Cara Mudah Memprogram TV Digital Dengan Benar

Cara Mudah Memprogram TV Digital Dengan Benar

Cara Mudah Memprogram TV Digital Dengan Benar – kamu pasti sudah tahu sekarang Indonesia sedang melakukan migrasi TV dari siaran TV analog ke siaran TV digital. Saluran TV digital mempunyai kualitas siaran yang lebih jernih jika dibandingkan denga siaran TV analog. Siaran TV digital juga mempunyai gambar yang jernih dan suara yang juga sama jernih. Dengan adanya siaran TV digital akan membuat aktivitas menonton TV kamu menjadi lebih menyenangkan karena siaran TV yang lebih hidup. Dan ini akan membuat kamu semakin betah menonton TV dan mendapatkan pengalaman menonton yang lebih puas dengan kejernihan gambar dan suaran yang dihasilkan.

TV digital atau DTV merupakan salah satu jenis siaran televisi yang memakai modulasi digital dan sistem kompresi untuk melakukan penyiaran sinyal ke pada TV. Teknologi TV digital yang dipakai pada sistem penyiaran TV dikembangkan pada pertengahan tahun 90-an dan dilakukan ujicoba pada tahun 2000, siaran TV digital berbeda dengan siaran TV analog yang sudah ada sebelumnya pada banyak faktor, terutama pada sistem dan fitur yang disediakan.

Munculnya TV digital dianggap sebagai sebuah perkembangan yang signifikan sejak munculnya TV berwarna pada era tahun 1950-an.
TV digital modern umumnya sudah banyak yang ditransmisikan dengan format HDTV, sehingga gambarnya mempunyai resolusi yang tinggi jika dibanding dengan TV analog, dan juga mempunyai rasio lebar 16:9 jika dibanding dengan TV analog yang rasion layarnya lebih sempit.

Keunggulan lain dari TV digital yaitu mampu menangkap frekuensi siaran radio, dan bisa melakukan transmisi lebih dari 5 saluran dan fitur fitur baru yang tidak dimiliki oleh TV analog. Sudah banyak negara negara saat ini yang memakai transmisi TV digital, sejak 2000.

Solusi Untuk TV Lama

Rata-rata TV keluaran sekarang sudah dilengkapi fiktur yang bisa menangkap siaran TV digital. Tetapi jika TV yang kamu punya belum mendukung siaran TV digital, dan ingin segera mendapatkan siaran TV digital sebelum siaran TV analog di hentikan oleh pemerintah. Kamu perlu menambahkan perangkat tambahan pada TV kamu yang belum mendukung siaran TV digital. Nama perangkat tersebut yaitu DVBT2 atau Set Top Box.

Trending :  Cara Mudah Mengatasi TV LED Tidak Ada Gambar

Perangkat ini bisa kamu manfaatkan untuk mengakap siaran TV digital. sehingga kamu tidak membeli TV keluaran terbaru yang harganya tidak murah.
Cukup memakai Set Top Box pada TV lama kamu dan antena lama kamu untuk menangkap siaran TV digital. Penghentian siaran TV analog akan benar benar di lakukan paling lambat pada November tahun 2022.

Nah untuk kamu yang masih bingung setelah memasang Set Top Box pada TV lama kamu atau pada TV kamu yang sudah bisa menerima siaran TV digital. Kamu perlu mengetahui beberapa hal supaya TV kamu bisa menerima siaran TV digital.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Menerima Siaran TV Digital

Hal hal berikut yang harus diperhatikan jika kamu ingin mendapatkan siaran TV digital:

Pastikan daerah kamu sudah ada sinyal TV digital

Pastikan didaerah kamu sudah terdapat sinyal siaran TV digital, ini perlu kamu perhatikan karena jika daerah kamu belum terdapat sinyal siaran TV digital. walapun kamu sudah membeli dan memasang Set Top Box atau TV yang bisa menerima siaran TV digital, kamu tetap saja tidak bisa mendapatkan siaran TV digital karena sinyalnya belum ada si daerah kamu.

Untuk memeriksanya ada beberapa cara.

1) Periksa Di Situs Kominfo

Kamu bisa memeriksa daerah kamu apah sudah ada siaran TV digital pada laman Kominfo, cukup buka browser, lalu kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Pada halaman ini, kamu bisa melihat jangkauan dari siaran TV digital dan melihat daerah mana saja yang sudah terjangkau siaran TV digital.

2) Memeriksanya Di Aplikasi SinyalTVDigital

Cara selanjutnya yaitu dengan memakai aplikasi SinyalTVDigital cara ini jauh lebih mudah. Aplikasi ini juga tidak hanya bisa membantu kamu dalam mengetahui daerah mana saja yang sudah terjangkau siaran TV digital, tetapi juga bisa dipakai untuk memeriksa apakah sinyal TV digital lemah, jelek, atau bahkan hilang. Aplikasi ini sangat tepat dipakai sebelum kamu benar benar memutuskan untuk membeli perangkat DVB-T2 atau STB DVB-T2. Caranya juga mudah silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi sinyalTVdigital di Play Store.
  2. Setelah terinstal buka aplikasi dan berikan izin pada aplikasi untuk mengakses lokasi.
  3. Tampilan pada aplikasi akan berubah sesuai lokasi kamu berada.
  4. Tap ikon kotak bertumpuk pada layar yang berada di sebelah kanan atas, dekat dengan ikon zoom.
  5. Periksa warna yang terlihat di peta. Sinyal terkuat yaitu yang berwarna merah, dan sinyal yang terlemah lemah yaitu warna putih.
Trending :  Kode Remot TV Goldstar Dan Cara Mensettingnya

Sudah mempunyai pengkat Set Top Box DVB-T2

Jika kamu memakai TV lama kamu masih bisa mendapatkan siaran TV digital caranya mudah kamu harus mempunyai perangkat Set Top Box DVB-T2. Membeli perangkat ini bisa ditoko elektronik offline atau pun online. Harganya juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan membeli TV yang sudah mendukung siaran TV digital.

Memastikan TV sudah mendukung TV digital

Kebanyakan TV keluaran terbaru sudah mempu mendukung siaran TV digital sehingga kamu tidak perlu membeli Set Top Box, karena tanpa STB TV sudah bisa mendapatkan siaran TV digital dengan bantuan antena UHF atau VHF yang biasa dipakai pada siaran TV analog.

Cara Mudah Memprogram TV Digital

Jika daerah kamu sudah pasti mendapatkan siaran TV digital dan kamu sudah memiliki perangkat STB DVBT2 atau TV yang mendukung siaran TV digital kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

1) Pencarian Program Di Pengkat STB

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan akses siaran TV digital yaitu dengan memasang STB DVB-T2 ke TV kamu serta hungkan kabel antena ke STB. Setelah itu ikuti langkah berikut.

  1. Nyalakan TV dan STB DVB-T2.
  2. Setaleh itu masuk ke menu Pengaturan atau Setting yaitu dengan menekan tombol Settings yang ada di remote TV atau remot STB DVB-T2.
  3. Biasanya tombol ini mempunyai ikon gambar roda gerigi atau tulisan Settings di atas atau bawah tombol.
  4. Kemudian, pilihan opsi Program atau Programs, untuk memilih opsi tersebut bisa dengan menekan tombol pahan atau tombol volume kemudian tekan tombol Ok.
  5. Pilih Pencarian program auto untuk mencari program atau channel yang sudah berpindah ke siaran TV digital secara otomatis supaya gampang dan tidak ribet.
  6. Setelah menemukan semua channel TV digital, otomatis semua channel tersebut akan disimpan.
Trending :  Cara Cek Id Pelanggan K Vision STB GOL Menggunakan WhatsApp

2) Pencarian Program Di TV Yang Mendukung TV Digital

Pada TV yang sudah mendukung siaran TV digital untuk mendapatkan siaran TV digital lakukan pencarian kembali untuk mendapatkannya.
Untuk melakukannya ikuti langkah berikut ini:

  1. Setelah TV menyala dan terhubung dengan antena, masuk ke menu pengaturan.
  2. Setelah masuk kemenu pengaturan pilih opsi program.
  3. Pada opsi Program kamu bisa menemukan opsi yang berfungsi untuk mencari channel, untuk lebih mudah pilih search auto untuk mencari channel secara optomatis.
  4. Tunggu proses pencarian selesai.
  5. Setelah selesai kamu akan mendapati channel yang sudah berpindah kesiaran TV digital dan akan tersimpan secara otomatis.
  6. Pada tahap ini proses program sudah selesai dan kamu sudah bisa menonton siaran TV digital.

Faktor Penyebab Gagalnya TV Mendapatkan Sinyal Siaran TV Digital

Jika TV terjadi gagal dalam mendapatkan sinyal, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Faktor yang mengakibatkan TV tidak bisa mendapatkan siaran TV digital di antaranya sebagai berikut:

Antena rusak

Antena yang rusak bisa menjadi penyebab kamu tidak mendapatkan akses siaran TV digital. Sehingga kamu harus menggantinya atau memperbaikinya jika memungkinkan.

Posisi antena kurang tetap

Antena yang salah posisi juga bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa mendapatkan akases siaran TV digital. Coba putar antena sampai menemukan posisi yang tepat dalam mendapatkan akses siaran TV digital.

Antena dipasang di dalam rumah bukan di luar rumah

Ini juga menjadi penyebab kamu tidak bisa mendapatkan akses TV digital. kamu harus menempatkan antena ditempat yang tinggi supaya antena dengan mudah mendapatkan sinyal TV digital.

Kondisi cuaca sedang buruk

Cuaca juga bisa menjadi penyebab kamu tidak mendapatkan akses siaran TV digiral. Jadi kamu harus menunggu cuaca lebih baik terlebih dahulu untuk mendapatkan akses siaran TV digital.

Terdapat kerusakan pada kabel antena

Kabel antena yang sudak juga menjadi penyebab, ini mengharuskan kamu untuk menggantinya.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang Cara Mudah Memprogram TV Digital Dengan Benar. Sekian semoga benramfaat dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.