Penyebab Remote TV Tidak Mau Berfungsi

Penyebab Remote TV Tidak Mau Berfungsi

Penyebab Remote TV Tidak Mau BerfungsiTV merupakan salah satu sumber hiburan di rumah. Menonton TV seringkali dilakukan untuk mengisi waktu luang. Tapi saat menonton TV, terkadang remot TV tiba-tiba tidak mau berfungsi, apakah kalian pernah mengalaminya?

Jika pernah, maka kalian tidak sendirian. Karena, dalam beberapa kasus, hal ini seringkali terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor.

Remot TV yang tidak mau berfungsi ini seringkali membuat kita merasa kesal. Karena, dapat  mengganggu kita saat sedang menonton TV. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena kalian bisa memperbaikinya remot TV yang tidak mau berfungsi ini dengan cara yang mudah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Apa Penyebab Tombol Remote TV Tidak Mau Berfungsi?

Remot TV yang tidak mau berfungsi tidak akan terjadi begitu saja, pasti ada penyebabnya. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan remot tidak berfungsi, berikut adalah beberapa penyebab-penyebabnya:

  • Baterai remote yang sudah habis.
  • Besi penghantar pada baterai yang sudah berkarat.
  • Sensor yang tidak merespons dengan baik.
  • Sensor remote yang terhalang oleh tumpukan debu.

 

Cara Memperbaiki Tombol Remote TV Tidak Berfungsi

Saat ingin memperbaiki remot TV yang tidak berfungsi, tentunya kalian harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya.

Terkadang, saat remot TV tidak mau berfungsi, hal pertama dilakukan yaitu memukul remot TV supaya bisa berfungsi kembali. Cara tersebut memang terkadang berhasil, tetapi cara tersebut tidak disarankan karena jika terus dilakukan maka justru akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi pada remot TV nya.

Daripada memukul-mukul remot TV, sebaiknya kalian mencoba cara lain untuk memperbaiki tombol remot TV yang akan dijelaskan dibawah ini. Cara-cara ini lebih aman dibandingkan dengan memukul remot. Penasaran? Simak selengkapnya!

 

  1. Pastikan Baterai Masih dengan Kondisi yang baik

Saat remot TV kalian tidak mau berfungsi, sebaiknya kalian jangan terburu-buru untuk membeli yang baru. Karena, bisa saja penyebabnya ada pada baterai remot nya yang sudah habis.

Baterai remot TV habis seringkali terjadi dan orang-orang sering lupa untuk mengeceknya. Meskipun terdengar sepele, tapi sering kali orang tidak menyadarinya. Jika sudah begini, maka cara untuk memperbaikinya yaitu dengan mengganti baterai yang sudah habis dengan baterai yang baru.

Kalian bisa mencoba memasukan beberapa baterai yang baru pada remot. Cara yang paling mudah adalah kalian bisa memastikan terlebih dahulu dengan menggunakan baterai pada perangkat lain seperti jam dinding. Jika ternyata baterai nya benar habis, maka silahkan kalian ganti dengan yang baru.

Jangan lupa, kalian pastikan dulu baterai baru yang digunakan sesuai dengan jenis remote kalian.

 

  1. Membersihkan Besi Penghubung Pada Remote

Besi penghubung pada remot yang berkarat juga bisa menjadi penyebab remot TV tidak mau berfungsi. Besi penghubung sendiri merupakan pelat dan per yang letaknya ada di ujung tempat penyimpan baterai pada remot TV.

Pada dasarnya, material ini terbuat dari besi. Maka sudah tidak heran, jika bagian remot TV yang satu ini mudah sekali berkarat dibandingkan dengan bagian yang lain.

Jika besi penghubung pada remot TV sampai berkarat, maka bisa menghambat aliran daya listrik pada remot TV. Sehingga remot TV pun tidak dapat berfungsi.

Untuk membersihkan besi penghubung pada remot TV cara nya cukup mudah. Kalian cukup menyiapkan ampelas saja, setelah itu tinggal kalian gosokan saja bagian berkarat sampai bersih.

Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan zat cair pada remot? Sebaiknya kalian hindarilah hal tersebut. Karena jika kalian tidak berhati-hati ketika melakukannya, cairan bisa membasahi komponen yang ada pada remote.

 

  1. Pastikan Kode Remote yang Dimasukan Sudah Benar

Terdapat alasan-alasan mengapa beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan remot TV universal, salah satunya karena remot TV bawaan sudah hilang atau sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Terlepas dari apapun alasannya, saat kalian ingin menggunakan remot TV universal kalian harus memastikan kode yang digunakan sudah sesuai. Karena pada hakikatnya, remot TV universal ini bisa digunakan pada TV yang merk nya berbeda.

Karena itulah, kalian jangan kaget jika baru pertama kali menggunakannya, kalian harus memasukan kode remot terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya remot kompatibel dengan merk TV yang kalian gunakan. Sehingga pada akhirnya remot TV dapat berfungsi dengan baik.

 

  1. Pastikan Tombol Remote yang Digunakan Bersih

Membersihkan remot TV juga penting untuk dilakukan. Karena, jika kalian jarang membersihkan remot, maka bisa menjadi sarang debu. Dengan banyak debu yang terkumpul pada remot TV, maka lama-lama bisa masuk ke dalam mesin remot. Sehingga pada akhirnya hal ini bisa mempengaruhi kinerja dari remot TV itu sendiri.

Untuk membersihkan debu atau kotoran pada remote TV yang tidak mau berfungsi, biasanya menggunakan cotton bud atau tisu kering maupun tisu basah. Jika lebih memilih menggunakan tisu basah, maka sebaiknya pastikan bahwa tisu tidak terlalu basah.

Setelah itu kalian bersihkan bagian badan remot hingga tombol-tombolnya yang kotor. Kalian juga bisa mengambil dan membersihkan bagian keypad pada remot saja.

Jika sudah membersihkan remote TV yang kotor dengan tisu basah, maka kalian harus memastikan dulu bahwa remote sudah kering sebelum kalian gunakan.

Dan alangkah baiknya kalian menghindari agar hal ini tidak terjadi, yakni dengan cara rajin membersihkan kotoran atau debu pada remot TV.

 

  1. Mengatur Ulang Pengaturan Pada Remote

Sistem remot TV yang terkunci bisa juga menjadi penyebab remot TV tidak berfungsi dengan baik. Jadi, untuk mengatasi remot yang tidak berfungsi pada kasus kali ini yaitu dengan cara me-reset pengaturan pada remote TV. Masing-masing merk remote pada dasarnya mempunyai cara berbeda untuk mengatur ulang settingnya.

Jika kalian menggunakan remot TV universal, maka kalian bisa me-reset settingan password kode TV dengan memasukan password yang baru.

Sementara untuk langkah-langkah yang biasanya dilakukan untuk mengatur ulang settingan remot yakni sebagai berikut:

  • Pertama-tama kalian nyalakan remote terlebih dahulu
  • Kemudian kalian pilih tombol “Menu”, lalu tekan pilihan “Lock”
  • Setelah itu kalian akan diminta untuk mengisi kata sandi. Jika sudah, kalian tekan saja “Enter”
  • Selanjutnya tekan tombol “Mute” sebanyak 3 kali
  • Setelahnya, kalian akan diminta untuk mengisi password baru untuk remote
  • Jika kalian sudah mengisi kolom Password baru, maka kalian bisa memilih opsi “Done”
  • Sekarang kalian coba gunakan kembali remote TV

Jika setelah kalian melakukan cara di atas tetapi remot TV masih saja tidak berfungsi, maka sebaiknya kalian bawa remot TV kalian ke tukang servis elektronik. Dengan begitu, maka kalian akan tahu apa sebenarnya penyebab pasti dari remote TV yang tidak berfungsi.

 

Akhir Kata

Dan itulah tadi informasi yang sudah Teknowarta sampaikan tentang penyebab dan cara memperbaiki remote TV yang tidak mau berfungsi. Semoga cara diatas bisa membantu dan bermanfaat.

 

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …