer lama. Lebih tepatnya yaitu komputer yang masih menggunakan CRT dan mempunyai monitor yang bentuknya tabung.

Pada tahun 1987, teknologi VGA pertama kali mulai dikenalkan oleh pihak IBM. Tampilan interface yang digunakannya yaitu jenis D-sub konektor. Dan teknologi VGA ini biasanya menggunakan 15 pin atau yang dikenal dengan istilah DE-15.

Sebagai interface analog, VGA mempunyai peran untuk menampilkan format gelombang analog. Yang dimana data yang nanti ditampilkan adalah sejenis warna seperti merah, kuning, biru. Dan juga,  sejumlah tampilan grafis seperti sync vertical, horizontal dan lain sebagainya.

Sementara untuk resolusinya, teknologi VGA mempunyai berbagai jenis resolusi. Mulai dari yang terkecil yakni 640×350 pixel sampai dengan 2048×1536 pixel. Dikarenakan masih menggunakan versi analog, maka port VGA jarang sekali ditemukan penggunaannya untuk sekarang ini. Alasannya karena kebanyakan telah diganti dengan standar grafis versi terbaru.

Tapi meski begitu, teknologi VGA masih diterapkan untuk berbagai keperluan, ya? Salah satunya adalah diimplementasikan untuk pocket PC.

 

Fungsi Kabel VGA

Kabel VGA berfungsi sebagai teknologi yang mendukung tampilan interface pada komputer. Jadi, data digital yang diterima oleh komputer akan ditampilkan pada monitor dalam bentuk grafis yang bisa di nikmati secara visual.

Berikut adalah peran dan fungsi dari kabel VGA yang harus kalian tahu:

 

  • Fungsi VGA adalah untuk menerjemahkan output digital pada CPU. Kemudian merubahnya menjadi tampilan grafis pada layar monitor.
  • Teknologi VGA akan memungkinkan kalian untuk menggambar desain grafis pada komputer.
  • Teknologi VGA juga akan memungkinkan untuk diterapkan guna keperluan bermain game dan lain sebagainya.

 

Berapa Ukuran Kabel VGA Sebenarnya?

Kabel VGA mungkin banyak ditemuakn pada komputer versi yang lama. Dikarenakan teknologi VGA ini dianggap sebagai standar koneksi tertua yang dirancang pada tahun 1987 oleh IMB.

Selain digunakan pada komputer, teknologi VGA juga banyak digunakan pada berbagai perangkat elektronik lainnya. Contoh perangkat tersebut adalah TV, Laptop, kartu grafis, Monitor, proyektor dan lain sebagainya.

Kemampuan yang dimiliki oleh VGA sebagai media transmisi sinyal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain yakni kualitas kabel, pin, dan juga jarak antara monitor dengan PC.

Karena itulah, kabel VGA juga di desain dengan merek, jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Kalian bisa menemukan ukuran kabel VGA dalam berbagai versi. Mulai dari yang panjangnya 10 meter, 15 meter, 20 meter, hingga yang 30 meter.

Untuk harganya juga terbilang cukup bervariasi. Beberapa hal yang mempengaruhi harga diantara nya adalah merk, jenis dan juga panjang kabel nya.

 

Jenis – jenis Kabel VGA

Pada umumnya, jenis kabel VGA dibedakan dua macam yaitu VGA on board dan juga eksternal. Jika VGA on board mempunyai kinerja yang rendah serta RAM yang terbatas. Sementara VGA eksternal mempunyai kinerja yang lebih baik.

Antara lain dari segi kapasitas RAM, kecepatan, tampilan gambar dan lain sebagainya. Adapun juga beberapa contoh VGA berdasarkan dari tipe dan bentuk slotnya yaitu:

  • VGA PCI (Peripheral Component Interconnect)
  • VGA ISA (Industry Standart Architecture)
  • VGA EISA (Extended Industry Standart Architecture)
  • VGA PCIe (Peripheral Component Interconnect Express)
  • VGA AGP (Accelerated Graphics Port)

 

Cara Memilih Kabel VGA yang Berkualitas Baik

Sekarang ini kabel VGA mempunyai berbagai macam merk dan jenis. Setiap kabelnya didesain dengan performa dan kualitas yang berbeda. Karena itulah, jika kalian ingin membelinya maka kalian harus memperhatikan beberapa pertimbangan. Jika kalian masih bingung, kalian simak saja tips memilih kabel VGA yang berkualitas baik dibawah ini.

 

  1. Pilih Tipe Sesuai Kebutuhan

Setiap tipe kabel VGA telah didesain dengan kualitas dan kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, sebelum kalian membeli, pastikan bahwa kalian sudah mengetahui tipe mana yang tepat. Dengan begitu, maka kalian akan meminimalisir terjadinya kekecewaan akibat membeli barang yang salah alias tidak sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Bijak Memilih Panjang Kabel

Kabel VGA telah di desain dengan panjang yang berbeda-beda. Yaitu mulai dari kabel yang panjangnya 10 meter sampai 30 meter. Pastikan juga kalian bijak dalam memilih panjang kabel sesuai dengan kebutuhan.

Dengan memilih kabel yang panjang memang seringkali disukai oleh sebagian orang dikarenakan kemudahan yang ditawarkannya. Tetapi jiak terlalu panjang, maka akan membuat ruangan tidak terlihat rapi. Tak hanya itu, kabel yang terlalu panjang juga disebut kurang efektif.

Pasalnya, nantinya panjang dari kabel akan berpengaruh juga pada resolusi gambar yang dihasilkan. Jadi, pastikan bahwa kalian memilih ukuran yang tepat, yakni kabek yang jaraknya paling mendekati perangkat.

 

  1. Memeriksa Kualitas Produk

Memilih produk yang berkualitas juga akan mempengaruhi performa dan kepuasaan kalian selaku seorang konsumen. Dengan begitu, banyak nya merk kabel VGA yang bagus mungkin akan membingunkan saat memilihnya.

Karena itulah, kalian harus teliti saat memeriksa kualitas produk yang akan kalian beli. Hal-hal yang harus diperhatikan tersebu diantaranya adalah:

 

  • Memilih Shielding Konduktor Berkualitas

Pastikan kalian memilih kabel yang mempunyai shielding konduktor yang berkualitas. Karena ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang di tampilkan. Tak hanya itu pertimbangan nya yaitu membuatnya tidak mudah terganggu dari sinyal lainnya.

 

  • Kepala Pin

Kalian pilihlah produk yang mempunyai kepala pin yang berpelindung. Dikarenakan jika bagian tersebut dibiarkan tanpa pelindung, maka akan berkarat dan bisa mengakibatkan terjadi nya korosi. Jika sampai hal itu terjadi, maka akan membawa dampak yang bisa dibilang cukup buruk. Diantara nya yaitu data akan sulit terbaca oleh perangkat, tampilan gambar tidak stabil dan lain kondisi akan merugikan lainnya.

 

  • Isolator Kabel

Isolator ataupun jaket pelindung pada kabel bisa juga berpengaruh terhadap kualitas dari benda tersebut. Supaya lebih awet, kalian pilihlah kabel yang mempunyai lapisan pelindung berbahan PVC.

 

  1. Harga Kabel VGA

Tips yang terakhir yaitu berkaitan dengan pertimbangan harga. Pastinya setiap merek menawarkan spesifikasi dan kualitas yang berbeda bukan?  Dengan begitu, harga yang dibanrol juga berbeda.

Oleh karena itulah, pastikan bahwa kalian bijak dalam memilih sesuai dengan kebutuhan. Jika kalian memilih produk dengan build quality yang mumpuni. Pastinya hal tersebut akan diikuti dengan harga yang bagus pula. Tetapi jika kabel digunakan hanya untuk keperluan sekali pakai saja, maka tidak ada salah nya bukan untuk memilih harga kabel VGA yang lebih ekonomis.

 

Penutup

Dan itulah tadi pengertian kabel VGA beserta jenis dan fungsinya. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat.

Leave a Comment