Cara Mensetting TV Sharp Aquos LED Agar Jernih

Cara Mensetting TV Sharp Aquos LED Agar Jernih

Cara Mensetting TV Sharp Aquos LED Agar Jernih – SHARP merupakan sebua merk barang elektronik yang beredar dipasar Indonesia. Merk ini sudah mendapatkan kepercayaan banyak orang karena kualitas produknya yang berkualitas. SHARP Corposation merupakan perusahaan yang mempunyai merk SHARP yang berasal dari Jepang yang berkantor pusat di Sakai-ku, Sakai, perfektur Osaka.

Perusahaan ini pertama kali berdiri pada tahun 1912 di Tokyo, nama SHARP diambil dari nama pensil mekanik yang dibuat oleh pendiri perusahaan yaitu Tokuji Hayakawa.

Produk yang sudah diproduksi SHARP seperti kipas angina, lemari es, pendingin ruangan, peralatan memasak canggih, ponsel, dan TV.

Salah satu jenis atau tipe TV dari SHARP yaitu TV SHARP Aquos, nah jika kamu pengguna TV SHARP jenis atau tipe ini dan kamu merasa tampilan gambarnya kurang enak dilihat atau kurang jernih. Pada artikel kali ini teknowarta akan memberikan informasi tentang Cara Mensetting TV Sharp Aquos Agar Jernih, nah untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Mensetting TV Sharp Aquos Agar Jernih kamu bisa mengikuti langkah langkahnya berikut ini. Langkah berikut selain bisa dipakai untuk menjernihkan tampilan layar juga bisa untuk memperbaiki tampilan warna pada TV SHARP Aquos dan TV SHARP tipe lain.

Penasaran bagaimana caranya? Terus lah simak pembahasan pada artikel ini hingga selesai. Dengan seperti itu kamu akan benar benar memahami tentang caranya menjernihkan tampilan atau gambar pada TV SHARP Aquos.

Cara Mensetting TV Sharp Aquos

Menonton TV akan terasa lebih menyenangkan jika tampilan layarnya terlihat jernih dan bagus. Ini bukan hanya tentang kecerahan pada layar saja. Tetapi, tampilan gambar pada layar juga sangat berpengaruh.

Berikut akan kami bahas tentang cara menangai warna pada TV SHARP Aquos LED. Biasanya, pada layar TV terdapat satu dominan atau lembih menonjol dari pada warna lain, contohnya seperti warna merah yang lebih dominan. Untuk menangani masalah ini, berikut caranya mensetting TV SHARP Aquos LED supaya terlihat jernih dari 3 aspek tersebut.

Trending :  Kode Remot TV Sony Tabung LED Dan LCD

1) Cara Mengatur Kecerahan

Pengaturan yang diberikan oleh pabrikan tentu tidak semua orang akan cocok. Jika kamu ingin mengatur pencahayaan, ikuti langkah berikut.

  • Nyalakan TV.
  • Tekan tombol Menu yang ada di remote.
  • Pakai tombol panah kiri atau kanan untuk memilih Pengaturan Gambar.
  • Kemudian, tekan Enter atau OK.
  • Tekan tombol panah ke bawah untuk pemilihan opsi Lampu latar.
  • Atur pengaturan lampu latar menjadi 16. Biasanya default, terdapat di angka 5.
  • Selanjutnya, pilihlah Kontras, lalu ubah menjadi 17 atau 21. Tergantung mana yang nyaman menurut kamu.
  • Biarkan tingkat kecerahan dan ketajaman pada angka 0. Tetapi, jika menurut kamu gambarnya terlihat terlalu terang, kamu bisa mengubahnya ke 15 atau sesuai keinginan kamu.
  • Senjutnya, ubahlah Temperatur Warna dari sedang ke rendah. Hal ini akan memberikan gambar yang seimbang antara warna putih dan warna kemerahan.
  • Kamu juga bisa menyesuaikan kontras gambar, gerakan halus, noise digital, dan daya.
  • Terakhir, matikan Kontrol Gambar Optik jika ada fiturnya. Fungsi ini mampu menyesuaiakan kecerahan sesuai dengan cahaya pada lingkungan.

2) Mensetting Gambar

Kejernihan pada layar TV Sharp Aquos juga karena pengaturan gambar yang baik dan benar, ini karena akan mengoptimalkan tampilan pada layar. Simak beberapa poin yang perlu dilakukan pada pengaturan gambar.

  • Mengatur gambar pada mode movie atau film.

Letak pengaturan berada di Setting Image. Bisa juga dengan menekan tombol Preset Picture yang ada di remote. Ini bertujuan agar gambar terlihat lebih jernih dan tajam.

  • Mengurangi tingkat pencerahan atau brightness.

Kamu bisa mengurangi tingkat cahaya, karena jika tingkat pencahayaannya yang terlalu tinggi, hasil yang didapatkan tidak akan terlihat natural. Dan juga, daya listrik yang dipakai juga lebih banyak. Turunkan tingkat pencahayaan sampai 50% atau sesuai keinginan kamu saja.

  • Menonaktifkan Dynamic Contrast.

Fitur ini fungsinya sebagai penguat gambar lain. Contohnya untuk mendapatkan gambar yang tajam atau bayangan. Tetapi tampilan gambar pada layar TV terlihat seperti kartun, jadi lebih baik dimatikan saja mode ini.

  • Mengatur temperatur warna dengan mengatur warna hue pada TV.
Trending :  Kode remot TV Nagoya dan Cara Mensettingnya

Ini untuk TV yang berada di ruang keluarga. Temperature warna yang cocok dipakai yaitu Normal atau Warm.

3) Cara Memperbaiki Warna TV LED Sharp

Pada langkah ini perlu menyesuaikan pada penyebabnya. Dengan begitu, masalah bisa ditangani dengan cepat dan mudah. Cara mensettingnya pada masalah ini ini yaitu:

  • Jika penyebabnya adalah RGB yang mati, maka memulailah dengan mengukur besaran tegangan. Jika terdapat sebuah terminal katoda yang mempunyai tegangan lebih besar, ini bisa membuat blok penguat tegangan mengalami masalah. Mengatasinya yaitu dengan cara mengganti perangkat tersebut dengan yang baru.
  • Mengganti komponen Chroma yang mengalami kerusakan sesuai jenisnya. Tujuannya agar hasilnya sama. Kamu bisa membawa komponen yang yang rusak sebagai contoh ketika akan memlakukan pembelian. Dengan seperti ini, kamu akan salah membelinya.
  • Menghilangkan karat yang ada di soket. Caranya cukup melepas komponen dan bersihkan karat yang ada. Tetapi, jika karatnya sudah parah, ganti saja dengan soket yang baru.

Kelenihan dan kekuarangan dari TV SHARP Aquos LED

Setiap produk pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri, sama halnya pada TV SHARP Aquos LED. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari TV SHARP Aquos LED:

Kelebihan TV LED Sharp Aquos

Desain yang futuristik

TV LED SHARP Aquos mempunyai desain yang cukup modern dan futuristik. Dengan dengan ukuran bezel atau tepian layar dan frame yang tipis, sehingga layar pada TV LED SHARP Aquos akan terlihat lebih lebar. Bentuk kakinya yang melengkung dan terletak di sebelah kanan dan kiri TV, membuatnya terlihat kokoh dan tahan terhadap guncangan. Bentuk body dari TV LED Sharp Aquos yang ramping memudahkan ditempatkan dimana saja yang memungkinkan dan tidak banyak memakan tempat.

Fitur Eco Mode

Fitur ini berfungsi sebagai pengurang daya listrik pada TV, membuat kamu tidak khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak karena sering kamu menonton TV.

Eco Mode juga bisa menghemat daya hingga 18W atau setengah dari model TV biasa. Pada TV SHARP Aquos LED hanya memerluan daya yang kecil sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk listrik. Meski dayanya rendah, TV SHARP Aquos LED tetap memberikan gambar yang jernih dan enak dilihat.

Trending :  Cara Melakukan Registrasi K-Vision Bagi Pemula

Dukungan LED Backlight

TV LED SHARP Aquos juga mendukung dengan teknologi LED Backlight yang akan menyempurnakan pengalaman kamu dalam menonton TV. Teknologi ini akan membuat pencahayaan pada layar terlihat sangat halus.

TV LED SHARP Aquos mempunyai resolusi layar 1366 x 768. Sehingga tampilan gambar akan terlihat super jernih.

Terdapat port USB dan HDMI

Kelebihan lainnya yaitu terdapat port USB dan HDMI. Dengan adanya port ini, kamu memutar video yang tersimpan di flash disk atau hard disk eksternal. Dan port HDMI bisa kamu pakai untuk menghubungkan dengan perangkat PC, laptop, atau gadget lain yang mendukung HDMI out.

Kelemahan TV LED Sharp Aquos

Biaya perbaikan yang mahal

Ini manjadi kelemahan besar pada TV LED. Jika TV LED mengalami kerusakan, biaya yang harus dikeluarkan cukup besar jika dibandingkan dengan TV tabung. Hal ini karena komponen pendukung seperti panel LED, power supply, dan perangkat sistem yang ada didalamnya sekarang harganya masih mahal.

Teknologi yang canggih dan bahan material yang bagus membuat biaya perawatan dan TV LED cukup besar. Bahkan bisa saja perbaikan pada TV LED biayanya menyamai harga TV baru.

Port USB pada beberapa seri tidak bisa dipakai untuk menghubungkan flashdisk atau harddisk

Port USB yang terdapat di SHARP Aquos seri LC-32LE180i hanya bisa dipakai untuk keperluan service. Yang berarti khusus pada TV SHARP Aquos LC-32LE180i portnya tidak bisa dipakai untuk membuka file video, musik atau foto yang berada di flashdisk atau harddisk eksternal, karena port USB nya tidak mendukung multimedia.

Jika tetap menginginkan fitur USB multimedia, kamu bisa membali TV SHARP Aquos seri LC-32LE185i. Pada seri ini, tersedia fitur USB multimedia.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Mensetting TV Sharp Aquos LED Agar Jernih. Jika TV SHARP kamu kurang cocok tampilan gambarnya, bisa langsung coba cara yang kami berikan di atas. Dengan seperti itu, kamu bisa mendapatkan tampilan yang cocok dengan keinginan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.