Kode Remot TV Asatron Luminos Beserta Cara Setinggnya

Kode Remot TV Asatron Luminos Beserta Cara Setinggnya

Kode Remot TV Asatron Luminos Beserta Cara Setinggnya – Pada postingan kali ini, Teknowarta akan memberikan informasi tentang TV dengan merk Asatron. Dimana, merk TV yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, dan sisahnya relatif belum tahu sama sekali.

Dahulu pesawat TV biasanya disebut dengan “kotak ajaib”, sekarang merupakan barang elektronik yang telah naik kelas menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi keluarga. Penemuannya bahkan disejajarkan dengan roda dua karena mampu merubah peradaban dunia.

Untuk saat ini, TV sudah menjadi umum yang hampir ada disemua rumah, perusahaan, perkantoran bahkan pemerintahan. TV mempunyai peran sebagai sumber informasi, hiburan, periklanan hingga menggerakan laju perekonomian bangsa.

Merk Asatron telah dikenal oleh masyarakat sebagai produk yang mempunyai dentuman suara yang bagus, gambar tajam, dan harganya yang terjangkau. Dengan keunggulan tersebut, membuat brand satu ini banyak diminati oleh masyarakat sector menengah kebawah, berikut Teknowarta akan mengulas kode remote TV Asatron.

 

Remote TV Asatron

Berdasarkan beberapa referensi yang telah Teknowarta rangkum, kabarnya unit TV ini mulai dirakit pada awal tahun 1980 an dan sudah dilengkapi dengan remote TV inframerah. Maka sudah tak heran lagi jika kalian membeli TV baru lalu mendapatkan remote control secara otomatis.

Seiring dengan berjalannya waktu, barang elektronik akan menemui masa pakai atau ‘aus’, termasuk juga dengan remote TV Asatron. Frekuensi pemakaian perangkat juga dapat mempengaruhi usia dari peralatan elektrik.

Remote sendiri merupakan benda yang paling sering digunakan ketika sedang menonton TV. Maka, sudah sewajarnya jika barang itu rentan mengalami kerusakan.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan remote TV Asatron mengalami kerusakan:

  • Volume pemakaian yang terlalu sering sehingga membuat tombol remot macet.
  • Sering terjatuh sehingga papan PCB dan casing remot jadi retak bahkan bisa pecah.
  • Dilempar atau dimainkan oleh anak kecil.
Trending :  Cara Paralel Antena TV Agar Tetap Jernih

Ketika remote TV Asatron sudah rusak, sudah pasti hal ini akan membuat repot orang-orang yang ingin menonton TV. Mereka harus bersusah susah maju kedepan layar hanya untuk mengoperasikan TV.

Meskipun terkesan hal yang sepele, tetapi sebenarnya remote control ini benar-benar dibutuhkan. Solusi terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti remote lama dengan yang baru.

Kalian hanya perlu memilih saja, apakah kalian ingin membeli remote original atau yang universal. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Kode Remot TV Asatron

Umumnya remote multi dibandrol dengan harga yang murah yakni sekitar 10 sampai 50 ribu rupiah saja. Mudah ditemukan dan mendukung semua merk membuat popularitas remote universal ini jadi lebih populer.

Bagi kalian yang mempunyai TV merk Asatron, maka kalian harus tahu kode remote TV Asatron supaya kalian bisa melakukan pairing perangkat antara kedua belah pihak. Tanpa kode remote, maka remote multi tidak akan berfungsi untuk menonton TV.

Berikt daftar kode remot TV Asatron

Seri Kode            Kode TV Asatron

Seri Nol                 053, 056, 073

Seri Satu              102, 103, 104, 106, 124, 181, 187

Seri Dua               202, 203, 204, 206, 224, 281, 287

Seri Tiga               308, 320, 325, 330, 346, 347, 357

Kode remote TV Asatron merupakan sekumpulan nomor unik yang terdiri dari 3 digit angka yang digunakan untuk melakukan pairing perangkat. Dengan begitu, maka remote multi akan berfungsi dengan baik selayaknya remote original bawaan TV.

Kode-kode yang ada diatas telah mendukung semua jenis TV Asatron, termasuk jenis LED dengan produk ID berupa “Asatron Luminos”. Jadi kemungkinan besar pasti akan berfungsi untuk TV tersebut.

 

Cara Setting Kode Remot TV Asatron

Untuk proses pairing remote TV universal hanya dilakukan satu kali saja, yakni saat perangkat telah dikenali TV maka pengguna tinggal memakai remote saja untuk menonton TV. Terdapat 2 teknik sinkronisasi yaitu manual dan otomatis.

Trending :  Cara Menyambung Kabel Antena Dengan Konektor

Pemrograman remote multi secara manual lebih populer yang dimana pengguna hanya cukup menemukan kode remote yang cocok saja. Sementara untuk pemrograman secara otomatis akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara setting remot multi di TV Asatron:

  • Pertama-tama kalian tekan dan tahan tombol ‘set’ dilanjutkan tombol ‘power’ hingga lampu indikator pada remote menyala, sebagian tipe mungkin hanya ‘set’ saja.
  • Kemudian kalian lepaskan tombol tersebut dan pastikan kembali bahwa lampu indikator remot masih menyala (bukan berkedip).
  • Segera kalian input salah satu kode remot TV Asatron yang ada diatas tadi.
  • Lalu lampu indikator remot akan padam setelah kalian selesai input.
  • Proses pairing pun selesai.

Langkah yang paling penting setelah dilakukannya sinkronisasi adalah melakukan tes terhadap remote universal. Caranya kalian atur volume TV Asatron, jika layar menunjukan respon, maka tandanya kode tersebut sudah cocok.

Jika masih belum berfungsi, kalian bisa mengulangi langkah dan input kode TV satu-persatu. Untuk solusi yang terakhir yaitu melakukan scan otomatis, tetapi kalian harus sabar ketika pemindaian sedang berlangsung.

Langkah diatas tadi merupakan panduan umum untuk setting kode remote universal khususnya untuk merk Joker, Multisonic, dan juga HJ. Jika beda model dan tipe remote, maka bisa saja beda juga cara pengaturannya.

 

Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Berfungsi

Remote TV yang tidak berfungsi itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, jadi kalian tidak perlu buru-buru untuk mengganti remote TV dengan yang baru. Jadi, kalian harus mengecek terlebih dahulu penyebab remote TV tidak berfungsi, apakah masih bisa diperbaiki atau tidak.

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki remot TV yang tidak berfungsi:

 

  1. Cek Baterai Remot TV

Saat remote TV tidak berfungsi, maka yang harus kalian cek pertama kali adalah baterai remote nya. Meskipun lampu indikator remote masih tetap menyala, tetapi bukan jaminan dayanya masih kuat untuk mengirim gelombang. Karena itulah, sebaiknya kalian ganti baterai remote TV dengan yang baru.

Trending :  Frekuensi Indosiar Disemua Satelit

 

  1. Periksa Tempat Baterai Remote

Masih pada baterai remote, selanjutnya yang harus kalian cek adalah tempat untuk meletakan baterai pada remote dan pastikan bahwa besi penghubungnya masih bagus, tidak patah ataupun berkarat. Tetapi sebenarnya hal ini tidak perlu kalian lakukan jika lampu indikator remote menyala.

 

  1. Cek Semua Tombol Pada Remote

Dalam beberapa kasus, remote TV yang tidak bisa digunakan itu disebabkan oleh sebagian tombolnya tidak berfungsi. Karena itulah, sebaiknya kalian cek semua tombol pada remote apakah semuanya masih berfungsi, jangan sampai yang berfungsi hanya sebagian saja.

 

  1. Periksa Sensor Remote dan Receiver Digital/TV

Cara kerja dari remote TV yaitu dengan mengirimkan inframerah ke receiver TV atau digital. Remote TV bertindak sebagai pemancar gelombang atau transmitter sementara TV/digital sebagai receiver yang menerima gelombang.

Remote TV yang tidak berfungsi bisa juga disebabkan oleh sensor remote yang rusak. Karena itulah, kalian pastikan bahwa sensor remote tidak rusak dengan cara menekan tombol remote lalu lihat kilatan cahayanya dengan kamera Smartphone. Jika ternyata masih terdapat cahaya, maka bisa jadi sensor receiver digital/TV yang rusak ataupun terdapat benda yang menghalangi hubungan antara remote TV dan TV.

 

  1. Hubungkan Remote TV dengan Digital/TV

Penyebab remote TV tidak berfungsi yang lainnya adalah karena remote belum terhubung dengan TV. Hal ini bisa saja terjadi jika kalian menggunakan remote TV universal. Meskipun sebelumnya kalian sudah berhasil meng-setting remote TV dan connect dengan TV, itu bukanlah jaminan jika remote tidak berfungsi lagi. Karena itulah, lakukan setting ulang pada remote TV universal supaya remote kembali berfungsi.

 

Penutup

Dan itulah tadi kode remote TV Asatron Luminos beserta cara settingnya. Semoga informasi yang sudah Teknowarta sampaikan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.