Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah – TV sudah menjadi barang elektronik yang cukup banyak dimiliki masyarakat Indonesia. Tidak heran jika hampir setipa rumah pasti mempunyai TV. Ini menandakan TV sudah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan hiburan dikala lelang melanda setelah berkerja seharian. Nah tapi apa jadinya jika kita ketika sedang menonton TV mendapatkan gangguan berupa gambar yang tidak jernih atau bergoyang goyang.

Menonton TV menjadi saat yang sangat menyenangkan terlehib lagi jika sedang menonton acara kesukaan kita. Tetapi kendala kadang ada saja ketika sedang menonton TV seperti sinyal yang tiba tiba menghilang, remot yang rusak atau hilang dan masalah lain yang mengganggu waktu menonton TV. Inilah yang mengakibatkan TV kadang tidak ada sinyal.

Zaman sekarang sudah banyak channel TV yang menayangkan acara yang bisa kita tonton tanpa harus memakai antena parabola hanya untuk menonton acara TV. Siaran acara TV tentu bisa saja menghibur, bermanfaat dan bisa didapat secara gratis.

Dahulu TV memang bentuknya sangat besar, kualitas gambar yang dihasilakn juga masih berwarna hitam putih, tetapi zaman sekarang yang modern ini TV sudah mendapatkan teknolodi yang canggih, sehingga bentuknya sudah tipis dan tidak memakan banyak tempat bahkan bisa di tempelkan ke tembok dan sudah menghasilkan banyak warna sesuai dengan barang atau latar yang diambil.

Seperi yang bisa kamu lihat di wikipedia tentang Televisi, TV merupkan salah satu media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima sinyal gambar yang bergerak dan suara, baik yang monokrom atau hitam putih dan gambar yang berwarna.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah.

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal

Mengapa TV tidak mendapatkan sinyal? permasalahan ini sering kali terjadi pada pengguna TV LED karena berbagai penyebab, penyebabnya sendiri ada banyak macam contohnya antena yang mengalami masalah, cuaca, perangkat pendukung, dan masalah lain.

Trending :  Panduan Cara Memasang TV LED Di Dinding

Sebelum kita ke pembahasan tentang Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal, kita akan membahas penyebab TV tidak ada sinyal terlebih dahulu.

Penyebab TV Tidak Ada Sinyal

Terdapat beberapa penyebab yang membuat sinyal tidak tertangkap berikut penyebabnya TV tidak mendapatkan sinyal:

  • Cuaca buruk.
  • Antena mengalami kerusakan.
  • Kerusakan pada IC Program.
  • Sinyal yang terhalang.
  • Jarak antara pemancar dan penerima sinyal terlalu jauh.
  • Kabel antena yang mengalami putus.
  • Posisi antena yang terlalu rendah sehingga kemampuan menangkap sinyal kurang maksimal.

Penyebab TV tidak mendapatkan sinyal memang ada banyak, selain itu ada faktor lain yang menyebabkan TV tidak mendapatkan sinyal seperti letak daerah yang jauh dari pemancar alias daerah terplosok yang membuat sinyal frekuensi TV sampai dengan tidak sempurna.

Setelah mengetahui penyebab dari TV tidak mendapatkan sinyal, selanjutnya kita akan membahas caranya mengatasi TV yang tidak mendapatkan sinyal.

Cara Menangani TV Tidak Ada Sinyal

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani TV yang sinyalnya hilang, berikut cara mengatasi TV yang tidak ada sinyal berdasarkan sumber terpercaya.

1) Mengubah Posisi Antena

Jika dipastiakn kondisi kabel antena dalam keadaan baik dan tidak ditemukan kerusakan, cara selanjutnya untuk mengatasi TV yang tidak mendapatkan sinyal yaitu mengubah posisi antena, cara ini memang umum dilakukan jika TV tidak mendapatkan sinyal.

Posisi antena bisa saja berubah karena tertiup angin sehingga mengubah posisi antena yang membuat TV tidak mendapatkan sinyal dari pemancar, cuaca buruk juga bisa mengganggu, atau burung yang membuat sarang di antena sehingga membuat antena tidak maksimal mendapatkan sinyal.

