Kode Remote TV Aiwa Beserta Cara Settingnya

Kode Remote TV Aiwa Beserta Cara Settingnya

Kode remote TV Aiwa – TV sudah menjadi salah satu alat elektronik yang hampir ada di setiap rumah. Bahkan dalam satu rumah saja terkadang ada yang mempunyai TV lebih dari satu unit, biasanya ada yang diletakan di ruang keluarga ataupun di kamar.

Di Indonesia sendiri sekarang sudah banyak sekali merk TV ternama yang di pasaran seperti Sharp, Polytron, Samsung, LG, Aiwa, Akari dan masih banyak lagi tentunya. Untuk harga yang ditawarkan juga bervariatif tergantung dari tipe dan jenis TV nya, antara jenis TV tabung, LED atau LCD dan Smart TV juga akan berbeda.

Jika berbicara tentang TV, maka pada postingan kali ini Teknowarta akan memberikan informasi yang terkait dengan TV, tepatnya salah satu merk TV yaitu merk Aiwa. Mungkin kebanyakan dari kalian masih asing dengan merk TV yang satu ini jika dibandingkan dengan merk TV yang lainnya, tapi siapa sangka jika di Indonesia banyak orang yang menggunakan merk TV ini.

Terkait kode remote TV asal Jepang ini, tentu banyak orang menanyakan, terutama ketika kalian hendak melakukan pergantian remote TV bawaan kalian yang sudah rusak atau hilang. Sehingga kalian akan membutuhkan sebuah kode remote jika kalian mengganti dengan remote TV universal atau remote multi. Lantas, berapakah kode remote TV Aiwa tersebut dan bagaimana cara settingnya? Bagaimana, penasaran? Jika penasaran, silahkan kalian simak lebih jelasnya dibawah ini.

 

Fungsi Kode Remote TV Aiwa

Agar lebih jelas, sebelum lanjut ke pembahasan utama tentang kode remote TV Aiwa. Alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa fungsi dari kode remote TV. Kode remote ini berfungsi untuk menghubungkan remote universal atau multi sebagai pengganti supaya bisa berfungsi normal selayaknya remote asli atau remote bawaan.

Dikarenakan saat mengalami remote TV rusak atau hilang dan menggantinya dengan remote universal lalu langsung dipakai, maka secara otomatis tombol remote tidak akan berfungsi secara normal. Dengan demikian, supaya tombol bisa digunakan seluruh masukkan kode remote TV yang sesuai dengan merk dan jenis TV harus dilakukan.

 

Kode Remote TV Aiwa

Kode remote TV Aiwa sendiri itu sama saja seperti kode remote TV merk lainnya, yang dimana kode nya terdiri dari perpaduan 3 digit angka yang di acak. Hanya saja, perpaduan 3 digit angka tersebut mempunyai perbedaan dengan kode remote TV seperti kode remote TV Sharp, Polytron, Akari, Panasonic dan juga merek TV lainnya. Berikut adalah kode remote TV Aiwa:

 

  • 009
  • 057
  • 058
  • 073
  • 102
  • 103
  • 104
  • 181
  • 224

Setelah kalian mengetahui kode remote TV Aiwa di atas, maka selanjutnya kalian tinggal memasukkan atau setting kode remote tersebut. Sehingga nantinya remote universal tersebut bisa normal layaknya remote TV asli atau remote bawaan TV.

 

Cara Setting Kode Remot TV Aiwa

Jika sudah mengetahui kode remote TV Aiwa, lalu bagaimana cara untuk setting kode remote TV Aiwa? Bagi pengguna yang baru pertama kali memasukan kode remote TV tentunya akan bertanya-tanya tentang cara untuk memasukan atau meng-setting kode. Bagi kalian yang belum tahu, silahkan kalian simak bagaimana cara untuk setting kode remote TV dibawah ini.

