Kelebihan Dan Kekurangan Dari Parabola Mini

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Parabola Mini

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Parabola Mini – Setiap barang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan baik itu barang elektronik atau pun barang non elektronik. Kelebihan dan kekurangan ini yang selalu menjadi bahan pertimbangan untuk membeli barang tersebut. Meski selisihnya sedikit ini bisa sangat berpengaruh, apalagi jika barang tersebut akan dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Contohnya saja antena parabola mini, tentu kamu pasti akan memilih parabola mini yang kelebihannya lebih banyak daripada kekurangannya bukan.

Nah pada artikel kali ini teknowarta akan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari parabola mini bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memasang parabola mini.

Kelebihan dan kekurangan parabola mini seharus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memasang parabola mini. Parabola mini dulu identik dengan TV yang harus bayar, tetapi kenyataannya sekarang tidak seperti itu.

Parabola mini merupakan sebuah antena parabola yang mempunyai dish plat dengan ukuran yang kecil.

Ukuran diameter dari parabola ini bervariatif, mulai dari 45 cm, 60 cm, 80 cm, dan 100 cm.

Pengertian Singkat Antena Parabola

Bagi kamu yang belum mengetahui Antena parabola merupakan antena yang memakai reflektor parabola, mempunyai permukaan yang melengkung, fungsinya sebagai pengatur arah gelombang radio. Bentuk paling umum antena parabola seperti piring atau sering disebut dengan antena parabola atau parabola. Keuntungan mengunakan antena parabola yaitu mempunyai directivity yang tinggi.

Untuk fungsinya hampir sama seperti lampu sorot atau reflektor pada senter yaitu sebagai pengarah gelombang radio dengan sinar yang sempit atau terbatas, atau juga bisa menjadi penerima gelombang radio dari satu titik. Antena parabola juga mempunyai kelebihan yang tinggi, yang berarti antena bisa menghasilkan lebar pita yang lebuh kecil dari semua jenis antena yang ada.

Trending :  Cara mengukur Transistor Regulator TV

Untuk mendapatkan beamwidth yang sempit, reflektor parabola harus mempunyai ukuran yang jauh lebih besar daripada panjang gelombang radio yang dipakai, sehingga antena parabola hanya dipakai pada bagian frekuensi yang tinggi dari spektrum radio, contohnya pada frekuensi UHF dan gelombang mikro (SHF) yang mempunyai panjang gelombang cukup kecil, hal ini membuat reflektor mempunyai ukuran yang nyaman untuk dipakai.

Banyak pilihan siaran yang bisa dinikmati jika memakai antena parabola mini tanpa perlu berlangganan setiap bulan. Meski beberapa memberi syarat untuk memakai receiver yang direkomendasi dengan selisih harga 100 ribuan jika dibandingkan dengan receiver biasa yang ada di pasaran.

Jika dilihat secara fisik, parabola mini terbuat dari bahan plat solid dan tipis ukurannya mulai dari 45 cm, 60 cm, dan 80 cm. Karena parabola mini berfungsi sebagai menangkap frekuensi LNB Ku Band, membuatnya tidak membutuhkan penampang yang luas. Dan parabola mini pada LNB C Band tidak disarankan, karena sinyal yang didapatkan tidak cukup kuat.

Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini

Nah untuk keuntungan dan kekurangan sendiri bisa kamu simak ulasan berikut ini:

Kelebihan Parabola Mini

Berdasarkan beberapa sumber selama beberapa tahun terakhir, orang yang memakai parabola mini semakin meningkat jika dibandingkan dengan parabola jaring. Berikut beberapa kelebihan memakai parabola mini:

  • Dengan ukurannya yang kecil dan bentuknya yang sederhana, parabola mini sangat mudah untuk dirakit, bahkan untuk pemula.
  • Karena ukurannya yang kecil dan ringan, parabola mini bisa dipasang di mana saja. kamu bisa memasangnya di dak, tembok luar rumah, pada resplang, bahkan pada kayu usuk rumah juga bisa.
  • Harganya yang murah, cukup dengan anggaran 150 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan parabola mini dengan ukuran 45 cm atau 60 cm lengkap dengan LNB dan kabel coaxial dengan panjang 15 sampai 20 meter.
  • Pilihan siaran yang beragam dan channel gratis yang tidak mengharuskan untuk berlangganan pada beberapa satelit contohnya Garmedia K Vision pada Measat 3A, Aora Tv pada satelit Telkom 4, Ninmedia di Chinasat 11, SMV TV pada satelit ABS 2, Nex Parabola pada Satelit SES 9.
  • Kebanyakan siaran yang ada berasal dari Indonesia, sehingga tidak perlu mengkhawatir perbedaan bahasa, subtitle, dan acara yang ditayangkan.
  • Cara tracking yang lebih mudah, karena ukurannya yang kecil dan jenis parabola offset, sehingga Tracking ke satelit yang di tuju mejadi lebih mudah, dan LNB bisa di jangkau dengan mudah pakai tangan, jika dibandingkan dengan parabola jaring yang LNB nya tidak bisa di jangkau tangan.
Trending :  Kelebihan Dan Kekurangan Antena TV Indoor

Kekurangan Parabola Mini

Parabola Mini juga memilikit kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan, supaya kamu mempunyai gambaran sebelum memutuskan untuk memakai parabola mini. Berikut beberapa kekurangan parabola mini:

  • Mempunyai channel yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan parabola jaring. Biasanya channel yang didapat hanya sekitar 40 sampai 80 channel saja.
  • Terkendala cuaca, Frekuensi Ku Band sangat sensitive dengan gangguan cuaca, biasanya jika cuaca mendung gelap, atau hujan lebat bisa menyebabkan intensitas sinyal akan menurun bahkan sinyal sama sekali tidak tertangkap.
  • Biasanya beberapa provider TV Satelit memberi sayarat kepada untuk memakai receiver yang direkomendasikan kepada penggunaan. Harga receiver yang di rekomendasikan harganya sekitar 280 ribuan, atau 100 ribuan lebih mahal dari pada receiver MPEG 4 biasa.

Rekomendasi Parabola Mini

Setiap barang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing. Setelah tahu kelebihan dan kekurangan dari setiap barang, semoga kamu lebih bijaksana ketika menentukan jenis parabola yang akan kamu pakai, sesuai dengan keadaan kamu.

Kami juga akan memberikan rekomendasi Parabola Mini jika kamu masih bingung untuk menentukan mana yang bagus. Berikut rekomendasi yang kami berikan:

  1. Parabola Mini Tanaka

Parabola mini dengan merk Tanaka merupakan salah satu parabola yang mempunyai harga yang murah, yakni mulai dari Rp120 ribuan per paket. Kamu sudah mendapatkan tayangan TV lokal dengan gambar yang bagus tanpa.

  1. Parabola Mini Ninmedia Venus VOA-45

Parabola Mini ini merupakan salah satu parabola yang tidak memakai receiver dan bisa di pasang dengan mudah. Dalam 1 paket kamu sudah mendapatkan kabel sepanjang 15 meter dan pemasangannya juga lebih mudah. Parabola mini ini mempunyai harga mulai dari Rp130 ribuan.

  1. Parabola Mini MNC Vision
Trending :  Cara Mengembalikan Channel TV Yang Hilang

Parabola Mini MNC Vision merupakan salah satu produk parabola dari MNC Group yang mempunyai kualitas yang bagus. Dalam paket pembeliannya, sudah terdapat decoder Gardiner supaya kamu juga bisa menikmati layanan TV berbayar dari K-Vision tanpa perlu menyewa alat lagi. Satu set parabola mini dari MNC Vision dihargai mulai dari Rp650.000.

  1. Parabola Mini KVision

Selain MNC Vision, KVision juga mengeluarkan produk berupa parabola mini dengan harganya yang lebih murah yakni mulai dari Rp450 ribuan. Dalam 1 paket pembelian, berisi 1 set parabola lengkap dengan receiver supaya tayangan bisa di tayangkan di TV yang ada di rumah.

  1. Parabola Mini Spyro

Jika tidak ingin repot memasang parabola di luar rumah, kamu bisa membeli parabola mini dengan merk Spyro. Kelebihan dari parabola ini yaitu kamu tidak perlu repot repot memasangnya di luar rumah. Tinggal hungkan saja parabola ke TV, kamusudah bisa menikmati tayangan di rumah. Parabola mini Spyro ini mempunyai harga mulai dari Rp40 ribuan saja.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Kelebihan Dan Kekurangan Memakai Parabola Mini yang sudah kami sampaikan diatas, Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Check Also

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone

Jenis Jenis Microphone – Microphone atau dalam Bahasa Indonesia disebut Mikrofon adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published.