Cara Pengaturan Antena Ke Satelit Telkom 4 Terbaru

Cara Pengaturan Antena Ke Satelit Telkom 4 Terbaru

Cara Pengaturan Antena Ke Satelit Telkom 4 Terbaru – Antena adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk mendapatkan kualitas siaran yang bagus. Biasanya antena dipakai di perangkat TV baik UHF dan Parabola. Jadi, agar antena parabola bisa menangkap satelit Telkom 4 dan mendapatkan frekuensi siaran TV satelit. Maka kamu harus mengatur antena ke satelit Telkom 4 dengan benar.

Sekedar info, satelit Telkom 4 atau satelit merah putih adalah satelit telekomunikasi milik Indonesia yang dioperasikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Yang diluncurkan pada 7 Agustus 2018 dengan orbit 108o bujur timur.

Bagi kamu pengguna antena parabola yang ingin menambah satelit untuk mendapatkan siaran TV, pada artikel kali ini teknowarta akan membagikan informasi tentang Cara Pengaturan Antena Ke Satelit Telkom 4 Terbaru. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengaturan Antena Ke Telkom 4 yang Benar

Bagi pengguna parabola yang masih baru bagaimana cara untuk mengatur antena ke Telkom 4. Berikut langkah langkah pengaturan yang benar:

1) Menambahkan Satelit

Langkah pertama yang kamu harus lakukan untuk mendapatkan sinyal dari satelit Telkom 4 yaitu dengan menambahkan satelit baru pada receiver yang kamu punya. Untuk caranya bisa ikuti langkah langkah berikut ini:

  • Tekan tombol Menu yang ada remote receiver.
  • Kemudian dalam Menu pilih Daftar Satelit dan periksa apakah ada satelit Telkom 4 atau tidak.
  • Kalau belum ada, kamu harus menambah dengan menekan tombol Tambah untuk menambahkan satelit baru.
  • Pada tahap ini kamu harus memasukkan data satelit Telkom 4 dan garis orbit satelit 108.0°E.
  • Kamudian pilih tombol Simpan untuk menyimpan pengaturan yang dimasukan.
Trending :  Frekuensi Terbaru Trans TV HD dan Trans 7 HD

2) Menambah Transponder Baru

Setelah menambahkan satelit, selanjutnya yang harus kamu harus menambahkan transponder baru. Tujuannya supaya bisa menangkap sinyal dari satelit Telkom 4.

Frekuensi transponder juga perlu diatur dengan benar. Berikut langkah langkah yang bisa kamu ikuti untuk menambah tranponder:

  • Terlebih dahulu kamu harus memeriksa apakah sudah ada transponder atau belum. Memeriksanya bisa lihat dibagian Satelit Telkom 4.
  • Jika belum ada transpondernya, tekan tombol yang berwarna merah pada remot receiver untuk menambahkan transponder.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk mengisi frekuensi dari transpoder baru. Untuk satelit Telkom 4, kamu bisa memasukkan frekuensi transponder Telkom 4 seperti ini: 3720 V 32727.
  • Dan simpan

3) Pengaturan Antena Telkom 4

Mengatur antena ke satelit Telkom 4 meruakan langkah yang penting. Berikut cara untuk mengatur antena parabola yang benar ke satelit Telkom 4:

Tekan tombol SAT yang ada di receiver atau carilah menu pengaturan antena direceiver. Kemudian lakukan pengaturan antena ke satelit Telkom 4 seperti data di bawah ini:

  • Satelit: Telkom 4.
  • Daya LNB: Pilih on atau auto juga bisa.
  • Frekuensi LNB: pilih 5150.
  • DiseqC 1.o: Jika tidak memakai Switch DiSeqC, offkan saja. dan jika kamu memaki Switch DiSeqC perlu memilih yang sesuai dengan konektor switch yang tersambung ke LNB Cband.
  • DiSeqC 1.1 : Pilih Off jika tidak menggunakan penggerak disk parabola.
  • 22k: Pilih Off jika tidak memakai DiSeq 22k

Tanda tanda antena sudah diatur dengan benar yaitu adanya intensitas dari sinyal. Jika intensitas sinyal belum terlihat, pengaturan perlu diperbaiki karena masih ada masalah.

4) Atur Arah Antena

Mengatur arah antena juga penting untuk dilakukan agar mendapatkan siaran yang bagus. Untuk langkah langkahnya mengatur arah antena ke satelit Telkom 4 sebagai berikut:

  • Pastikan disk parabola sudah terpasang di tiang dengan kokoh dan tegak lurus.
  • Arahkan titik 0 yang ada di LNB parabola ke arah barat.
  • Selanjutnya kendorkan baut pengunci sudut elevasi dan inklinasi pada disk parabola.
  • Miringkan disk parabola sedikit ke arah Utara, kira-kira 2 sampai 4 derajat.
  • Selanjutnya, arahkan disk parabola ke atas seperti payung yang terbalik.
  • Gerakan disk parabola dengan perlahan ke barat atau timur sekitar 10 sampai 30 derajat sambil mengawasi kualitas sinyal yang didapat.
Trending :  Daftar Satelit Ku Band Di Parabola Mini

Jika indikator kualitas sinyal sudah muncul, gerakan disk sedikit demi sedikit sampai mendapatkan kualitas sinyal yang maksimal.

Jika sudah mendapatkan sinyal yang terbaik, kencangkan lagi semua baut dan mur pengunci arah antena kemudian lakukan scan satelit agar mendapatkan siaran TV dari satelit Telkom 4.

Penyebab Telkom 4 Tidak Ada Sinyal

Jika kamu sudah mengikuti langkah langkah yang sudah kami sebutkan di atas, tetapi masih belum mendapatkan sinyal, berikut beberapa penyebab yang perlu kamu perhatika.

1) Berubahnya Frekuensi

Frekuensi channel yang berubah merupakan hal yang biasa terjadi pada antena parabola. Hal ini akan menyebabkan channel tertentu tiba tiba menghilang atau tidak jangkau.

Masalah ini bisa di atasi dengan mengatur ulang frekuensi pada channel yang menghilang. Informasi tentang frekuensi dari channel yang hilang kamu biasamencarinya di internet.

2) Berubahnya Kebijakan Saluran TV

Belakangan sempat ramai adanya salah satu saluran TV yang mencabut hak izin siar nya untuk beberapa layanan parabola atau tertentu. Ini sebenarnya bukan masalah yang baru lagi bagi pengguna parabola lama, karena sebelumnya sudah ada kasus yang sama beberapa kali.

Nah pada masalah ini, kamu tidak bisa lakukan apa apa. Jika hak izin siar sebuah siaran dicabut satu satunya cara untuk bisa menontonnya lagi yaitu dengan mengganti parabola yang belum dicabut hak izin siarnya.

Perubahan kebijakan ini bisa terjadi kapan saja, bahkan bisa saja tidak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya sama sekali.

3) Bermasalahnya Receiver Parabola

Penyebab selanjutnya yaitu receiver parabola yang mengalami masalah. Hal ini biasanya ditandai dengan tidak munculnya siaran pada receiver.

Untuk mengetahui receiver parabola benar benar bermasalah, terdapat 2 cara yang bisa dilakukan. Yaitu:

  • Coba pakai kabel RCA pada receiver lain.
  • Coba pakai receiver parabola lain.
Trending :  Kode Bisskey Net tv Indonesia di Telkom 4 Terbaru 2022

Karena harga kabel RCA reciever lebih murah jika dibandingkan dengan membeli 1 unit receiver, maka kami menyarankan untuk coba untuk mengganti kabel RCA atau menggunakan cara pertama terlebih dulu. Jika kabel RCA sudah diganti dan masalah masih belum teratasi, berarti receiver memang harus diganti dengan yang baru.

4) Dseg Mengalami Masalah

Penyebab lain tidak mendapatkan sinyal bisa jadi karena dseg atau switch parabola yang mengalami masalah. Ini biasanya ditandai dengan tidak munculnya sinyal yang tertangkap.

Dseg atau switch sendiri merupakan konektor yang memberi sinyal dari LNB. Switch sendiri terdari atas beberapa channel, sehingga hanya satelit dari channel yang mengalami kerusak saja yang tidak muncul di parabola.

Masalah ini bisa teratasi, dengan mengganti dseg atau switch parabola. Harganya juga tidak terlalu mahal dan bisa di beli pada toko elektronik baik offline atau online.

Jika sudah mengganti switch tetapi masih ada sinyal yang tidak tertangkap, kemungkinan masalah diakibatkan karena LNB yang mengalami kerusakkan.

LNB menjadi salah satu perangkat di parabola yang mempunyai tugas untuk menangkap sinyal satelit. LBN sendiri biasanya mempunyai harga mulai dari 100 ribu sampai 150 ribu.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Pengaturan Antena Ke Satelit Telkom 4 Terbaru. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.