  • Pertama-tama, kalian siapkan remote TV universal dan pastikan jika TV Aiwa sudah kalian nyalakan.
  • Kemudian, kalian langsung saja klik pada tombol “SET” dan tahan.
  • Kalian tahan dan jangan lepaskan tombol tadi, lalu langsung klik tombol “POWER” hingga lampu indikator pada remote TV universal hidup.
  • Jika lampu nya sudah menyala, maka kalian sudah bisa melepaskan tombol “SET” dan “POWER” yang tadi kalian pencet.
  • Selanjutnya kalian tinggal memasukkan 3 digit kode remote TV Aiwa dengan menekan tombol angka sesuai kode.
  • Setelah kalian selesai memasukkan kode, maka secara otomatis lampu indikator remote TV akan padam.

Jika sudah begitu, maka setting remote TV universal ke TV Aiwa telah berhasil. Kalian nantinya sudah bisa menggunakan remot TV pengganti tersebut layaknya seperti remote TV original dan sepenuhnya tombol bisa digunakan.

 

Penyebab Remote TV Tidak Bisa Digunakan

Tetapi dalam beberapa kasus yang sudah dialami dan terjadi pada para pemilik TV yang memasuka kode remote ada saja masalah atau kendala yang terjadi. Salah satu contohnya yaitu remote tidak mau berfungsi saat memasukan kode remote TV, lalu apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi? Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan beberapa hal berikut:

 

  1. Baterai Remote Sudah Habis

Penyebab pertama remote tidak berfungsi bisa disebabkan karena baterai yang digunakan remote sudah low atau habis. Jadi, silahkan kalian cek baterai remote dan jika ternyata habis, maka segera lah untuk menggantinya dengan yang baru. Setelah itu kalian cobalah untuk meng-setting ulang kode remote TV tadi.

 

  1. Salah Dalam Memasukkan Kode Remote

Penyebab selanjutnya remote tidak berfungsi bisa disebabkan karena salah saat memasukan kode remote TV. Misalnya saat harusnya memasukan kode remote 075, justru kalian malah memasukan kode  705 akibat salah pencet tombol. Jadi pada saat kalian memasukan kode remote, pastikan bahwa kalian sudah memasukan kode nya dengan benar.

 

  1. Adanya Masalah Teknis

Penyebab terakhir remote tidak berfungsi bisa disebabkan karena masalah teknis. Biasanya terjadi karena adanya kotoran atau karat pada besi penghubung antara baterai, sehingga akan mengakibatkan arus baterai tidak mengalir dengan sempurna. Oleh karena itu, silahkan kalian bersihkan bagian remote yang kotor lalu kalian coba untuk meng-setting ulang kode remote TV.

 

Sedikit Tips Sebelum Menggunakan Remote Universal

Setelah kalian mengatahui kode remote, cara setting dan juga penyebab remote TV tidak berfungsi diatas. Maka kalian harus tahu juga tips sebelum menggunakan remote TV universal akibat remote bawaan telah rusak. Adapun beberapa tips yang harus kalian ketahui sebelum menggunakannya, yang antara lain:

  • Silahkan kalian memastikan kecocokan remote TV universal dengan merk TV Aiwa.
  • Memilih jenis remote universal yang kiranya mudah untuk kalian gunakan.
  • Silahkan memasukkan salah satu dari sekian banyak kode remote TV yang ada.

 

Harga Remot TV Universal Aiwa

Bagi kalian yang bertanya-tanya tentang harga dari remote TV universal, maka Teknowarta akan memberikan informasi tentang kisaran hargannya. Yang dimana harga remote TV universal yang bisa digunakan untuk unit TV Aiwa cukup beragam.

Kalian bisa mendapatkan remote TV universal mulai dari harga Rp 15 ribu sampai Rp 110 ribu. Semakin mahal harga remote, maka kualitas dari remote nya juga semakin bagus. Untuk mendapatkan remote ini, kalian bisa datang ke toko elektronik terdekat atau bisa juga beli di toko online.

Untuk merek remote TV universal yang dikenal populer dan punya kualitas yang bagus adalah remote Joker. Selain itu ada banyak merk lain bisa kalian pilih seperti Visero, Retive, Huayu, Voltan, Chunghop, Shimura, dan lain-lainnya.

 

Penutup

Dan itulah tadi informasi tentang kode remote TV Aiwa yang sudah Teknowarta sampaikan. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat.

 

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …