Cara Pasang Parabola Mini KVision Khusus Pemula

Cara Pasang Parabola Mini KVision Khusus Pemula – Sekarang siaran TV satelit sudah menjadi salah satu pilihan, bahkan sekarang pemerintah juga menyarankan untuk segera berpindah ke saluran TV satelit digital. Dengan memakai TV satelit nantinya kamu akan mendapatkan berbagai macam channel yang berkualitas.

Tetapi karena di Indonesia masih banyak daerah yang belum terkena sinyal UHF yang terrestrial, membuat beberapa diantara masyarakat indoensia tidak menemukan channel TV yang dicari. Dengan begitu parabola dan receiver bisa menjadi sebuah pilihan yang supaya kamu bisa mendapatkan siaran TV yang diinginkan.

Salah satu TV satelit yang sudah terkenal handal di Indonesia yaitu K Vision. Tentu kamu pasti pernah mendengarnya bukan. Karena K Vision sudah menjadi salah satu penyedia layanan parabola yang berkualitas dan banyak orang yang sudah percaya serta menghadirkan banyak saluran channel terbaik.

Sebelum membahasa lebih dalam tentang parabola K Vision, pada artikel kali ini kamu akan membagikan informasi tentang cara pasang parabola K Vision. Untuk masih bingung simak dan ikuti ulasan berikut ini sampai akhir.

Apa Itu K Vision?

Bagi yang belum mengetahui apa itu K-Vision, kami akan sedikit menjelaskan apa itu K Vision sebelum kita lanjut. K Vision merupakan salah satu penyedia layanan provider TV satelit dengan sistem menjual perangkat tanpa harus iuran bulanan.

K Vision menawarkan siaran channel TV nasional yang lengkap dan bisa ditonton secara gratis serta mendukung pengisian voucher. Bagi yang ingin nikmati channel channel pilihan dari K Vision kamu harus mengaktifkan K Vision lewat beberapa cara yang akan kami sampaikan.

Hal Hal Yang Diperhatikan Sebelum Pemasangan

Sebelum ke pembahasan tentang cara pasang kamu harus memperhatikan beberapa peralatan yang dibutuhkan ketika melakukan pemasangan KVision. Beberapa alat dan komponen yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan parabola seperti:

1) Alat-Alat

  • Parabola mini.
  • Receiver K Vision.
  • LNB Ku Band.
  • TV
  • Kabel antena (sesuai kebutuhan).
  • Remot TV & receiver Nex Parabola.
  • Smartphone/HP pintar.
  • Tangga
  • Kunci pas.
  • Tang

2) Pengetahuan Dasar

Selain alat, Anda juga perlu mengetahui ilmu dasar dalam mensetting atau memasang parabola. Pengetahuan dasar ini sebenarnya mudah dipahami untuk para pemula, karena hanya membutuhkan sedikit ilmu pengetahuan dasar teknisi dan pemasangan parabola.

Untuk memperjelas tinggal pelajari saja implemetasi dunia satelit dan antena parabola mini. Ketika kamu membeli parabola mini dan receiver biasanya diboxnya sudah disertakan buku panduan. Tinggal baca saja buku panduannya jika binggung.

Cara Pasang Parabola K Vision

Setelah mengetahui tentang KVision, lanjut mengetahui tentang cara pasang parabola KVision. Sehingga nanti kamu sebagai calon pelanggan yang angarannya terbatas masih tetap bisa menyaksikan siaran TV satelit tanpa harus iuran.

Pasang parabola KVision sebenarnya mudah, sehingga hemat anggaran karena tidak perlu mamanggil teknisi. Berikut kami berikan informasi tentang cara pemasangan parabola KVision.

1) Cara Pemasangan

Pertama pastikan kamu memilih parabola mini supaya mudah dalam proses pemasangan. Jika sudah pasanglah antena parapola mininya di lokasi yang tidak terhalang apapun seperti tembok, pohon atau apapun yang menghalangi.

Pastikan juga tiang antena dalam posisi tegak lurus supaya mudah dalam proses pencarian sinyal nantinya. Pastikan juga tiang penyangga antena diharus kokoh dan tidak goyang karena akan berdampak kepada sinyal.

Jika sudah, lanjut hubungkan kabel dan pasang LNB Ku Band dengan benar untuk pemasangan awal KVision. Urutkan kabel dengan rapi dan pastikan juga kabel melewati jalur yang tidak berbahaya bagi kabel.

