10 Set Top Box TV Digital Terbaik Dan Murah

10 Set Top Box TV Digital Terbaik Dan Murah

10 Set Top Box TV Digital Terbaik Dan Murah – Siaran TV analog yang sudah mengudara lama di Indonesia akan tergantikan oleh siaran TV digital. Pemerintah Indonesia Sekarang sedang melakukan kampanye migrasi dari siaran TV analog ke siaran TV digital dengan maskot MODI seekor komodo. Migrasi ini ditargetkan selesai pada bulan November tahun 2022. Kamu yang masih memaki siaran TV analog sebaiknya cepat cepatlah untuk membeli set-top box supaya tetap bisa menonton siaran TV.

Set-top box bisa dibeli di toko elektronik baik offline dan online. Pada artikel kali ini teknowarta akan merekomendasikan set-top box yang bagus. Supaya kamu tidak bingung ketika akan membeli set top box.

Apa Itu Set-Top Box

Set-top box atau sering juga disebut sebagai receiver, converter, dekoder, atau pengubah sinyal adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penangkap sinyal siaran TV digital. Perangkat ini biasanya dipasangkan ke TV yang belum bisa menangkap siaran TV digital, baik pada TV layar tabung atau layar datar.

TV tabung sudah pasti masuk dalam golong TV analog. Sedangkan pada, TV layar datar belum semuanya bisa mengakap sinyal siaran TV digital. Karena itu dibutuhkan, STB supaya TV bisa menerima siaran TV digital.

Dalam pemakaiannya, STB masih membutuhkan antena seperti yang dipakai TV analog. Jadi antena UHF atau VHF lama kamu masih bisa dipakai untuk STB.

Keuntungan Memakai Set Top Box

Tentu saja jika memakai STB kamu akan mendapatkan keuntungan jika dibandingkan kamu memakai siaran TV analog. Nah keuntungan apa saja berikut ulasannya:

1) Lebih Terjangkau

Pertama kamu akan mendapatkan siaran TV digital dengan harga yang terjangkau daripada kamu harus membeli TV yang mendukung siaran TV digital. Sekarang sudah banyak produk TV yang bisa menangkap sinyal siaran TV digital tanpa harus memakai set top box, tetapi harganya tidak murah.

2) Tidak Membutuhkan Antena Khusus

Dengan memakai set top box kamu bisa memanfaatkan antena TV biasa yang bisa mengkap sinyal UHF atau VHF tentunya dengan gambar yang lebih jernih jika dibandingkan dengan TV analog.

3) Lebih Banyak Channel

Kelebihan lain memakai set top box yaitu channelnya lebih banyak. Jika TV analog hanya bisa menangkap channel TV lokal saja dengan gambar yang tidak begitu jernih, lain halnya jika memakai siaran TV digital yang bisa medapatkan berbagai channel dengan gambar yang jernih. Dengan begitu jika kita memakai set top box kamu bisa lebih banyak menikmati channel.

4) Bisa Membaca Format Video

Kelebihan lainnya yaitu bisa membaca file video. Hal ini bisa memungkinkan untuk menonton video yang miliki ke layar TV.

Yang diperlukan hanya menghubungkan USB dengan set top box. Dan kamu bisa langsung memutar video tersebut di layar TV.

5) Tidak perlu berlangganan

Dengan memakai set top box di TV kamu bisa mendapatkan semua siaran TV tanpa harus berlangganan.

10 Rekomendasi set-top box terbaik

1) Polytron PDV 600T2

Set top box Polytron ini sangat fleksibel karena bisa dipakai untuk semua jenis dan merk TV.

Kualitas gambar yang dihasilkan dari STB Polytron setara dengan TV berlangganan. Kamu bisa menonton siaran TV dengan stabil, tanpa ada semut dan bayang-bayang. Polytron PDV 600T2 mampu merekam siaran TV, dengan media penyimpanan flashdisk.

2) Venus Cabai Rawit

STB ini mampu membaca beberapa format file seperti mp3, mp4, MOV, JPEG, AVI, dan MKV. Untuk membuka file tersebut, dan merekam siaran TV, dibutuhkan sambungan internet, STB ini juga dilengkapi dengan porta USB.

Kualitas dari siarannya juga mempunyai tingkat resolusi yang tinggi. STB ini juga bisa melakukkan konversi secara otomatis pada format siaran PAL atau NTSC. Dengan begitu, gambar siaran dari luar negeri tidak akan menjadi gepeng karena STB secara otomatis akan menyesuaikan format.

3) Akari Indonesia ADS – 2230 DVB-T2 + EWS

Set-top box Akari ini tentu bisa dipakai untuk semua jenis TV. Kualitas gambar digital yang didapat bisa dilihat lewat indikator yang ada.

Softwarenya juga bisa diperbarui lewat porta USB 2.0. dengan adanya teknologi Smart Cool, STB ini bisa dinyalakan selama berjam jam tanpa henti. Menariknya lagi, STB Akari mempunyai fitur EWS (Early Warning System) yang bisa berfungsi memberi peringatan atau deteksi dini jika ada bencana alam.

4) Matrix Apple DVB-T2

Set top box Matrix Apple DVB T2, dengan harga yang murah STB ini bisa menangkap sinyal digital dengan lebih baik jika dibanding produk lainnya. Karena itulah, tidak heran jika gambar yang dihasilkan Matrix Apple DVB T2 terlihat lebih jernih. Set top box TV digital ini juga dilengkapi dengan 2 output HDMI dan RCA.

5) Goldsat Revo DVB T2

Goldsat Revo DVB T2 mampu dipakai untuk menonton acara TV online atau YouTube. STB juga menyediakan porta USB yang juga bisa dipakai untuk memasang Wi-Fi dongle. Penggunaannya juga seperti STB lainnya yaitu dengan antena TV UHF.

STB ini juga bisa dipakai untuk menonton film dengan resolusi Full HD 1.080 piksel, format AVI, dan MKV. Selain itu, juga bisa dipakai untuk membuka file dengan format JPEG, BMP, dan mp3. STB ini juga mendukung koneksi eksternal portable seperti hard drive atau flast disk.

6) Kaonsat 899 HD DVB-T2

Produk set top box Kaonsat 899 HD DVB-T2 ini mempunyai banyak fitur tetapi tetap bisa dipakai pada untuk TV jadul. Dengan begitu, set top box ini sangat mungkin untuk dipakai pada jenis TV tabung, atau TV modern.

7) STB Tanaka DVB-T2

Tanaka merupakan produk set top box TV yang tidak kalah populer dengan Matrix. Salah satu produk set top box terbarunya dari Tanaka yaitu STB Tanaka DVB T2 yang belum lama dirilis pada tahun 2021. Set top box ini juga sudah mendapatkan sertifikasi dari KOMINFO untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan TV digital.

Seperti produk set top box lain, STB Tanaka DVB T2 memakai antena UHF, dilengkapi dengan EWS (early warning system), dan mampu tersambung dengan WiFi. Untuk portnya pada set top box tanaka ini sudah dilengkapi dengan fitur HDMI, USB, Jack Aerial Antenna, sampai RCA.

8) Visat U1 DVB-T2

Walapun produk set top box ini jarang didengar, tetapi Visat U1 ini merupakan salah satu rekomendasi yang tidak bisa dilewatkan. Mengingat banyaknya fitur pada set top box ini yang beragam, dengan harga yang ramah di kantong.

Visat U1 sudah mendukung DVB-T2, MPEG-2 dan MPEG-4, dan dilengkapi dengan fitur PVR yang memungkinkan pengguna merekam siaran acara TV favorit dengan media peyimpanan flast disk. Bukan itu saja, set top box ini juga mendukung resolusi Full HD, dan mampu meyimpan ribuan channel TV dan program radio.

9) Evercoss STB Pro

Evercoss STB Pro merupakan produk STB yang mampu menghasilkan gambar yang ber resolusi Full HD. STB ini juga dilengkapi dengan port USB dan HDMI. Sehingga kamu bisa membuka file multimedia yang berformat mp4 dan mp3 pada STB ini. Juga mampu mengakses TV online karena STB ini juga bisa dipakai dengan perangkat Wi-Fi dongle.

10) NGY Digital STB DVB-T2

Dengan memakai perangkat STB ini kamu akan semakin nyaman menonton TV. Beberapa fitur pada set top box ini seperti 1080p FullHD USB Media Player, Personal Video Recorder, dan YouTube. Untuk memakai Youtube pengguna STB ini harus menggunakan perangkat tambahan bernama USB WiFi receiver. Didalam box kemasan pengguna akan mendapatkan perangkat NGY Digital Set Top Box, kabel RCA dan Remot yang sudah disertai dengan baterai.

Kata Penutup

Demikian informasi yang teknowarta sampaikan tentang 10 Set Top Box TV Digital Terbaik Dan Murah. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Check Also

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif Yang Bagus

Rekomendasi Speaker Aktif yang bagus – Speaker aktif adalah salah satu perangkat audio yang sudah mempunyai …