Jika kembalikan saja antena keposisi semula untuk mendapatkan sinyal kembali, nah supaya kamu tidak bolak balik mengembalika posisi antena. Ikat saja antenanya supaya tidak berubah posisi lagi, atau tinggikan saja posisi antena untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Tetapi jangan terlalu tinggi, karena bisa tiup angin yang besar bisa menyebabkan penyangga antena patah.

Trending :  Kode Remot TV Akira Dan Cara Settingnya

2) Memeriksa Kabel Antena

Dalam penganganan kasus ini bisa saja terdapat kabel antena yang mengalami rusak atau putus, ini terjadi karena kabel antena yang digigit tikus atau sudah lama tidak diganti. Jika kabel antena terputus sudah dipastikan antena tidak bisa terhubung dengan TV, ini yang mengakibatkan TV tidak mendapatkan sinyal.

Untuk memastikan kabel antena dalam keadaan baik, periksalah secara langsung atau dengan memanfaatkan multitester. Jika ditemukan kabel antena yang rusak ganti saja dengan kabel antena yang baru.

3) Periksa Jack Pada Kabel Antena

Jika posisi antena sudah benar tetapi TV masih saja tidak mendapatkan sinyal, coba periksa jack pada kabel antena pada TV kamu. Karena Jack pada kabel antena ini menjadi bagian yang penting untuk menghubungkan antara TV dan antena.

Jack tersebut bisa saja mengalami kerusakan, tanda tanda jika jack mengalami kerusakan yaitu terdapat karat pada jack antena, ini bisa menyebabkan sinyal dari antena tidak terhubung dengan sempurna ke TV, karena itu lebih baik periksa jack pada kabel antena yang ke TV.

Jika jack ditemukan berkarang mengatasinya cobalah untuk bersihkan karatnya memakai cairan tiner dan sikat gigi, pastikan karat yang ada di jack sudah bersih dan coba hubungkan ke TV, jika tetap tidak mendapatkan sinyal kamu harus mengganti jack tersebut dengan yang baru. Harganya juga tidak masahal, kamu bisa membelinya ditoko elektronik.

4) Periksa Tuner TV

Periksa pada tuner apakah terdapat karat atau kotoran yang menghalangi penyaluran sinyal dari antena ke TV. Jika memang berkarat atau terdapat kotoran yang menghalangi bersihkan.

Selain dilakukan pembersihan, sebaiknya lakukan juga pensolderan ulang pada kaki kaki tuner, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kaki kaki tuner menempel dengan sempurna. Kemudian, ukur tegangan atau daya biasanya ukuran nilainya sebesar 5 sampai 12Volt DC yang masuk ke B+ tuner, ada juga tegangan lain yang nilainya lebih tinggi yang masuk ke bagian TV tuner yakni sekisaran 100 sampai 130V DC, pastikan tegangannya sudah sesuai.

Trending :  Kode Remot TV Multimax Lengkap Beserta Cara Settingnya

Jika sudah melakukan pengukuran dan ternyata tegangan kurang, ini bisa saja terjadi karena terdapat komponen yang rusak pada bagian supply, seperti pada komponen resistor dan elco. Lebih baik periksa komponen tersebut.

5) Mengganti Tuner TV

Jika tuner TV mengalami kerusakkan lebih baik ganti saja dengan yang baru sesuai dengan tipe tuner TV yang rusak. Kamu bisa membelinya ditoko elektronik baik offline atau online, pastikan juga tuner TV pengganti dalam keadaan baik.

6) Mengganti IC Program

Ini cara terakhir jika cara diatas tidak periksa pada komponen IC nya, terdapat kemungkinan yang besar terjadi kerusakan pada komponen IC utama yaitu IC Program, solusinya harus mengganti komponen IC Program dengan yang baru dan sesuai dengan tipenya.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah. Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam mengangani TV yang tidak mendapatkan sinyal, sekian terimaksih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.