2) Menyeting Receiver K Vision

Selanjutnya mensetting Receiver K Vision, karena memilih jalur Ku Band di harus untuk meng input parameter satelit dan frekuensi satelit Measat 3a. Melakukannya cukup dengan menyalakan TV dan Receiver K Vision, kemudian masuk ke Pengaturan saluran satelit untuk tambah transporder. Berikut parameter frekuensi K Vision di Satelit Measat 3a:

SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
Transporder 112396 H 31000
Transporder 212436 H 31000
Frekuensi LNBUniversal 9750 – 10600

3) Scan Sinyal K Vision

Pada proses ini lebih baiknya di lakukan oleh 2 orang karena harus ada yang memutar antena dan yang satu memperhatikan layar TV. Nah untuk mempermudah lebih baik pakai ponsel untuk melakukan komunikasi, sehingga kamu tidak perlu berteriak untuk memberi tahukan teman kamu yang memutar antena.

Cara mencari sinyal K Vision dengan mudah:

  • Pertama, unduh dan instal aplikasi SatFinder di Play Store (Khusus Android).
  • Kemudian buka aplikasi SatFinder dan masukan satelit measat 3a.
  • Nanti akan melihat arah dari satelit Measat 3a dan posisi parabola K Vision yang sudah terpasang.
  • Silakan atur parabola mengikuti arahan dari satfinder.
  • Jika sudah menemukan sinyal, kencangkan saja baut untuk mengunci arah parabola.
  • Disarankan supaya nyaman dalam menonton usahakan sinyal minimal mencapai 65%.
  • Selanjutnya lanjutkan proses scan untuk mendapatkan channel dan Receiver bisa meyimpannya.

4) Aktivasi Receiver K-Vision

Setelah melakukan langkah langkah diatas, untuk mendapatkan siaran channel pilihan atau premium dari K Vision. Kamu perlu melakukan registrasi dan aktivasi untuk membuka siaran dari K Vision secara gratis.

Cara untuk melakukan aktivasi Receiver K-Vision sangat mudah cukup kirimkan saja datanya lewat WhatsApp Bot resmi milik K-Vision. Jika proses sudah berhasil, kamu akan medapatkan nomor ID pelanggan yang dipakai untuk melakukan top up voucher atau membeli paket yang disediakan K-Vision.

Jika sudah berhasil membeli paketnya maka kamu sudah berhasil memasang dan mensetting receiver K-Vision. Kamu sudah bisa menonton dengan nyaman.

Perkiraan Biaya Pemasangan Parabola K Vision

Mungkin kamu bertannya tanya sebenarnya berapa besaran biaya untuk memasang parabola mini K-Vision oleh teknisi. Karena KVision sudah mengudara di dua jalur yaitu Cband dan Kuband.

Pada jalur C Band nantinya akan membutuhkan perangkat piringan antena parabola dengan diameter yang cukup besar. Tentunya juga membutuhkan biaya yang relatif lebih besar. Sedangkan pada jalur Ku Band sudah memakai teknologi terbaru yang bisa memakai antena parabola yang diamternya kecil.

Dan untuk satu set antena parabola mini harganya cukup terjangkau kantong, bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli perangkat antena UHF. Mungkin ini yang menjadi salah satu alasan mengapa sampai sekarang TV satelit masih banyak peminatnya. Berikut perkiraan biaya untuk memasangan parabola K Vision sebagai referensi jika memang ingin:

  • 1 set parabola mini ukuran 45 cm lengkap adalah Rp 125.000.
  • Receiver K-Vision Ku Band harganya berkisar Rp 295.000.

Dengan anggaran kira kira Rp 400.000, kamu sudah mendapatkan siaran TV satelit dari K Vision dan dengan channel nasional yang lengkap. Pelanggan tidak dikenakan biaya bulanan supaya bisa menonton sejumlah channel alias gratis.

Tetapi seperti yang sudah disebutkan di atas, jika ingin nikmati layanan channel premium lakukan top up voucher dan belilah paket untuk membukanya. Masa aktif dari paket K Vision yang kamu beli yakni 30 hari.

Kata Penutup

Demikian itu saja informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Pasang Parabola Mini KVision Khusus Pemula. Semoga membantu dan bermanfaat. Sekian terimakasih.

Leave a Comment